fitnfab

Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

seo-img-article

Masih suka bingung memilih olahraga yang akan untuk kamu yang berusia 40-an? Olahraga berikut bisa kamu jadikan pilihan! 

Kata siapa, usia 40-an sudah nggak bisa aktif berolahraga lagi? Memang di usia yang semakin beranjak, pastinya fungsi otot, sendi, dan lain-lain juga semakin berkurang. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa berolahraga biar tubuh makin sehat. Kamu hanya harus memilah-milah olahraga mana yang cocok dan tetap aman dilakukan saat usia mencapai 40-an. 

Pastinya ada hal yang perlu kamu hindari, yaitu olahraga yang terlalu berat bagi tubuh. Bukannya makin sehat, efek buruk justru bisa datang pada kamu di usia 40-an. Plus, kamu juga nggak boleh memaksa diri terlalu keras, atau olahraga secara berlebihan. Jadi, secukupnya saja ya! Nah, ini dia beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk usia 40-an! 

Yoga

Olahraga yang satu ini bisa dijadikan andalan, lho! Yoga merupakan olahraga yang melibatkan tubuh sekaligus pikiran dalam prosesnya. Yoga juga bisa sekaligus sebagai meditasi dengan beberapa teknik yang diterapkan mulai dari pernapasan, keseimbangan, hingga keharmonisan antara emosi, jiwa, dan lainnya. Meskipun terlihat ringan, yoga sebenarnya juga memberi banyak manfaat seperti mengurangi potensi penyakit kronis, menjaga keseimbangan tubuh, hingga menjaga kesehatan mental. Menarik banget, kan? Nah, olahraga yang satu ini juga dianggap ringan cedera, jadi aman banget dilakukan untuk usia 40-an, bahkan hingga usia 70-an! 

Baca juga: Sudah Masuk Usia 40-an? Inilah Treatment yang Bisa Kamu Coba!

Pilates

Dinilai mirip dengan yoga, sebenarnya pilates punya perbedaan lho dengan olahraga yoga. Namun, keduanya punya kesamaan, yaitu sama-sama aman dilakukan untuk kamu yang berusia 40-an. Termasuk olahraga yang low impact, pilates juga punya low risk seperti yoga. Manfaatnya juga bagus banget untuk usia yang sudah makin beranjak, mulai dari memperbaiki postur tubuh, membuat otot-otot makin kencang, dan bisa menjaga berat badan supaya stabil. Nggak cuma itu saja, pilates juga bisa bantu mengatasi nyeri di punggung atau bagian otot lainnya yang cukup sering terjadi di usia 40-an. Gimana, menarik kan?

Bersepeda

Bukan cuma bisa dilakukan oleh orang-orang berusia 20-an saja, bersepeda juga bisa banget dijadikan olahraga pilihan untuk usia 40-an, lho. Selain bermanfaat untuk kelenturan otot, meperbaiki postur dan keseimbangan tubuh, bersepeda juga oke banget untuk menjaga sistem peredaran darah, baik untuk jantung dan paru-paru. Jadi, kesehatan organ dalam kamu juga makin terjaga dengan baik! Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat bersepeda yaitu pastikan untuk memilih jenis sepeda yang tepat, menggunakan pelindung, dan jangan memaksakan diri ketika sudah kelelahan ya!

Baca juga: Jangan Kebanyakan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Supaya Kulit Menua dengan Baik

Berenang

Berenang memang jadi olahraga aerobik yang terkenal baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, serta menjaga kesehatan jantung. Kalau kamu berusia 40-an dan sudah rutin berenang sejak dulu, kamu boleh lho untuk tetap berenang di usia sekarang. Bukan cuma bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, berenang pun bisa meringankan nyeri pada sendi, sekaligus bikin kualitas tidur kamu meningkat. Nah, untuk memulai berenang, kamu bisa melakukannya dengan intensitas yang rendah supaya bisa beradaptasi. Plus, jangan paksa diri sendiri untuk berenang dalam durasi yang terlalu lama.

Jogging

Tenang saja, olahraga jogging berbeda dengan lari karena jogging dilakukan lebih santai dan lambat dibanding lari. Meskipun terkesan simple, tapi jogging punya segudang manfaat buat kesehatan kamu! Apalagi, di usia 40-an mulai timbul beberapa permasalahan kesehatan, kan? Jogging bisa memperkuat otot dan tulang kamu, menyehatkan jantung, bahkan bisa menurunkan risiko kanker. Sedikit tips yang perlu kamu lakukan saat memulai jogging yaitu lakukan pemanasan, supaya mengurangi risiko cedera. Kamu juga perlu memilih sepatu yang nyaman untuk jogging, dan menetukan trek yang aman untuk jogging!

Itu dia beberapa olahraga yang cocok dan bisa dilakukan untuk usia 40-an. Kamu sendiri sudah rutin melakukan olahraga yang mana, nih? Ceritain pengalamanmu di kolom comment ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment