banner-detik

suncreens

Gimana Cara Agar Chemical Sunscreen Tidak Perih di Mata?

seo-img-article

Chemical sunscreen memang menyenangkan karena teksturnya yang lightweight dan biasanya nggak white cast. Namun sayangnya, chemical sunscreen seringkali bikin mata perih. Nah, ini dia trik untuk mengatasinya!

Kalau soal sunscreen, chemical sunscreen pasti lebih disukai dari mineral sunscreen karena teksturnya yang lightweight, mudah diratakan, dan nggak menimbulkan white cast! Terutama untuk pemakaian sehari-hari nih, pasti kamu ingin sunscreen dengan tekstur yang nyaman dan nggak butuh effort saat membaurkan, biar ringkas dan nggak malas pas pakai dan re-apply setiap harinya.

Tapi ada satu hal yang bikin saya benar-benar terganggu soal chemical sunscreen ini, yaitu perih di mata. Mungkin mata saya yang terlalu sensitif ya, tapi saya memang belum pernah menemukan chemical sunscreen yang nggak menimbulkan rasa perih di mata. Biasanya rasa perih ini muncul di pertengahan hari, bukan saat pertama kali apply chemical sunscreen. Reaksi perih ini terjadi karena bahan chemical sunscreen yang menguap, atau karena keringat bercampur chemical sunscreen yang mengalir dan mengenai area mata.

Baca juga: Kelebihan Mineral Sunscreen Dibandingkan Chemical Sunscreen

Nah, untuk mengatasi ini, biasanya saya mengakali pemakaian chemical sunscreen dengan cara berikut:

1. Pakai eye cream sebelumnya

Dulu saya cuma pakai eye cream di malam hari saja. Tapi akhir-akhir ini, saya mulai membiasakan diri pakai eye cream di skincare rutin pagi dan malam. Selain untuk merawat kulit di area sekitar mata, eye cream ini saya gunakan sebagai pembatas, agar pemakaian chemical sunscreen tidak terlalu dekat dengan area mata.

2. Hindari area sekitar mata saat mengaplikasikan chemical sunscreen

Setelah memakai skincare dan eye cream seperti biasa, saya aplikasikan chemical sunscreen ke seluruh wajah. Namun, khusus untuk area sekitar mata yang sudah saya oleskan eye cream, saya hindari dulu. Jadi saya nggak memakai chemical sunscreen di area sekitar mata.

Baca juga: Wajib Coba! 10 Sunscreen Lokal dengan Kandungan SPF 50 untuk Perlindungan Maksimal!

3. Aplikasikan mineral sunscreen membentuk lingkaran di area sekitar mata

Khusus untuk melindungi area kulit di sekitaran mata, saya menggunakan mineral sunscreen! Jangan khawatir, area sekitar mata ini kan nggak terlalu luas dan nggak gampang berminyak juga. Jadi pemakaian mineral sunscreen di area sekitar mata saja nggak akan terlalu susah atau terlalu mengeluarkan effort untuk membaur. Dan juga, kalau hanya area sekitar mata, menurut saya sih nggak akan mengganggu penampilan. Nggak bikin keseluruhan look terlihat ashy atau white cast dan berminyak.

Baca juga: Punya Kulit Berminyak? Ini 5 Sunscreen Bagus dengan Hasil Matte!

4. Kunci dengan bedak tabur di area sekitar mata

Reaksi perih di mata saat memakai chemical sunscreen biasanya terjadi karena bahan chemical sunscreen yang menguap, atau karena keringat bercampur chemical sunscreen yang mengalir dan mengenai area mata. Nah, untuk mengatasi hal ini, setelah menggunakan sunscreen, biasanya saya set dengan menggunakan bedak tabur. Bedak tabur akan menyerap minyak dan keringat yang keluar di area sekitar mata. Kalaupun sedang tidak ingin memakai bedak sama sekali, setidaknya pakai di area sekitar mata saja.

Baca juga: 5 Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Nah, sekarang sudah tahu kan tips-nya agar chemical sunscreen tidak perih di mata? Tapi kalau kamu terlalu malas untuk memakai dua sunscreen terpisah, namun juga masih kurang nyaman dengan tekstur mineral sunscreen untuk diplikasikan ke seluruh wajah, kamu bisa melindungi area sekitar matamu dengan menggunakan sunsglasses dan topi yang lebar saja. Selamat mencoba!

Image: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment