banner-detik

lifestyle

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari ketika Berbuka Puasa

seo-img-article

Buka puasa bukan berarti makan dan berlaku seenaknya! Ini kebiasaan-kebiasaan yang harus kamu hindari ketika berbuka puasa.

Bulan Ramadan sudah jalan setengah bulan, nih. There is still a half way through! Saya mau bertanya deh, selama puasa setengah bulan ini, kamu sudah yakin belum, kalau pola makan dan kebiasaan kamu saat berbuka sudah baik untuk tubuh dan kesehatan? Kalau kamu yakin pola berbukamu sudah “sehat”, well congrats! Tapi kalau kamu merasa itu nggak healthy, coba mulai deh, diperbaiki lagi. Saya akan jelaskan kebiasaan-kebiasaan buruknya apa saja di sini!

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta, Mulai dari 100 Ribuan!

Makan terlalu banyak

kebiasaan berbuka

Hal pertama yang harus banget kamu hindari ketika berbuka adalah kalap makan! Memang sih, terkadang saat puasa, suka terbayang makanan ataupun minuman apa saja yang mau disantap. Ujungnya, total yang dimakan malah bisa lebih banyak dari ketika nggak berpuasa! Ini kebiasaan yang jelek, lho. Selain nggak baik untuk tubuh, kamu juga bisa jadi cepat mengantuk. Mau tidur setelah berbuka? Wah lebih jelek lagi jadinya. Makanlah secukup dan sebijaknya saja. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak!

Makan terburu-buru

Masih dalam konteks euforia ketika berbuka puasa, biasanya kita jadi suka makan terburu-buru saking semangatnya. Fun fact, ketika mengunyah makanan, kita “mengonsumsi” oksigen juga, lho. Kalau terburu-buru makan, oksigen yang masuk juga akan lebih banyak. Oksigen berlebih ini yang bikin kamu jadi lebih cepat kenyang dan perut jadi gassy. Lebih cepat kenyang justru baik? Tentu tidak, karena sebenarnya kamu belum benar-benar kenyang dan belum mendapatkan asupan makan yang cukup. Just take it slow while enjoying your iftar!

Baca juga: Selain Air Mineral, Ini 4 Minuman Penambah Cairan Tubuh untuk Sahur dan Buka Puasa!

Tidak minum air putih

kebiasaan berbuka

Ini juga menjadi kebiasaan buruk yang sering banget terjadi ketika berbuka. Memang sih, anjuran ketika berbuka adalah dengan yang manis-manis, tapi juga jangan melupakan air putih! Padahal, ketika puasa, kita kekurangan banyak cairan, lho. Nggak mungkin kan, memenuhi kebutuhan cairan kamu setelah seharian berpuasa hanya dengan minuman-minuman berkadar gula tinggi? So, jangan lupa minum air putih ketika berbuka puasa ya!

Kombinasi jenis makanan yang tumpang tindih

Terkadang kita suka nggak sadar, ketika berbuka puasa ada banyak jenis makanan maupun minuman yang terhidang di meja makan. Perut kosong selama puasa membuat perut jadi lebih sensitif terhadap makanan atau minuman yang masuk. Pernah dengar kan, anjuran untuk tidak minum kopi atau merokok saat perut kosong? Ini juga berlaku saat berbuka. Bayangkan, kamu berbuka dengan sop buah yang manis, makan gorengan yang berminyak, lalu ayam geprek yang pedas, akan seperti apa nanti kondisi perutmu? Bisa bikin sakit perut! Makanya, bijak-bijak juga ya, mengatur hidangan berbuka agar bisa lebih friendly untuk perut kosong!

Baca juga: 3 Olahan Oatmeal yang Mudah Dibuat untuk Buka Puasa!

Tidur setelah berbuka

kebiasaan berbuka

Last but not least, tidur setelah menyantap hidangan buka puasa. Saya sudah sempat menyebutkan di atas tadi, biasanya karena makan terlalu banyak, kita jadi cepat mengantuk. Kamu sendiri pasti sudah tahu, tidur dalam keadaan perut yang penuh nggak baik untuk kesehatan, apalagi kalau dibiasakan. Salah satunya, adalah penyakit asam lambung. Ketika tidur dalam keadaan kenyang, tekanan di dalam lambung akan meningkat, cairan lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Kalau sudah keseringan seperti ini, bisa memicu GERD, lho!

Itu tadi 5 kebiasaan nggak baik yang harus kamu hindari ketika berbuka! Perbaiki yuk dari sekarang pola berbuka kamu, agar nantinya juga nggak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Iya serius, karena ini jadi berkaitan dengan lifestyle kamu!

 

Images: unsplash.com, pexels.com, freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment