banner-detik

haircare

Resep Hair Mask Buatan Sendiri untuk Rambut yang Lebih Sehat

seo-img-article

hair mask

Karena perawatan rambut tetap harus jalan terus, berikut ini resep hair mask buatan sendiri yang saya kumpulkan dari para ahli.

Nggak ada yang salah dengan hanya pakai conditioner untuk melembabkan rambut kamu. Namun, hair mask sebenarnya adalah perawatan rambut yang patut diandalkan banget nih untuk mengunci agar rambut lebih lembut dan lembap. Meskipun lagi social distancing, kamu nggak boleh self-care distancing. Karena perawatan rambut tetap harus jalan terus. Berikut ini resep hair mask buatan sendiri yang saya kumpulkan dari para ahli. 

Alpukat dan Oatmeal

MASKER ALPUKAT 642

Alpukat sering diandalkan juga nih sebagai masker wajah, namun ia juga sama efektifnya ketika kamu gunakan di rambut. Resep hair mask ini bisa kamu gunakan untuk bikin rambut lebih lembap. 

Caranya:

  1. Campurkan satu alpukat matang, 1 sendok makan apple cider, 1 sendok makan oatmeal, dan 1 sendok makan agave dalam mangkuk, aduk rata. Kamu bisa tambahkan 2 tetes rosemary essential oil (opsional saja) kalau ingin meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
  1. Tambahkan kurang lebih 2 sendok makan yogurt untuk mendapatkan campuran yang lebih tebal.
  1. Oleskan campuran pada rambut basah yang telah dikeringkan dengan handuk. Mulailah dari kulit kepala hingga ke ujung rambut.
  1. Biarkan selama 20-30 menit dan kemudian bilas rambut seperti biasa.

 

Hair mask Yogurt, olive oil, dan Madu

SKINCARE YANG MENGANDUNG MADU

Masker ini bagus banget buat semua jenis rambut dan bekerja amat baik untuk rambut yang rusak kering. Antioksidan yang ditemukan dalam extra virgin olive oil mampu menyehatkan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Madu adalah humektan yang membantu penyerapan air, sementara vitamin dan protein dalam greek yogurt bisa membantu memperbaiki dan memperkuat rambut. 

Caranya:

  1. Tempatkan 2 sendok makan yogurt dalam mangkuk kecil. Hangatkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan olive oil dalam wajan (jangan terlalu panas). 
  1. Tuang campuran di atas Greek yogurt dan aduk hingga tercampur rata.
  1. Oleskan masker ke rambut dari ujung dan pastikan untuk memijat ke kulit kepala untuk merangsang sirkulasi.
  1. Bilas setelah 30-45 menit.

Spirulina Mask

spirulina powder

Hair mask ini bagus banget untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut!

Caranya:

  1. Campurkan 1 sendok makan bubuk spirulina organik (bisa kamu dapatkan di e-commerce), 2 sendok makan air atau jeruk nipis segar atau jus lemon, dan 1/2 sendok makan madu organik ke dalam campuran. Tambahkan lebih banyak cairan jika diperlukan untuk konsistensi.
  1. Oleskan ke rambut basah, selalu mulai dari kulit kepala hingga ke seluruh ujung rambut
  1. Biarkan selama setidaknya 20 menit, bilas sampai bersih.

Hair mask coconut milk

coconut milk

Pas banget nih lagi bulan puasa, pasti gampang banget untuk cari buah kelapa. Jika rambut cenderung kering, hair mask ini bakal cocok banget nih buat memperbaiki kondisi rambut kamu. Santan dan olive oil bagus banget untuk membantu melembutkan dan membuat rambut jadi lebih mudah diatur.

Caranya:

  1. Campurkan 1/4 cangkir santan (coconut milk)  dan 1/2 sendok teh olive oil (atau lebih untuk rambut yang sangat kering).
  1. Gunakan sisir untuk menjangkau seluruh rambut hingga ke bagian ujungnya. 
  1. Bungkus kepala dengan handuk hangat selama 20 menit, lalu bilas.

 

Nah, itu dia beberapa hair mask yang bisa kalian bikin sendiri di rumah. Ada resep lainnya juga nggak yang jadi andalan kalian untuk merawat rambut?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment