banner-detik

beauty school

Skincare yang Bisa Disimpan di Kulkas, Ada Apa Saja sih?

seo-img-article

Pernah lihat ada beauty influencer atau teman kamu yang menyimpan skincare-nya di kulkas? Yes, nggak ada salahnya untuk menyimpan beberapa produk perawatan di kulkas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungannya supaya tetap maksimal dan lebih efektif saat digunakan.

 

Nggak harus semua skincare, tapi ada beberapa produk yang disarankan untuk disimpan di tempat sejuk seperti kulkas. Suhu dingin di kulkas bisa memberi efek menenangkan, dan membantu mengurangi peradangan di wajah. Selain itu, menyimpan produk perawatan di kulkas juga bisa memperpanjang usia produk kamu jadi lebih tahan lama lho. Berikut beberapa skincare yang bisa disimpan di kulkas.

Baca juga: Viral di TikTok, 4 Produk Ini Mind Blowing Banget dan Diborong Banyak Orang!

Face mist

Produk perawatan yang satu ini memang lebih segar jika dipakai saat dingin. Kalau dibiarkan dalam ruangan kamar yang jarang terkena AC, bisa jadi rasanya kurang nyaman saat dipakai. Hasilnya pun jadi nggak masimal untuk menenangkan kulit. Untuk itu, kamu bisa menyimpannya di kulkas. Memakai face mist setiap hari bisa membantu menyegarkan, menenangkan, dan melembapkan kulit secara instan, terutama di kulit yang telah terpapar sinar matahari.

 

Eye cream

skincare yang bisa disimpan di kulkas

Area mata memang penting banget diperhatikan, karena kondisi kulitnya sensitif, sehingga butuh perawatan khusus yaitu dengan eye serum, eye mask, atau eye cream. Bagi kamu yang sudah rutin memakai eye cream tapi merasa area mata kamu tetap puffy, coba deh simpan produknya di kulkas. Menyimpan eye cream dalam suhu dingin akan membantu meredakan mata yang bengkak dan terlihat letih. Pastikan produk eye cream-nya punya tekstur yang tidak terlalu thick ya, lebih baik lagi kalau gel. Karena, kalau teksturnya krim yang tebal atau oil-based, maka konsistensinya akan berubah jadi makin kental bila kamu masukkan ke dalam kulkas.

 

Sheet mask

Selain face mist dan eye cream, amu juga bisa menyimpan sheet mask favorit kamu di kulkas. Menggunakan sheet mask dalam keadaan dingin akan bikin kamu lebih rileks dan segar. Pas banget buat kamu yang mau tampil lebih glowing sebelum photoshoot atau video shoot, atau mau bersantai di rumah saat weekend, atau saat cuaca terik di luar. Efek wajah yang bengkak atau sembap karena kurang tidur atau menangis semalaman juga bisa dikurangi dengan pemakaian sheet mask yang dingin. Namun, jangan simpan sheet mask lebih dari 1 bulan di dalam kulkas ya, karena bisa membuat kandungan di dalamnya jadi membeku dan kurang efektif.

Baca juga: 3 Rekomendasi Skincare The Originote yang Bagus untuk Kulit Berjerawat!

 

Toner

Toner, salah satu produk perawatan yang penting digunakan setelah membersihkan wajah, juga bisa kamu masukkan ke dalam kulkas. Karena tergolong produk water-based, toner adalah skincare yang teksturnya nggak akan berubah bila disimpan di suhu dingin. Memakai toner yang dingin bisa bikin kulitmu lebih segar dan pori-pori tampak lebih mengecil.

Serum

Serum juga bisa disimpan di kulkas, karena serum adalah skincare yang mudah oxidize dan jadi nggak efektif bila terpapar sinar matahari, terutama serum dengan natural ingredients, atau dengan kandungan vitamin C. Bila serum diletakkan di tempat yang kena direct sunlight, kandungannya akan berubah dan bisa memiliki senyawa kimia baru yang akan merusak kulit. Makanya, penting banget untuk menyimpan serum di suhu rendah. Tidak harus di kulkas, tapi paling tidak kamu harus meletakkannya di suhu kamar yang dingin karena AC atau jauh dari jendela kamar.

Baca juga: Bikin Kulit Kencang bagai Pakai Botox, 5 Serum Ini Cocok untuk Kulit Usia 40-an!

Itulah beberapa produk skincare yang bisa kamu simpan di kulkas. Akan lebih rapi dan higienis jika kamu memiliki kulkas mini khusus produk skincare, namun kalau budget-nya nggak ada, kulkas rumah pun tidak apa-apa. Tapi, pastikan kamu memberi wadah tersendiri untuk produk-produk skincare tersebut, dan kamu melabeli mereka dengan nama kamu dan nama produk, supaya nggak tertukar dengan bahan makanan di rumah.

Harus diingat juga, bahwa ada banyak skincare yang tidak boleh disimpan di kulkas, seperti sunscreen, face oil, skincare dengan kandungan silikon, dan skincare dengan formula oil-based.

 

Image : Freepik.com & Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment