banner-detik

beauty school

Tips Bleaching Rambut di Rumah Agar Rambut Tetap Kuat dan Sehat!

seo-img-article

Akibat mulai mati gaya di rumah saja, siapa yang jadi tergoda ingin cat atau bleach rambut? Ingat, jangan sembarangan ya, agar kesehatan rambut tetap terjaga!

Dengan diperpanjangnya PPKM, artinya kita juga harus di rumah saja sedikit lebih lama lagi. Siapa yang mulai bosan atau mati gaya, dan kehabisan ide aktivitas untuk menghabiskan waktu di rumah? Dari yang saya perhatikan, sejak awal pandemi ini, jadi lebih banyak yang eksperimen warna rambut sendiri nih di rumah.

Selain jadi aktivitas yang seru, rambut jadi punya penampilan baru! Nah, kalau kamu mulai tergiur untuk cat rambut, terutama yang memerlukan bleaching, tetap harus dilakukan dengan hati-hati ya. Walaupun nantinya warna yang diaplikasikan pastinya jadi lebih mencolok, bleaching rambut tentu rawan membuat rambut rusak. Yuk, kamu bisa ikuti tips ini agar meminimalisir kerusakan rambut kamu!

Cek kondisi rambut kamu, jangan maksa!

Sebelum melakukan semua proses bleaching, sangat direkomendasikan bagi kamu untuk cek kesehatan rambut kamu dahulu. Pastikan bahwa rambut kamu ada di kondisi yang optimal, artinya kesehatan rambut kamu bagus dan cukup kuat untuk menangani bahan-bahan kimia dari bleach tersebut. Kalau banyak rambut bercabang, super kering, atau ujung rambut yang lemah, mungkin lebih baik untuk tahan pemakaian bleach, karena hanya akan membuat rambut tambah rusak! Kamu juga bisa melakukan patch test terlebih dahulu, agar menghindari reaksi yang tidak diinginkan.

Jangan keramas 2-3 hari sebelum proses bleach

Sangat direkomendasikan bahwa keramas harus ditunda dahulu sekitar 2-3 hari sebelum proses bleach. Jadi kalau kamu pikir rambut kamu harus bersih saat bleaching, kamu salah! Minyak yang secara natural akan muncul setelah beberapa tidak keramas justru akan melindungi kulit kepala kamu dari bleach yang digunakan. Bayangkan kalau kulit kepala kamu bersih tanpa minyak, bleach yang ada di kepala justru akan lebih mudah terserap oleh kulit kepala.

Persiapkan bleach lebih dari yang dibutuhkan

Salah satu mimpi buruk yang bisa terjadi saat proses bleaching adalah kekurangan bleach! Kamu pasti nggak mau kan, tiba-tiba di tengah prosesnya kamu kekurangan bleach, alhasil rambut kamu akan jadi patchy dan nggak rata. Nah just in case, selalu beli cat atau bleach rambut kamu lebih dari yang dibutuhkan. Percaya deh, biar nggak panik dan menyesal!

Pakai Vaseline di kulit wajah dan tubuh

Tips berikutnya adalah memakai Vaseline Petroleum Jelly pada permukaan yang akan terekspos kepada bleach. Balurkan Vaseline di sepanjang hairline, leher, dan juga telinga kamu. Pemakaian Vaseline akan menjaga kulit kamu dari bleach yang dipakai.

Baca juga: Tips Merawat Rambut Rusak Karena Bleaching!

Buat section pada rambut dan gunakan rambut secara tipis

Mau apapun itu model cat rambut yang kamu mau (mau itu seluruh kepala, hanya setengah kepala, atau hanya beberapa bagian), pastikan bahwa kamu mengaplikasikan bleach dengan bagian-bagian rambut yang dibagi tipis. Kalau kamu tidak membagi rambut-rambut kamu, dijamin bleach itu tidak akan teraplikasikan secara merata ke seluruh rambut. Jika memungkinkan, minta bantuan teman atau keluarga kamu juga akan bantu memastikan bleach sudah teraplikasikan secara merata.

Jangan diamkan bleach terlalu lama!

Mendiamkan bleach terlalu lama adalah sesuatu yang ingin kamu hindari juga. Secara ideal, durasi paling lama untuk kamu mendiamkan bleach adalah 30 menit, lebih dari itu akan meningkatkan kerusakan rambut! Untuk proteksi lebih ekstra, kamu juga bisa coba tambahkan hair vitamin ke campuran bleach kamu, agar rambut tetap ternutrisi sepanjang proses.

Bilas pakai air dingin

rear view of woman dyeing hairs – isolated on white

Walaupun membilas rambut pakai air hangat memang terasa nyaman, jangan pernah membilas bleach pakai air hangat! Memakai air hangat akan membuka pori-pori kulit kepala dan mengakibatkan warna bleach lebih mudah berubah, plus rambut kamu jadi lebih mudah kering! Kamu juga bisa pakai sarung tangan saat membilas bleach, untuk melindungi kulit tangan. Jangan lupa juga, bahwa setelah kamu bleach rambut, jangan keramas lagi selama 2-3 hari kedepan.

Baca juga: Bleaching Rambut Sendiri di Rumah Cuma Seharga 12 Ribu?? | NKOTB

Jadi itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti kalau kamu ingin bleaching rambut di rumah. Kalau kamu masih kebingungan, kamu juga bisa coba nonton video ini by the one and only, Brad Mondo, membantu banget! Jadi gimana, tertarik nggak untuk merubah tampilan rambut di rumah?

 

Image : Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment