banner-detik

beauty school

Kelebihan Mineral Sunscreen Dibandingkan Chemical Sunscreen

seo-img-article

Meskipun chemical sunscreen lebih banyak disukai karena teksturnya yang lightweight dan nggak meninggalkan white-cast, namun mineral sunscreen punya beberapa keunggulan yang wajib kita pertimbangkan!

Perbedaan yang paling mencolok antara chemical sunscreen dengan mineral sunscreen adalah dari teksturnya. Chemical sunscreen punya tekstur yang lebih light dan mudah meresap. Sementara Mineral sunscreen cenderung lebih berminyak, butuh effort untuk dibaurkan ke kulit, dan meninggalkan white-cast, sehingga biasanya nggak photo-friendly. Makanya brand skincare cenderung lebih suka memakai chemical sunscreen untuk produknya, karena teksturnya akan cenderung lebih disukai.

Kalau dilihat dari cara kerjanya, mineral sunscreen bekerja dengan cara melapisi permukaan kulit dan membentuk perlindungan dari sinar UV, dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide. Sedangkan chemical sunscreen bekerja dengan cara membuat reaksi kimia yang mengubah sinar UV menjadi lebih aman saat kontak dengan kulit. Kandungan chemical sunscreen ini adalah oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate.

Namun ternyata, walau tekstur chemical sunscreen lebih terasa lightweight, namun mineral sunscreen punya beberapa keunggulan dibanding chemical sunscreen lho! Ini dia beberapa keunggulan mineral sunscreen dibanding chemical sunscreen.

Lebih aman untuk kulit sensitif

Beberapa orang dengan kulit sensitif kemungkinan bisa mengalami reaksi alergi terhadap kandungan chemical sunscreen. Misalnya reaksi seperti rasa tingling atau menyengat pada kulit, rasa gatal, muncul benjolan, sampai iritasi dan kemerahan. Saya merasakan, ketika eczema (dermatitis atopik) sedang flare up, pemakaian chemical sunscreen menyebapkan rasa perih dan kulit memerah.

Acne-prone friendly

Mineral sunscreen memang lebih thick dan terasa oily. Namun bila setelah pemakaian dibersihkan dengan double cleansing secara baik dan benar, maka pori-pori tidak akan tersumbat. Mineral sunscreen memang cenderung tidak menyumbat pori dan tidak mengiritasi kulit, jadi tidak menimbulkan jerawat. Sementara itu, chemical sunscreen dapat dengan mudah menyebapkan jerawat pada kulit yang sensitif dan acne prone.

 

Tidak pedih di mata

Pernah nggak saat menggunakan sunscreen, di tengah hari mata terasa pedih, mengeluarkan air mata dan memerah? Itu karena kandungan chemical sunscreen memang bisa menyebapkan reaksi perih, bila diaplikasikan terlalu dekat dengan area mata. Reaksi ini seringkali muncul di pertengahan hari, bukan saat pertama mengaplikasikan sunscreen. Reaksi pedih ini terjadi karena bahan chemical sunscreen yang menguap, atau karena keringat bercampur chemical sunscreen yang mengalir dan mengenai area mata. Coba deh ganti sunscreen-mu dengan mineral sunscreen. Pasti reaksi tersebut akan hilang, mata tidak pedih lagi seharian.

 

Aman untuk ibu hamil dan anak-anak

Meskipun masih banyak diperdebatkan, namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kandungan chemical sunscreen sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Kandungan zinc oxide dan titanium dioxide merupakan bahan sunscreen yang jelas terbukti aman dipakai selama kehamilan, dan juga aman untuk kulit anak yang sensitif. Better safe than sorry sih kalau soal kehamilan dan anak. Jadi memang penggunaan mineral sunscreen memang dirasa lebih aman.

Lebih eco-friendly

Kandungan chemical sunscreen, yaitu oxybenzone dan octinoxate, sudah menjadi kekhawatiran para ahli, bahwa dapat merusak terumbu karang. Sudah ada penelitian yang membuktikan hal ini. Padahal terumbu karang ini berperan penting dalam ekosistem laut, sebagai pusat nutrisi dan tempat tinggal bagi banyak bunatang lautan. Bahkan bila kita nggak sedang berenang di laut pun, chemical sunscreen  ini sifatnya amat sulit untuk terdekomposisi. Jadi kandungan ini tetap akan jadi limbah yang mengalir ke selokan, sungai, hingga ke laut, dan mencemarinya.

Percuma juga ya, kalau manusianya cantik dan sehat, tapi alamnya rusak? Apalagi sebenarnya ada alternatif lain untuk melindungi kulit kita yang lebih ramah lingkungan, yaitu mineral sunscreen.

 

Nah, gimana nih? Apakah masih tidak suka dengan mineral sunscreen?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment