banner-detik

fitnfab

Skincare dengan Kandungan Kombucha? Bisa Bikin Kulit Glowing, Lho!

seo-img-article

Kombucha punya kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa menjaga keseimbangan microbiome pada kulit.

 

Pernahkah kamu mengonsumsi kombucha? Minuman sehat ini sempat hits pada tahun 2018 lalu, dan banyak muncul di berbagai restoran yang menjual makanan sehat, contohnya adalah kafe-kafe vegetarian di seluruh dunia, termasuk Bali! Kombucha adalah menu yang melalui proses fermentasi, seperti layaknya yogurt, kimchi, dan kefir. Kombucha berasal dari teh hitam atau teh hijau, yang ditambahkan bakteri atau yeast, atau biasa disebut “mother”, yang kemudian berkembang biak selama proses fermentasi. Rasanya asam dan segar, dan biasanya ditambahkan rasa buah-buahan.

Kombucha dinilai sangat baik untuk pencernaan, mampu mencegah diabetes, dan menguatkan sistem imun. Bagus juga untuk diet, mengurangi toksin dari dalam tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Itu karena kombucha bisa menjaga bakteri baik dalam tubuh, dan bahan utamanya adalah teh, yang terkenal berperan sebagai anti-inflamasi dan sangat kaya antioksidan. Kamu bisa mengonsumsi 3-4 kali kombucha dalam seminggu untuk bikin tubuh lebih sehat dan membantu menurunkan berat badan!

Nggak hanya berbentuk minuman, sejak tahun 2018 silam kombucha juga banyak digunakan sebagai ingredient dalam produk skincare. Skincare dengan kandungan kombucha akan menjaga keseimbangan microbiome kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga akhirnya bikin kulit glowing dan tampak muda. Menarik, kan? Jadi, selain mengonsumsi minumannya, kamu bisa simak beberapa skincare dengan kandungan kombucha di bawah ini!

Fresh Black Tea Kombucha Facial Treatment Essence

Kamu sudah familiar kan, dengan Facial Treatment Essence yang dipakai setelah toner? Produk yang satu ini berbeda dengan FTE yang lainnya karena mengandung kombucha untuk membuat kulit lebih halus dan mulus, serta mengurangi kekusaman dan tampilan kerutan. Cocok dipakai oleh kulit normal, kering, dan kombinasi.

Baca juga: 7 Pilihan Serum dengan Kandungan Lactic Acid untuk Bikin Kulit Bercahaya Sehat

Youth to The People Kombucha + 11% AHA Exfoliation Power Toner

Perpaduan 8% Lactic Acid dan 3% Glycolic Acid pada toner ini, ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam, membuat pori-pori lebih bersih dan mencegah komedo. Dua kandungan fermentasi, yaitu kombucha black tea dan tree bark work sebagai probiotic, akan membantu microbiome kulit tetap sehat. Pemakaian secara teratur 3-5 kali seminggu dijamin bikin kulit glowing!

Baca juga: 7 Exfoliating Toner dari Brand Korea yang Mampu Membuat Kulit Glowing dan Halus

Bloomka Kombucha + Brown Algae Facial Anti-Oxidant Serum 

Serum ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, terutama mature skin yang sudah terlihat garis-garis halusnya. Diperkaya dengan perpaduan kombucha dan ekstrak Gametophytes Brown Algae untuk meningkatkan kekenyalan kulit dan melindungi kulit dengan antioksidan yang tinggi, membuat tekstur kulit lebih halus dan tampak lebih segar.

Baca juga: 3 Tips Agar Sunscreen Tidak Pilling

Avoskin Your Skin Bae Azeclair 10% + Kombucha 3% + Niacinamide 2,5% Vaccine Serum

Ini adalah skincare dengan kandungan kombucha terbaru dari brand lokal. Kandungan Azeclair sebagai turunan dari Azelaic Acid bisa membantu mencerahkan kulit dan mengurangi jerawat, mengeksfoliasi kulit secara lembut tanpa bikin kulit kering. Sementara Kombucha dan Niacinamide akan menutrisi kulit, bikin kulit glowing, dan memperbaiki tekstur kulit.

 

Nah, ternyata ada beberapa pilihan skincare dengan kandungan kombucha, baik dari brand internasional, maupun brand lokal! Sudahkah kamu mencoba salah satunya? Kalau sudah, jangan lupa share review-nya di Female Daily app ya!

 

Image: Freepik.com, Fresh Skincare, Youth to the People, Bloomka, Avoskin

Slow Down

Please wait a moment to post another comment