beauty school

Bagaimana Cara Menyimpan Skincare Saat Cuaca Sangat Panas?

seo-img-article

Dengan cuaca yang memanas, penyimpanan skincare yang baik menjadi dipertanyakan. Perlu nggak sih, menyimpan skincare di kulkas saat cuaca panas?

Akhir-akhir ini kita ditemani dengan cuaca yang panas sekali, bahkan sampai 34 derajat Celcius. Tidak dapat dipungkiri bahwa cuaca panas yang ekstrem dapat mempengaruhi aktivitas keseharian kita. Badan mudah letih, berkeringat, dalam ruangan juga terasa pengap dan lembap walaupun sudah dinyalakan AC. Para beauty enthusiast mungkin jadi bertanya-tanya, menyimpan produk skincare perlu disesuaikan nggak ya dalam cuaca panas seperti sekarang? Jangan khawatir, artikel ini siap mengupas tuntas pertanyaan tersebut. Simak di sini, yuk!

Baca juga: Skincare Apa Saja yang Bisa Disimpan di Kulkas?

Kenapa cara penyimpanan skincare itu penting?

Tentunya dalam lain kata, berbagai macam produk skincare yang kita miliki adalah sebuah investasi. Pasti tidak mau kan, buang-buang investasi sendiri? Selain cermat memilih produk, penyimpanannya juga nggak kalah penting untuk membuat isi kandungannya agar tetap terjaga dan bekerja secara maksimal.

Salah satu alasan lainnya kenapa cara penyimpanan skincare itu penting adalah untuk menghindari oksidasi, sesuatu yang sering terjadi terutama untuk produk dengan kandungan vitamin C. Oksidasi adalah proses kehilangannya kandungan vitamin C karena terpapar oksigen, suhu panas, atau udara. Hasilnya, biasanya warna kandungannya menjadi kuning atau kecokelatan, dan efektivitasnya menjadi berkurang.

Baca juga: Kulit Kusam Pasca Liburan? Ini 3 Produk Skincare yang Bisa Bikin Kulit Glowing!

Pada suhu berapakah penyimpanan skincare yang baik?

cuaca panas

Secara umum, para ahli dan produsen skincare merekomendasikan untuk menyimpan produk skincare dalam suhu ruangan. Suhu ruangan ini berkisar antara 20 sampai 25 derajat Celcius. Menyimpan produk dalam suhu ruang disarankan untuk produk-produk berbahan dasar oil, seperti serum, sunscreen, dan face oil. Jika disimpan dalam kulkas, konsistensinya akan berubah karena kandungan minyak dan air di dalamnya akan terpisah. Saat disimpan dalam suhu ruangan, sangat penting untuk menghindrasi paparan matahari langsung ya, agar tidak oksidasi dan berkurang efektivitasnya.

Selain itu, hindari menyimpan skincare di kamar mandi, ya! Kamar mandi adalah tempat yang lembap dan suhu ruangannya cepat berubah. Lingkungan seperti ini dapat mengundang banyak bakteri dan jamur untuk berkembang biak pada produk skincare kamu.

Meski begitu, ternyata produk kecantikan yang beragam juga disarankan untuk disimpan secara berbeda. Kalau ingin disimpan dalam kulkas, produk apa saja yang aman?

Baca juga: Nggak Bikin Gerah, 5 Outfit Ini Cocok Dipakai Saat Cuaca Panas!

Manfaat menyimpan skincare dalam kulkas

cuaca panas

Menyimpan skincare di kulkas bukanlah hal yang baru. Bahkan penggunaan kulkas khusus skincare sudah dilakukan banyak orang! Memang manfaatnya apa saja sih? Pertama, menyimpan skincare dalam kulkas dipercaya untuk membuat kandungan dan efektivitasnya menjadi lebih awet. Selain itu, produk yang telah didinginkan diklaim lebih ampuh untuk mengatasi pembengkakan, contohnya seperti produk eye patch dan sheet mask.

Tak hanya untuk menghindari sinar matahari langsung, suhu dingin dapat mencegah bakteri dan jamur untuk berkembang biak pada produk. Beberapa produk yang bisa kamu simpan dalam kulkas antara lain adalah : toner, face mist, eye cream, moisturizer, sheet mask, toner, dan juga face tools seperti gua sha atau jade roller.

Jadi, perlukah menyimpan skincare di kulkas saat cuaca panas?

cuaca panas

Menjawab pertanyaan “Apakah harus menyimpan skincare di kulkas?”, jawabannya adalah sebaiknya iya untuk produk tertentu. Mengingat cuaca panas yang ekstrem belakangan ini, menyimpan produk skincare dalam kulkas akan menjaga kualitas dan efektivitas produk dan mencegah perubahan konsistensi akibat suhu yang tidak menentu. Walaupun sudah menggunakan AC, menyimpan produk dalam kulkas akan menghindari pengaruh dari perubahan suhu yang drastis. Tidak hanya itu, skincare yang didinginkan tentu akan terasa lebih segar saat diaplikasikan. Pasti butuh kan, dengan cuaca yang super gerah dan panas seperti sekarang?

Baca juga: Pas Buat Cuaca Panas, 5 Sunscreen Lokal Ini Nyaman dan Nggak Lengket!

 

Image : Freepik & Dok. Kylie Skin. 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment