banner-detik

beauty school

Rambut Diwarnai atau Habis Bleaching? Ini Tips Perawatannya Agar Tetap Sehat!

seo-img-article

Mewarnai rambut tentu datang dengan perawatan yang ekstra. Yuk, ikuti tips untuk rambut diwarnai ini agar rambut tetap sehat dan terawat!

Tak perlu diragukan lagi, kamu yang rambutnya habis di bleaching atau coloring tentu perlu perawatan rambut yang lebih ekstra dan juga telaten. Pasti nggak mau kan, rambut terlihat rusak dan kering? Percuma kalau sudah susah-susah diwarnai, malah terlihat nggak maksimal karena nggak dirawat! Saya sendiri punya rambut yang cukup panjang dan di-bleach pula, jadi perawatan ekstra itu penting banget. Kalau malas perawatan, pasti langsung kelihatan deh betapa rusak dan keringnya rambut.

Nah, kalau ingin rambut tetap terawat dan hair color-nya juga makin awet, ada beberapa tips untuk rambut diwarnai yang bisa kamu ikuti nih. Yuk, simak terus di sini!

Baca juga:Tips Bleaching Rambut di Rumah Agar Rambut Tetap Kuat dan Sehat!

Jangan terlalu sering keramas

Rambut yang habis diwarnai, apalagi abis di-bleaching itu sedang ada di tahap yang sangat delicate dan fragile, oleh karena itu pada umumnya hair colorist merekomendasikan untuk menunggu 48 jam sebelum keramas kembali. Kalau kamu keramas langsung setelah diwarnai, warna cat rambut akan cepat luntur dan hilang karena cuticle rambut kamu sedang terbuka. Plus kalau rambut kamu habis di-bleaching, jangan keramas terlalu sering, apalagi setiap hari, ya! Karena ternyata dapat menghilangkan minyak dan protein alami yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Tenang, alternatifnya bisa pakai dry shampoo!

Pilih shampoo lebih teliti

Tips untuk rambut diwarnai yang kedua adalah pemilihan shampoo. Sebelum bleaching rambut, saya biasanya relatif cuek saat memilih shampoo. Tapi setelah punya rambut diwarnai , full bleached, dan lumayan panjang, ternyata pemilihan shampoo yang tepat itu terasa banget perbedaannya. Untuk pemilihan shampoo sendiri juga harus disesuaikan dan tipe rambut kamu, ya. Namun, saya rekomendasikan shampoo yang sulfate-free, karena dapat mengeringkan rambut. Shampoo dengan formula yang color-protectant juga akan bantu meminimalisir cat rambut cepat luntur. Beberapa pilihan yang bisa kamu coba adalah Mane ‘n Tail Color Protect Shampoo, L’oreal Vitamino Color Shampoo, Tresemme Color Revitalize Protection Shampoo, dan Kerastase Reflection Bain Chromatique.

Baca juga:Rambut Rontok Setelah Sembuh COVID-19? Ini Dia Jawaban Dokter

Deep conditioner & hair mask, a must!

Nggak perlu ditanyakan lagi kalau rambut yang diwarnai apalagi di-bleaching itu akan jadi lebih kering. Jadi, penting banget buat kamu untuk nggak skip pemakaian conditioner dan hair mask yang hydrating. Agar rambut tetap ternutrisi dan terhidrasi, kamu bisa cari conditioner dan hair mask yang ada kandungan coconut oil, argan oil, jojoba oil, atau shea butter. Beberapa yang saya suka adalah Kérastase Resistance Masque Therapiste, L’Oreal Paris Total Repair 5 Deep Repairing Mask, dan Ellips Hair Mask Nutri Color.

Baca juga:  Tips Supaya Rambut Tetap Halus, Walaupun Sering Dibleaching!

Rutin toning rambut

Kalau goal warna rambut kamu adalah blonde atau warna yang cenderung ashy, penting juga untuk rutin toning rambut kamu. Agar nggak terlihat ‘kuning’ dan brassy, kamu bisa lakukan toning dengan memakai purple shampoo. Purple shampoo adalah toning shampoo yang dapat menghilangkan warna kuning pada rambut. Dijamin warna rambut akan tetap terlihat seperti habis dari salon! Saya suka banget dengan Fanola No Yellow Shampoo, tapi beberapa rekomendasi lainnya yang nggak kalah bagus ada L’Oreal Professionnel Serie Expert Magnesium Silver Neutralising Shampoo dan Pravana The Perfect Blonde Shampoo.

Jangan lupa vitamin rambut atau hair oil

Nggak hanya tubuh saja yang perlu vitamin, tapi rambut kamu juga penting untuk diberi vitamin, apalagi kalau habis diwarnai! Setelah sudah diberi conditioner atau hair mask, jangan lupa kasih vitamin rambut atau hair oil ya. Saya suka banget L’Oreal Elseve Extraordinary Oil karena penuh kandungan bernutrisi seperti jojoba oil, marula oil, coconut oil, almond oil, dan olive oil. Setelah rutin pakai hair oil, rambut jadi semakin lembut dan nggak kering!

Baca juga: 6 Vitamin Rambut untuk Bikin Rambut Rontok dan Kering Jadi Lebih Sehat!

Batasi mencatok rambut

Terakhir yang menurut saya juga penting adalah membatasi pemakaian alat styling rambut, seperti mencatok rambut atau menggunakan hair dryer. Dari yang saya perhatikan kalau setiap hari catok rambut, rambut jadi kering banget dan hasil catokan justru nggak maksimal. Jadi sebisa mungkin batasi pemakaian alat styling rambut, dan jangan lupa pakai heat protectant kalau ingin catok!

Baca juga:Rekomendasi 3 Heat Protectant untuk Lindungi Rambut dari Panas Alat Catok

Nah, itu dia beberapa tips haircare untuk rambut yang diwarnai atau di-bleach dari saya. Memang perawatannya banyak dan pastinya perlu budget lebih, tapi itu risikonya kalau sudah berani warnai rambut! Well, seenggaknya, rambut jadi terlihat beda dan unik kan?

Image : Dok. Female Daily, Freepik, Getty Images

Slow Down

Please wait a moment to post another comment