banner-detik

beauty school

Bikin Kulit Glowing dan Sehat, Ini 5 Buah yang Belum Familiar sebagai Bahan Utama Skincare

seo-img-article

Kamu pasti familiar dengan skincare yang mengandung buah-buahan, kan? Tapi, ada lho beberapa buah yang nggak banyak dipakai oleh brand skincare, padahal punya segudang manfaat untuk kulit!

 

 

Meskipun skincare dengan active ingredients sedang sangat disukai oleh khalayak ramai, namun skincare dengan kandungan buah punya penggemarnya sendiri. Buah-buahan memang sangat baik bagi tubuh dan kulit kita. Untuk bikin kulit bercahaya sehat, buah bisa kamu andalkan sehari-hari, nggak hanya dikonsumsi saja, tapi juga digunakan dalam bentuk skincare. Lemon, strawberry, alpukat, cherry, pepaya, kiwi, blueberry, acai berry, goji berry, cranberry, pomegranate, bahkan bengkoang sudah sangat sering dipakai sebagai kandungan skincare.

Namun, ada beberapa buah yang jarang kamu temui di dunia skincare, bahkan mungkin kamu baru mendengar namanya. Padahal, buah-buah ini punya segudang nutrisi yang baik untuk kulit, lho. Apa saja?

Guava

Buah guava atau jambu batu punya vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C-nya jauh lebih tinggi dibandingkan jeruk, lho! Artinya, buah ini bisa bikin kulit lebih bernutrisi, terlihat segar, dan awet muda.

Baru-baru ini, brand skincare hits asal Korea, Glow Recipe meluncurkan produk terbarunya, Guava Vitamin C Dark Spot Serum yang berfungsi mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Selain mengandung 5 jenis vitamin C dan guava, produk ini juga dilengkapi dengan Tranexamic Acid dan Ferulic Acid untuk bikin kulit semakin glowing. Formulanya stabil, dengan cairan gel yang silky yang mudah meresap. Aman untuk dipakai pagi dan malam hari. Glow Recipe memang konsisten dengan konsep buah-buahan sejak pertama kemunculannya. Mulai dari skincare dengan kandungan utama semangka, nanas, alpukat, hingga plum sudah mereka miliki sebelumnya.

Baca juga: Mau Kulit Glowing dan Sehat? Beberapa Skincare dengan Kandungan Spirulina Ini Bisa Dicoba!

Alpine Berry

Alpine berry sesungguhnya adalah jenis strawberry, namun tampilannya cukup berbeda dengan strawberry biasanya. Jauh lebih kecil dan bersisik, pohonnya pun lebih kurus dan tinggi. Buah beri apapun, sangat tinggi kandungan vitamin C dan antioksidannya, sehingga Alpine berry juga bisa berperan menutrisi kulit, bikin kulit lebih kenyal dan terlindungi.

Brand yang menggunakan Alpine berry sebagai kandungan utama skincare adalah Primera, lagi-lagi brand asal Korea. Primera Alpine Berry Watery Cream ini water-based, bebas paraben dan sulfat. Sangat menghidrasi sekaligus bisa membantu menenangkan kulit. Cocok juga untuk kulit yang berminyak, karena 100% oil-free.

Baca juga: Powerful Bikin Kulit Cerah Bercahaya, Ini 5 Skincare dengan Bahan Utama AHA 10%!

Fig

Siapa yang suka makan buah fig atau buah tin? Buah satu ini memang nggak banyak di Indonesia, karena lebih tumbuh subur di kawasan Mediterania. Tahukah kamu kalau buah fig tergolong keluarga mulberry (Moraceae)? Nutrisi yang ada di dalam buah fig bisa membantu menyeimbangkan kadar sebum, mencegah pertumbuhan melanin, hingga mencegah kekeringan (epidermal water loss). Keren, kan?

Namun, terpantau baru beberapa brand saja yang menggunakan buah fig sebagai kandungan skincare. Kamu bisa mencoba brand Korea, I’m From, yang punya varian Fig Boosting Essence, Fig Scrub Mask, dan Fig Cleansing Balm. Dari brand lokal ada Beneath by Bhumi Dear Doris Skin Prep, toner yang mengandung buah fig, yuja, mandarin orang peel, Saccharomyces Ferment, dan Japanese Pagoda Tree untuk bikin kulit lebih lembap dan cerah.

Baca juga: Punya Kandungan Vitamin C Tinggi, 5 Skincare dengan Kandungan Kiwi Ini Bisa Mencerahkan Kulit!

Belimbing

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti nggak asing dengan buah satu ini. Kandungan vitamin B dan vitamin C pada buah belimbing bisa merawat dan menyembuhkan kondisi kulit dan rambut yang sedang tidak baik, karena mengandung antioksidan seperti quercet dan gallic acid yang punya kemampuan anti-inflamasi.

Sayangnya, produk dengan bahan utama belimbing belum marak nih di pasaran. Kamu bisa menemukannya di produk Sensatia Botanicals Nurturing Body Lotion yang menggabungkan ekstrak belimbing, geranium, dan mawar, untuk melembapkan, mengencangkan, sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas. Aromanya yang citrusy pasti bikin kamu lebih segar! Ada juga lho produk The Body Shop Clementine and Starfruit Hair and Body Mist yang serbaguna.

Baca juga: 10 Skincare dengan Kandungan Pomegranate untuk Menguatkan Skin Barrier!

Manggis

Buah super satu ini sangat kaya manfaat untuk kulit, mulai dari melembapkan, mengencangkan, anti-inflamasi, bikin kulit bebas stres, hingga membantu meredakan eczema. Sederet kehebatan tersebut nggak hanya diperoleh dari buah manggisnya saja, tapi juga kulit manggisnya.

Karena manggis merupakan buah tropis, brand skincare yang menggunakan manggis sebagai bahan utama juga belum banyak, hanya beberapa dari Asia, contohnya Safi Naturally Bright Brightening Cream, moisturizer yang bisa kamu andalkan untuk membantu mencerahkan kulit, dan It’s Skin Tropical Sunstick yang praktis dan punya SPF tinggi untuk melindungi kulit sehari-hari.

Baca juga: Skincare dengan Kandungan Kombucha? Bisa Bikin Kulit Glowing, Lho!

 

Nah, itulah kelima buah-buahan yang bisa bikin kulit lebih glowing, kenyal, dan sehat, namun belum banyak terdengar sebagai kandungan skincare. Mana yang paling menarik menurut kamu? Mungkin, ada brand lokal yang ke depannya ingin mengembangkan produk dengan ekstrak buah di atas?

 

Image: gardeningknowhow, Freepik, dok. brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment