banner-detik

made in indonesia

Inilah 3 Skincare Lokal dengan Kandungan Mugwort yang Bisa Kamu Coba!

seo-img-article


Mugwort mulai banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam skincare dari brand lokal. Ini dia, 3 skincare lokal bagus yang memakai mugwort!

Sebenarnya mugwort bukan hal baru dalam dunia skincare. Dua tahun belakangan, mugwort mulai banyak digunakan dalam skincare terutama skincare keluaran brand Korea. Mugwort atau artemisia vulgaris ini memang merupakan tumbuhan sejenis rumput herbal yang berasal dari Korea, yang bersifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang ampuh untuk menenangkan kulit, mengatasi jerawat dan juga mengatasi kulit kemerahan. Selain itu mugwort juga kaya antioksidan dan membantu mendorong produksi kolagen pada kulit, segingga kulit lebih lembap, glowing, dan sehat.

Nah, belakangan, brand lokal Indonesia mulai banyak nih yang memasukan mugwort sebagai bahan aktif dalam skincare. Jadi, kamu nggak harus beli produk Korea kalau ingin mencicipi khasiat mugwort, karena produk lokal pun sudah mulai banyak pilihannya. Ini dia 3 skincare lokal dengan kandungan mugwort yang bagus dan sudah saya coba sendiri.

Baca juga: Mugwort Mulai Menggeser Hype Centella Asiatica di K-Beauty?

1. Studio Tropik Herbitus Skin Tonic

Pertama tentu saja adalah Studio Tropik Herbitus Skin Tonic, karena produk hybrid hydrating toner dan essence ini merupakan produk lokal pertama yang menggunakan mugwort sebagai bahan aktif di dalamnya. Meskipun ini hydrating toner, namun kandungan bahan aktifnya cukup tinggi seperti essence. Jadi nggak heran kalau teksturnya nggak secair hydrating toner pada umumnya, tapi semi gel-liquid. Jangan khawatir, kemampuan penyerapannya ke kulit tetap sebaik hydrating toner pada umumnya.

Studio Tropik Herbitus Skin Tonic ini mengandung mugwort, Centella asiatica, dan habatussauda, serta diformulasikan alcohol-free dan fragrance-free. Kombo yang menyenangkan untuk menenangkan dan menghidrasi kulit. Sangat nyaman dipakai bahkan untuk kulit sensitif atau kulit berminyak sekalipun.

Baca juga: Studio Tropik Herbitus Skin Tonic & Probiome Skin Tonic, Skincare Terbaru Wajib Coba! | FD Early Access

2. Avoskin Your Skin Bae Skin Barrier Superhero Toner dan Serum

Sesuai namanya, produk terbaru dari Avoskin lini Your Skin Bae ini memang dirancang untuk memperkuat dan menyehatkan skin barrier. Skin barrier yang kuat dan sehat, akan membuat kulit jadi tidak mudah terkena masalah seperti jerawat, beruntusan, sensitif, dan kulit kusam.

Avoskin Your Skin Bae Skin Barrier Superhero Toner mengandung Ceramide LC S-20 1%, mugwort, Centella asiatica, squalane, dan Polyglutamic acid, yang semuanya berfungsi untuk menghidrasi, melembapkan dan menenangkan kulit. Toner ini memiliki tekstur milky-liquid yang cepat menyerap dan sangat menyegarkan kulit.

Sementara Avoskin Your Skin Bae Skin Barrier Superhero Serum memiliki kandungan Panthenol 5%, mugwort, dan Centella asiatica. Panthenol atau Pro Vitamin B5 berfungsi mendorong produksi kolagen sehingga kulit lebih sehat dan tampak lebih muda. Serum ini memiliki tekstur thick, dan selain melembapkan kulit juga punya kemampuan untuk mengunci kelembapan sehingga bisa bertahan lama di kulit kita.

Kombo dua toner dan serum ini efektif bikin kulit sehat, lembap, dan skin barrier lebih kuat sehingga jerawat saya pun jarang mampir. Produk ini juga sangat bagus dipakai berbarengan dengan retinol atau exfoliant, karena dapat mengurangi efek tingling dan iritasi karena produk-produk tersebut.

Baca juga: Toner dan Serum Mugwort Terbaru Avoskin untuk Skin Barrier Sehat

3. Somethic Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing

Produk terbaru dari Somethinc ini pada dasarnya adalah clay mask, dengan bentonite dan kaolin, yang berfungsi membersihkan kulit sampai ke pori-pori. Namun di dalamnya ditambahkan juga kandungan-kandungan yang menutrisi kulit seperti mugwort, bamboo charcoal, Centella asiatica, dead sea mud, 7 types of natural plants power, dan strawberry seeds.

Masker ini sangat cocok dipakai untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Selain mempunyai funsgi deep cleansing, kandungan-kandungan dalam masker ini juga difokuskan untuk menenangkan kulit yang iritasi, kemerahan, dan breakout. Saya selalu menyempatkan diri untuk memakai Somethinc Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing kalau habis keluar rumah, untuk mencegah maskne datang kembali.

 

Tertarik mencoba skincare lokal dengan kandungan mugwort? Atau kamu malah sudah pakai beberapa produk di atas? Share di kolom komentar ya!

 

Image: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment