haircare

Cuaca Panas Rawan Bikin Rambut Rusak! Ini 6 Cara untuk Melindungi Rambutmu!

seo-img-article

Memasuki musim panas atau musim kemarau, setiap hari cuaca makin terik saja, termasuk di Jakarta. Nggak cuma bikin gerah, tapi bisa berpengaruh ke kondisi rambut kamu!

 

 

Musim panas memang menyenangkan karena kamu mendapat banyak asupan vitamin D sejak pagi, suasana hati juga cenderung lebih cerah dibanding saat musim hujan. Namun, tinggal di negara tropis artinya kamu harus dealing dengan udara yang lengket dan bikin gerah, hingga panas matahari yang terik bahkan sampai terasa menyengat di kulit dan bikin sakit kepala!

Bukan hanya kulit yang harus dilindungi dengan sunscreen, saat musim panas seperti sekarang ini kamu harus memberi perhatian ekstra pada rambutmu. Karena, sinar matahari juga bisa memberi dampak buruk pada rambut, contohnya bikin rambut cepat lepek dan bau, plus membuat warnanya jadi kusam!

Rajin keramas

Kalau kamu biasanya keramas dua hari sekali, saat musim panas seperti ini kamu bisa keramas sehari sekalin untuk memberikan kesegaran lebih. Jadi, jangan tunggu lepek dan bau ya! Gunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu, lanjutkan dengan conditioner yang didiamkan 1-2 menit dari bagian tengah rambut hingga ujung rambut. Memilih shampoo dan conditioner dengan aroma yang segar dan tahan lama juga bisa membuat rambut lebih lively dan bikin kamu percaya diri di musim panas ini!

Baca juga: 5 Rekomendasi Hair Mask untuk Membantu Rambut Lebih Halus dan Tampak Lurus!

Pakai aksesori kepala

Bagi pengguna hijab, poin ini tentu sudah aman. Namun, bagi kamu yang nggak menggunakan hijab, bisa coba memakai topi atau scarf sebagai aksesori yang bikin kamu lebih gaya sekaligus melindungi kepala dari sinar matahari. Apalagi kalau kamu sedang berlibur di pantai atau bersantai di tepi kolam renang! Jangan terlalu sering pakai ikat rambut terlalu kencang, dan hindari mengikat rambut saat berenang, supaya rambut tetap bernapas dan nggak merusak folikel rambut.

Baca juga: 3 Trik Simpel untuk Menaklukkan Rambut Mengembang!

Gunakan masker rambut secara teratur

Merawat rambut dengan masker rambut kini nggak perlu ke salon, kok! Kamu bisa dengan mudah melakukannya di rumah, karena produk hair mask yang bisa dipakai sendiri sudah ada banyak di pasaran, contohnya Biolage Smoothproof Deep Treatment Pack. Cukup pijatkan dan diamkan 5-15 menit saja, rambutmu akan bertransformasi jadi lebih lembut dan berkilau. Biar hasilnya maksimal, gunakan 2 kali seminggu ya. Jadi, meskipun sering panas-panasan karena beraktivitas outdoor, rambutmu bisa tetap terjaga kesehatannya.

Aplikasikan heat protectant sebelum keluar rumah

Yup, heat protectant spray nggak hanya disarankan dipakai sebelum pakai hot styling tools saja. Walaupun kamu mengeringkan rambut secara alami, ketika mau keluar rumah, heat protectant spray tetap disarankan dipakai untuk melindungi rambut dari bahaya sinar UV. Dengan menggunakannya, rambut nggak jadi gampang kering dan tetap terjaga kilau alaminya. Bonusnya, rambut juga jadi lebih mudah ditata karena heat protectant spray seperti Tresemme Keratin Smooth Heat Protect Spray juga mengandung bahan-bahan yang melembutkan rambut.

Baca juga: Praktis Banget, Ini Rekomendasi 5 Hair and Body Wash Buat Cowok yang Malas Ribet!

Trim rambut secara rutin

Biasanya, paparan matahari berlebih bisa bikin rambut jadi kering dan kusam, terutama di bagian ujung rambut. Apalagi kalau rambutnya rapuh, split end jadi gampang bermunculan. Cara paling mudah menyingkirkan rambut bercabang adalah dengan memangkasnya. Kalau satu atau dua helai saja sih tidak apa-apa, kalau yang bercabang ada banyak, tentu terlihat mengganggu. Rambutmu harus di-trim bagian ujungnya, untuk menghilangkan bagian rambut yang “mati”, dan membuat rambut jadi tampak segar lagi. Biar ke depannya nggak bercabang lagi, jangan lupa aplikasikan hair serum dan conditioner secara rutin ya!

Baca juga: 5 Shampoo yang Bisa Dipakai untuk Melembutkan dan Menjinakkan Rambut Singa!

Hot oil treatment di salon

Kalau rambutmu sudah terlanjut sangat rusak, dengan kondisi kering, kaku, warnanya juga jadi kemerahan karena panas matahari, kamu bisa kunjungi salon untuk melakukan hair spa dengan hot oil treatment. Bukan cuma bikin rambut kembali lembut, berkilau, dan mudah ditata, pijatan hot oil treatment ini bagus untuk relaksasi dan melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Selain ke salon, tentu saja harus dilengkapi dengan perawatan harian di rumah ya!

Dengan melakukan sederet tips di atas, kamu bisa tetap beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa takut rambutmu akan rusak di cuaca panas sekarang ini! Menggunakan hair mist atau hair perfume seperti Runa Meteor Shower Hair Mist juga bisa menambah kesegaran pada rambutmu, lho. Selamat mencoba!

 

Image: dok. brand, Freepik

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment