banner-detik

fitnfab

Yuk, Coba Gaya Hidup yang Bikin Awet Muda!

seo-img-article

Memang, penuaan nggak bisa ditunda, semua orang pasti mengalaminya. Namun, ada beberapa kebiasaan yang memang bisa mempercepat penuaan dini. Bukan karena nggak pakai skincare anti-aging, tapi juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang lagi kamu jalani. Ini dia beberapa lifestyle yang bikin kulit awet muda!

Suka penasaran nggak sih sama orang yang dari segi usia sudah cukup untuk dibilang menua, tapi jiwa dan tampilannya masih seperti anak muda? Kira-kira, apa ya rahasianya? Ternyata untuk tetap awet muda itu sebenarnya nggak susah, lho. Selain rutin merawat kulit, kamu bisa mencoba gaya hidup yang lebih sehat seperti di bawah ini.

Aktif bergerak

gaya hidup agar awet muda

Olahraga itu wajib! Selain bisa menyehatkan tubuh, olahraga bisa bikin kamu lebih awet muda. Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan rutin, bukan olahraga yang keras tapi dilakukan sebulan sekali. Memang bagi yang nggak biasa olahraga, rasanya akan berat. Namun kamu bisa menyiasatinya dengan mengajak pasangan atau teman dekat, supaya kamu jadi lebih semangat.

Kalau kamu nggak suka olahraga seperti lari, kamu bisa mencoba olahraga yang lagi tren sekarang, yaitu sepeda. Nggak perlu pakai yang mahal, pakai yang ada, keliling komplek 5 kali juga sudah cukup untuk mengeluarkan keringat dan membakar kalori. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan selain itu, ada berenang, badminton, basket, bola, atau bagi kamu yang gemar lagu K-Pop, kamu bisa memanfaatkan beat dalam lagu tersebut untuk zumba. Namun, jangan lupa setelah banyak aktivitas, minum air yang banyak ya, supaya tubuh tetap terhidrasi.

Baca juga: Mau Glowing dan Awet Muda di Usia 40-an seperti Heny Harun? Ini Rahasianya!

Banyak senyum

Percaya nggak percaya, cara paling gampang untuk awet muda adalah banyak senyum. Ketika senyum, otot di wajah akan ketarik, dan secara nggak sadar kamu merasa tubuh kamu juga lebih senang. Sebuah studi menemukan, bahwa wajah seseorang yang tersenyum dianggap lebih muda dibandingkan dengan yang cemberut dan sedih. Bahkan, ternyata rajin senyum dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tingkat stres.

Buat kamu yang merasa lingkungannya sudah nggak sehat, bikin kamu murung terus, apalagi terjebak toxic relationship, kamu harus berusaha melepaskan, cari lingkungan baru yang bikin senyum dan bersemangat. Paling tidak seminggu sekali, sempatkan untuk ngobrol dan ketawa bareng sahabat atau keluarga, supaya hidupmu jadi lebih berwarna dan kamu tampil lebih awet muda.

Konsumsi vitamin C agar kulit awet muda

gaya hidup awet muda

Memang untuk yang satu ini perlu banget dikonsumsi. Selain menjaga metabolisme tubuh, vitamin C yang kaya antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas sekaligus mencegah penuaan dini. Nggak harus dalam bentuk kapsul atau tablet, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk sayur dan buah yang kamu konsumsi sehari-hari, seperti jeruk, lemon, apel, pepaya, kiwi, strawberry, jambu, brokoli, kangkung, dan paprika.

Kalau kamu beraktivitas di luar ruangan, kamu akan lebih sering terpapar sinar matahari dan lingkungan yang buruk. Makanya , kamu butuh makanan dengan antioksidan tinggi untuk bisa membantu kamu melawan kerusakan akibat matahari dan lingkungan. Tubuh kamu sehat, kulitmu juga bisa tampil awet muda!

Baca juga: Rekomendasi 4 Sunscreen Lokal yang Cocok untuk Dipakai Cowok!

Kurangi makan junk food dan perbanyak sayur

Hayooo, siapa yang malam-malam sering order makanan cepat saji lewat aplikasi? Gimana mau awet muda dan hemat, kalau setiap hari kerjaaannya order makanan junk food terus. Dalam upaya menuju awet muda, kamu bisa perbanyak makanan yang mengandung buah dan sayur, serta konsumsi air mineral 8 gelas per hari, supaya tetap terhidrasi sepanjang hari.

Hindari makanan berlemak tinggi dan berminyak seperti junk food yang biasa kamu pesan tiap akhir pekan. Selain bikin nambah berat badan, junk food juga bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Sebagai gantinya kamu bisa pesan salad, makanan yang direbus, ditumis, atau dikukus supaya tetap awet muda.

Baca juga: Mengenal Scalp Training, Solusi Masalah Rambut Lepek!

Memang sih hal-hal di atas itu cukup menantang, terutama di bagian mengontrol junk food. Namun, kalau kamu bisa menguranginya, tubuhmu akan berterima kasih, lho! Oh iya, untuk yang masih sering dibilang jutek atau judes, mulai sekarang coba lebih banyak senyum ya! Nggak hanya bagus untuk diri sendiri, tapi senyum kamu juga bisa bikin hari seseorang jadi lebih indah.

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment