banner-detik

lifestyle

Selain Air Mineral, Ini 4 Minuman Penambah Cairan Tubuh untuk Sahur dan Buka Puasa!

seo-img-article

Bukan hanya air mineral saja yang perlu dikonsumsi saat sahur dan berbuka, ada juga sederet minuman penambah cairan tubuh yang bisa jadi pilihanmu!

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh memang jadi hal yang penting banget untuk sehari-hari. Khususnya saat berpuasa, kamu haru lebih memerhatikan asupan cairan yang dikonsumsi, agar tubuhmu nggak terlalu kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi saat berpuasa selama 13 jam. Tentunya, air mineral jadi andalan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu. Tapi, nggak cuma air mineral saja lho yang bisa bantu memenui cairan tubuh. Ada sederet minuman penambah cairan tubuh yang bisa kamu konsumsi saat sahur dan berbuka puasa!

Baca juga: Viral! Ini 5 Milk Bun Lokal ala Thailand yang Bisa Kamu Coba

Jus buah dan sayur

minuman penambah cairan tubuh

Selain segar, jus buah dan sayur juga bagus untuk menambah cairan tubuh, lho. Kamu bisa mengonsumsi jus buah yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti jus semangka yang mengandung air lebih banyak, sehingga bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain semangka, jus alpukat atau pisang juga bisa jadi opsi, karena punya kandungan kalium untuk menjaga keseimbangan elektrolit agar fungsi tubuh tetap normal. Untuk pilihan sayur yang bisa diolah menjadi jus, timun adalah salah satu yang patut diandalkan! Sayur ini mengandung air yang banyak dan bisa bantu menghidrasi tubuhmu. Oh iya, supaya fungsi jus buah dan sayur lebih maksimal, usahakan untuk nggak menambahkan gula terlalu banyak agar nggak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Air kelapa

air kelapa sebagai minuman penambah cairan tubuh

Minum air kelapa di siang hari memang menyegarkan banget! Namun saat bulan Ramadan, kamu bisa mengonsumsinya ketika sahur dan berbuka puasa saja, ya. Nah, air kelapa sendiri bukan hanya melepas dahaga, tetapi bisa memenuhi cairan tubuhmu dan mengembalikan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Kandungan nutrisi di dalamnya juga banyak, ada kalium, magnesium, vitamin C, dll yang bantu menjalankan fungsi tubuhmu dengan baik. Alhasil, tubuh juga nggak mudah dehidrasi saat puasa!

Baca juga: Kenyang Seharian! Sahur dengan 7 Makanan Tinggi Protein Ini

Susu

Minuman yang satu ini tentunya sudah terkenal dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Yup, susu mengandung banyak nutrisi, misalnya karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa jadi sumber energi untuk tubuh. Sehingga, bisa banget kamu minum saat sahur. Nggak cuma sebagai sumber energi saja, susu juga bisa menyeimbangkan cairan tubuh karena mengandung vitamin yang penting untuk tubuh, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, dan K.

Infused water

Alih-alih meminum air mineral biasa, kamu bisa lho membuatnya menjadi infused water. Biasanya, buah-buahan yang dipakai untuk membuat infused water adalah lemon, jeruk, stroberi, serta sederet buah lain yang mengandung vitamin C. Nah, manfaatnya juga bagus untuk tubuhmu, yaitu bisa menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh agar fungsi tubuh tetap bekerja secara normal. Plus, bisa memenuhi cairan tubuh ketika berpuasa. Namun, perlu diingat bahwa infused water yang kaya akan vitamin C ini sebaiknya dikonsumsi ketika kondisi tubuhmu sehat dan nggak memiliki penyakit maag.

Baca juga: 3 Olahan Oatmeal yang Mudah Dibuat untuk Buka Puasa!

Nah, itulah empat minuman penambah cairan tubuh yang bisa jadi opsi untuk sahur dan berbuka puasa. Kira-kira, mana nih yang ingin kamu minum saat sahur dan buka puasa nanti? Comment di bawah, ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment