banner-detik

beauty school

4 Kesalahan Perawatan Rambut Keriting yang Sering Dilakukan

seo-img-article

Ngaku deh, kalau kamu punya rambut keriting, pasti pernah melakukan salah satu dari kesalahan perawatan rambut keriting ini. Cek cara mengatasinya, yuk!

Kalau kamu punya rambut keriting, kamu pasti tahu deh bahwa perawatan rambut keriting tidaklah mudah. Rambut keriting tuh punya tantangan tersendiri, di antaranya, memiliki kemungkinan lebih besar untuk patah, kusut, dan kering.

Nah, kalau kamu punya rambut ikal tipe 3A atau 3C, kemungkinan besar kamu pernah mengalami setidaknya satu atau dua masalah ini dalam upaya untuk mendapatkan rambut ikal yang melenting, bebas kusut, dan terdefinisi.

Hei, perjuangan itu nyata, lho. Untuk mendapatkan informasi tentang kesalahan perawatan rambut keriting yang paling umum dan apa yang dapat kamu lakukan untuk menghindarinya agar ikal kamu tetap halus, berkilau, dan utuh!

Terlalu sering keramas

Seberapa sering kamu mencuci rambut sepenuhnya terserah kamu, dan biasanya tergantung pada sejumlah faktor. Mulai dari kelembapan kulit kepala, produksi sebum, jadwal olahraga, dll. Namun untuk kamu yang memiliki rambut keriting, sebenarnya disarankan untuk keramas seminimal mungkin. Dengan kata lain, kamu mungkin harus menahan diri untuk tidak keramas setiap hari.

Karena rambut bertekstur membutuhkan minyak alami agar tetap sehat, dan jika terlalu sering keramas, rambut dapat menjadi lebih kering, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan. Untuk hasil terbaik, coba bersihkan sekali atau dua kali seminggu.

Baca juga: Perawatan Rambut Keriting & Tipis yang Nggak Pakai Ribet!

Pengaplikasian product yang terlalu lama

perawatan rambut keriting

Untuk rambut keriting, semakin cepat kamu mengatur ikal akan semakin baik. Itulah sebabnya kamu disarankan untuk menggunakan produk penata rambut saat rambut masih sangat lembap, sehingga memiliki waktu untuk mengaturnya. Jika kamu menunggu terlalu lama, kamu dapat membuat kutikula rambut menjadi kasar, menyebabkan ikal jadi lebih keriting dan tidak terdefinisi.

Saat mengoleskan produk, pastikan juga untuk mengerjakannya dengan tangan tertutup, berhati-hatilah untuk tidak menyapu rambut ikal yang rapuh, karena ini juga dapat menyebabkan rambut kusut dan rusak.

Baca juga: 5 Haircare untuk Rambut Keriting yang Bikin Sehat dan Nggak Frizzy

Mengeringkan Rambut dengan cara yang salah

perawatan rambut keriting

Mengeringkan rambut dengan udara (kering secara alami) merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang memiliki rambut keriting. Karena itu, jika kamu akan mengeringkan rambut, pastikan untuk menambahkan diffuser pada pengering rambut untuk membantu membatasi jumlah panas langsung, dan udara kuat yang mengenai helaian rambut. Dengan menggunakan diffuser, kamu akan dapat menjaga rambut agar tidak terlalu sering diombang-ambingkan saat sedang dikeringkan. Hal ini bisa meminimalisir gesekan sehingga rambut akan terlihat lebih terdefinisi.

Baca juga: 5 Produk Perawatan Rambut Keriting di Bawah 50 Ribu

Menggunakan product yang memiliki kandungan sulfat

perawatan rambut keriting

Produk yang mengandung sulfat (zat pembersih yang bertanggung jawab atas busa yang kaya dalam sampo) memang bisa mengelupas dan mengeringkan helai rambut. Hal ini menyebabkannya menjadi rapuh dan mudah patah. Jika ingin rambut terlihat lebih bertekstur, pastikan untuk cari produk yang mengandung ingredients untuk bantu melembapkan, sehingga secara lembut bisa menutrisi helaian rambut tanpa menghilangkan minyak alaminya. Dengan menggunakan produk bebas sulfat, rambut keriting kamu pasti bakal tetap terasa halus dan terdefinisi.

 

Nah itu dia 4 kesalahan perawatan rambut keriting yang bisa kamu hindari supaya tampilannya tetap halus dan teksturnya terjaga. Kalau ada tips lainnya, share juga di kolom komentar ya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment