ic-fd

5 Kegiatan Ngabuburit Saat Pandemi Tanpa Perlu Keluar Rumah

lifestyle
author

arindakristie・05 May 2021

detail-thumb

Ngabuburit saat pandemi pasti bikin kita parno, apalagi kalau harus dilakukan di luar rumah. Yuk, cek 5 kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah saja.

Memasuki tahun kedua menjalani puasa dalam situasi pandemi, pasti kita udah mulai mati gaya buat cari kegiatan ngabuburit saat pandemi tanpa perlu keluar rumah. Kalau semua serial drakor sudah tamat kamu tonton, ada baiknya coba beberapa kegiatan menarik untuk ngabuburit kali ini.

1. Bikin puzzle bareng keluarga

ngabuburit saat pandemi

Merakit puzzle adalah salah satu kegiatan yang dulu sering saya lakukan pas masih kecil sama orangtua saya. Walaupun kadang suka gemas karena kesulitan menemukan potongan puzzle yang tepat, tapi kegiatan ini bisa dibilang terapheutic dan bisa membuat kita lebih banyak ngobrol dengan keluarga.

ngabuburit saat pandemi

Pilihan gambarnya pun sekarang beragam banget, mulai dari yang super artsy sampai ada beberapa brand puzzle lokal yang bekerjasama dengan banyak seniman. Kalau puzzle nya sudah jadi, bisa dikasih frame dan kemudian dipajang deh di kamar kalian.  Jadi, singkirkan dulu deh gadget kalian, dan coba ngabuburit saat pandemi dengan merakit puzzle bareng keluarga.

Baca juga: 3 Drakor untuk Ngabuburit yang Nggak Bikin Baper

2. Virtual cooking class untuk menu Ramadhan

ngabuburit

Kalau kalian lagi merasa perlu meningkatkan skill memasak selama bulan puasa, coba deh ikutan online cooking class sambil ngbuburit. Sekarang sudah mulai banyak kok tempat les memasak yang mau memberikan modulnya secara online, atau belajar via live video. Kalau bingung mau les di mana, coba cek ABC Cooking Studio yang menyediakan live cooking lesson dan mengantarkan semua kebutuhan memasak untuk kelas tersebut langsung ke rumah masing-masing. Selain itu, ada juga Arkamaya Culinary Education yang punya program belajar masak di rumah supaya kamu nggak perlu melakukannya beramai-ramai.

Baca juga: Rekomendasi Buku Bacaan untuk Menemani Puasa

3. Dekor ulang area rumah

Supaya nggak bosan sama suasana rumah yang itu-itu saja, kita bisa menyalurkan kreativitas kita dengan melakukan dekor ulang pada rumah kita. Kalau kamu lagi nggak ada budget yang cukup besar, nggak perlu mengubah dekorasinya secara besar-besaran kok. Cukup tambahkan tanaman indoor yang membuat rumah jadi kelihatan lebih segar, atau mungkin membeli storage baru untuk membuat rumah menjadi terlihat lebih rapi. Untuk membuat kamu tambah betah, jangan lupa tambahkan room diffuser dengan wangi favorit kamu!

Baca juga: Kebiasan Buruk yang Harus Dihindari Ketika Buka Puasa

4. Belajar bahasa asing online

Pilihan buat memperkaya ilmu dengan belajar bahasa asing sudah semakin beragam. Kamu bisa belajar secara online via Zoom, atau memanfaatkan aplikasi yang bisa dengan mudahnya diunduh menggunakan smartphone. Kalau masih bingung mau belajar di mana, bisa cek Rumah Belajar Bahasa yang nggak cuma mengajarkan bahasa Inggris saja (ada Prancis, Jepang, Spanyol, dll), dan juga beberapa aplikasi seperti Duolingo, Babbel, Busuu, Memrise, Rosetta Stone, ataupun Mondly Languages.

Baca juga: Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

5. Main game

Ada banyak game yang bisa kamu eksplor saat ngabuburit di rumah saja. Mulai dari permainan tradisional yang tidak memerlukan jaringan internet seperti catur atau scrabble, hingga game online seperti Mobile Legends, Clash Royale, The Sims, Animal Crossing, Candy Crush Saga, Bubble Wings, dan masih banyak lagi. Kalau kalian main game online, bisa sekalian juga nih ngobrol sama teman-teman lainnya secara virtual. Tetap seru kan?

Nah, itu dia 5 cara ngabuburit saat pandemi yang bisa meminimalisir kegiatan kita di luar rumah. Kalau kamu sendiri suka melakukan kegiatan apa nih buat ngabuburit di rumah aja? Share di kolom komen ya!

 

Images: Ross Sneddon for Unsplash.com, Instagram @rekarekat, Kristina Tripkovic for Unsplash.com, Kara Eads for Unsplash.com, Avel Chuklanov for Unsplash.com, Lweendo Hachileka for Unsplash.com, Conscious Design for Unsplash.com.