banner-detik

suncreens

3 Tips Agar Sunscreen Tidak Pilling

seo-img-article

 Pernahkah kamu melihat buliran-buliran putih di wajah saat mengenakan sunscreen? Itu yang dinamakan pilling!

 

Pilling berbeda dengan peeling. Pilling adalah kondisi ketika produk skincare yang kita pakai tidak menyerap dengan sempurna sehingga tampak flaky dan gritty, atau seperti “rontok” berbentuk butiran-butiran putih di kulit. Nah, pilling ini sering terjadi ketika kamu mengaplikasikan sunscreen, sebagai skincare “penutup” setelah kamu mengaplikasikan skincare lainnya. Kalau sunscreen yang kamu pakai pilling, akhirnya tentu saja nggak efektif untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari. Jadi seperi percuma saja dipakai. Selain itu, tampilannya juga mengganggu karena bikin wajahmu seperti mengelupas, complexion pun jadi terlihat nggak mulus dan rapi.

Jangan sampai risiko pilling ini membuatmu jadi malas pakai sunscreen ya! Saya pun kerap mengalami pilling saat menggunakan sunscreen. Kemudian saya penasaran apa saja penyebabnya dan mencoba berbagai metode untuk mengatasinya. Ternyata ada beberapa faktor yang membuat produk sunscreen jadi pilling. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan juga beberapa cara yang sudah saya coba berikut ini.

1. Pilih sunscreen yang lightweight

TIPS AGAR SUNSCREEN TIDAK PILLING - 1

Tekstur sunscreen yang cair, lightweight, dan mudah meresap akan lebih “menempel” di kulit, sehingga nggak mudah pilling bila dibandingkan dengan sunscreen yang thick dan lengket. Perhatikan juga amount saat mengaplikasikannya, karena kalau terlalu banyak juga bisa bikin pilling. Cara satu ini nggak rumit, kok. Sekarang ini sudah banyak sekali sunscreen dari brand lokal dengan tekstur ringan yang bisa kamu beli. Harganya pun beragam, mulai dari 100 ribu-an, sampai 30 ribu-an!

Baca juga: 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Ibu Hamil

2. Jangan terlalu banyak layering skincare

TIPS AGAR SUNSCREEN TIDAK PILLING - 2

Sebelum mengaplikasikan sunscreen, sebisa mungkin jangan menerapkan step skincare terlalu banyak. Kalau kamu terlalu banyak layering, produk-produk tersebut membuat kulit jadi lebih lengket dan terasa berat, sehingga ketika tiba di step sunscreen produk-produknya sudah semakin tebal dan sunscreen-nya nggak meresap dengan baik. Kalau saya menggunakan toner dan serum yang sudah cukup hydrating, saya biasanya skip produk moisturizer. Jadi setelah mandi saya cukup pakai toner, essence, serum, dan langsung ke sunscreen. Terkadang essence juga saya skip. Cara ini biasanya ampuh bikin sunscreen lebih cepat meresap dan nggak pilling.

Baca juga: 3 Sunscreen Bagus yang Bisa Dibeli di Supermarket

3. Beri waktu untuk tiap skincare

TIPS AGAR SUNSCREEN TIDAK PILLING - 3

Jangan terburu-buru saat layering skincare. Biarkan satu produk meresap dengan maksimal, baru aplikasikan produk selanjutnya. Jaraknya bisa sekitar 1-2 menit untuk setiap produk. Kalau kamu pakai skincare berlapis-lapis tanpa memberi mereka waktu untuk meresap, ketika sampai di produk sunscreen, sunscreen-nya jadi rontok dan nggak mau menempel. Metode ini sangat penting, apalagi kalau kamu mau pakai makeup setelah menggunakan sunscreen. Kondisi sunscreen yang pilling ini akan susah diatasi meski dibaurkan dengan makeup sekalipun. Kalau kamu memakai cushion atau foundation pada wajah saat ada sunscreen tampil flaky, produk cushion atau foundation-nya juga akan ikutan pilling. Akhirnya makeup-mu jadi kacau dan kamu harus membersihkan wajah lagi dan mengulang dari awal! Repot, kan?

 

Itulah tips yang bisa kamu terapkan supaya sunscreen yang kamu pakai nggak mudah pilling. Kamu juga sebaiknya perhatikan kandungan-kandungan skincare yang kamu pakai, karena biasanya serum, moisturizer, dan sunscreen yang mengandung silikon bisa memicu pilling juga. Jangan lupa untuk rajin eksfoliasi kulit 2 kali seminggu, supaya skincare apapun yang kamu gunakan lebih meresap dengan baik di kulit yang bersih. Selamat mencoba!

 

 Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment