beauty school

Mau Awet Muda Tapi Kulit Sering Iritasi? Intip Tips Perawatan Anti-Aging untuk Kulit Sensitif

seo-img-article

Untuk yang punya jenis kulit sensitif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih skincare anti-aging!

Semakin menua, nggak dipungkiri kalau kebutuhan kulit akan semakin banyak. Misalnya kebutuhan akan eksfoliator dan retinol, karena kemampuan regenerasi sel-sel kulit secara alami sudah melambat. Lalu kebutuhan untuk bahan-bahan yang mencerahkan karena kulit gampang terlihat kusam, dan juga kebutuhan akan pelembap yang mumpuni.

Untuk kulit sensitif, tantangannya semakin besar juga. Karena kita juga harus sangat berhati-hati memilih dan menggunakan bahan aktif dalam skincare. Apalagi kalau punya kondisi dermatitis atopik seperti saya, semakin menua kulit semakin sensitif saja rasanya.

Tentu memang ada beberapa aturan dasar seperti menghindari alkohol, fragrance, SLS/ SLES, peppermint oil, dan lain-lain. Tapi selain itu, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih skincare untuk anti-aging di kulit saya yang sensitif:

Baca juga: 4 Langkah untuk Mengatasi Kulit Iritasi

Gentle retinol

Kalau ngomongin anti-aging skincare, salah satu kandungan yang terpercaya dan sudah terbukti adalah retinol. Jadi walaupun kulit saya sensitif, saya nggak bisa mengabaikan pemakaian retinol. Nah, retinol yang saya pilih biasanya adalah jenis retinol yang super gentle dan dengan presentasenya rendah saja. Lalu untuk penggunaannya, biasanya saya pakai dibarengi dengan skincare lain yang menghidrasi dan menenangkan kulit. Skincare dengan retinol ini biasanya saya pakai seminggu sekali, dan tidak saya pakai bersamaan dengan actives lain yang sifatnya mengiritasi.

Baca juga: 3 Rekomendasi Skincare Retinol Lokal untuk Pemula dan Kulit Sensitif

Basic skincare tanpa bahan aktif yang mengiritasi

Basic skincare adalah skincare yang wajib kita pakai setiap harinya, yaitu first cleanser, second cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen. Nah, untuk lima produk basic tersebut, saya selalu memilih yang sufatnya menghidrasi dan menenangkan kulit, dan tidak mengandung bahan aktif yang mudah mengiritasi seperti eksfoliator, retinol, atau vitamin C.

Alasannya adalah agar produk-produk tersebut bisa saya gunakan setiap hari tanpa kecuali. Kalau membutuhkan bahan aktif seperti retinol atau pencerah, saya lebih memilih menggunakannya dalam bentuk serum.

Pakai bahan aktif dalam bentuk serum

Saya tahu kalau sekarang sudah banyak produk pelembap atau toner yang mengandung bahan aktif seperti AHA/ BHA dan retinol. Skincare seperti itu jelas sangat praktis dan bisa mempersingkat waktu kita dalam menggunakan skincare. Namun untuk yang punya kulit sensitif, saya tetap menyarankan bahan aktif dalam bentuk serum atau essence.

Nggak seperti toner dan cream, produk berbentuk serum lebih mudah kita kontrol jumlah produk yang akan kita pakai, dan lebih enak kalau mau dicanpur-campur dengan produk lain. Sebagai contoh, kita bisa pakai satu tetes saja AHA serum untuk dicampurkan ke cream moisturizer. Namun kita nggak mungkin juga kan, pakai cream moisturizer yang mengandung AHA dengan jumlah hanya satu titik untuk seluruh wajah? Itulah kenapa, menurut saya actives dalam bentuk serum adalah pilihan yang paling tepat untuk kulit sensitif.

 

Mineral suncreen dalam bentuk cream

Penyebap terbesar penuaan dini adalah paparan sinar matahari. Jadi nggak salah ya kalau saya sebut sunscreen merupakan salah satu anti-aging skincare yang wajib banget dipakai setiap hari! Kalau pas kulit sedang ekstra sensitif, chemical sunscreen kadang terasa tingling di kulit. Jadi saya sendiri lebih merasa “aman” saat menggunakan physical atau mineral sunscreen.

Selain jenisnya, saya juga biasanya menghindari skincare dalam bentuk stick karena pemakaiannya melibatkan banyak gesekan ke kulit wajah. Saya juga jarang memanak sunscreen spray karena kebanyakan juga terasa perih di kulit wajah yang sedang iritasi. Mineral sunscreen dalam bentuk cream adalah pilihan paling aman untuk kulit sensitif seperti saya.

 

Nah, nggak bingung lagi kan memilih skincare anti-aging untuk kulit sensitifmu?

celle

celle

owner www.racunwarnawarni.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment