banner-detik

bath n body

3 Rekomendasi Body Lotion Lokal untuk Kulit Sensitif dan Eczema

seo-img-article

 

Untuk penderita eczema, bisa coba 3 rekomendasi body lotion dari brand lokal yang formulanya aman untuk kulit sensitif ini!

Untuk penderima eczema atau dermatitis atopik, pilih-pilih produk perawatan kulit tubuh harus hati-hati banget. Kita harus bisa mengenali apa pencetus alergi kita, karena di masing-masing orang bisa berbeda-beda. Termasuk hand and body lotion, juga nggak bisa sembarangan. Harus pilih body lotion yang cukup melembapkan, karena kulit eczema cenderung kering, dan juga nggak mengandung bahan-bahan yang bisa memicu eczema kambuh.

Walaupun pencetus eczema bisa berbeda-beda di masing-masing orang, namun produk dengan klaim natural, fragrance-free, alcohol-free, dan bahkan eczema skin friendly, bisa dijadikan filter awal kalau mau mencoba produknya lho. Produk dengan klaim tersebut, kebanyakan sih aman di kulit saya. Tapi tentu harus dicoba di kulit masing-masing ya.

Nah, ini dia tiga body lotion dari brand lokal, yang bisa dicoba untuk penderita eczema.

Baca juga: Tips Memilih Sabun Mandi Untuk Kulit Sensitif dan Eczema

 

1. Sensatia Botanicals Calming Body Lotion

body-lotion-lokal-eczema-Arum (6)

Body lotion pertama ini, sudah jadi favorit saya sejak lama adalah Sensatia Botanicals Calming Body Lotion. Lotion ini punya tekstur ringan dan nggak lengket di kulit, namun kemampuannya melembapkan kulit bagus banget. Aromanya juga enak, perpaduan aroma jasmine dan herbal yang menenangkan.

Body lotion lokal ini mengandung ekstrak Calendula dan Aloe Vera untuk melembapkan dan meredakan iritasi, serta sebagai antioksidan. Produk-produk Sensatia Botanicals juga diklaim aman dan vegan, serta aman untuk ibu hamil dan menyusui. Khusus varian Calming Body Lotion ini, memang ditujukan untuk kulit yang sensitif dan mudah teriritasi.

Baca juga:  5 Moisturizer di Bawah 300 Ribu untuk Mengatasi Kulit Sangat Kering

2. The Bath Box Fresh Body Lotion

body-lotion-lokal-eczema-Arum (7)

Saya membeli body lotion lokal ini karena direkomendasikan oleh teman saya sesama penderita eczema. Dan pas lihat klaim-nya, memang produk ini secara khusus ditujukan untuk kulit kering, bersisik, eksim, dan sensitif. Pas banget dengan apa yang saya cari. Dan ketika mencoba, memang lotion ini nggak menimbulkan reaksi negatif di saya. Lembapnya dapet, dan sesuai namanya, aromanya fresh citrusy.

Kandungan yang terdapat dalam body lotion lokal ini adalah 10% shea butter, squalane, jojoba oil, dan ekstrak calendula, yang memang bisa melembapkan kulit dan menenangkan kulit yang sensitif. Teksturnya creamy dan kental, jadi cuma butuh satu pump untuk satu lengan saya. Karena belum terbiasa saya sering kebanyakan pakainya hahaha. Tapi lotion ini bakalan awet banget sih karena sedikit saja sudah cukup dan lembapnya awet.

Baca juga: Review The Bath Box Fresh Body Lotion, Kesegaran Citrus yang Nggak Lengket di Kulit

3. Eucalie Organic Anti Aging Hand & Body Lotion – Happy Skin

body-lotion-lokal-eczema-Arum (1)

Tahu tekstur hand cream kan? Nah, bayangkan kalau body cream punya tekstur seperti hand cream. Creamy, velvety, melembapkan kulit, namun nggak ninggalin rasa greasy sama sekali. Nah, seperti itulah body lotion dari Eucalie Organic ini. Makanya selain sebagai body lotion, saya suka bawa-bawa produk ini untuk dipakai sebagai hand cream juga.

Produk body lotion lokal ini mengandung Baobab Peptides, Virgin Coconut Oil, dan Lavender, yang berguna untuk meremajakan kulit, melembapkan, dan memperbaiki tekstur kulit. Formulanya certified organic, vegan, aman untuk ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan juga aman untuk kulit yang sensitif. Dan bonusnya adalah aroma khas essential oil yang menenangkan dan bikin tidur lebih nyenyak.

 Baca juga: Punya Kulit Tubuh Sensitif? Apa yang Harus Dilakukan?

Di saya, ketiga produk tersebut aman dan nggak menimbulkan ruam atau gatal. Tekstur dan aromanya juga menyenangkan, jadi beberapa juga ada yang sudah saya repurchase. Namun walau sudah di-klaim sensitive skin-friendly, kalau kamu punya eczema, tetap test patch dulu ya sebelum mencoba produk-produk di atas. Karena seperti yang saya bilang di atas, pencetus gejala eksim di tiap-tiap orang bisa berbeda-beda.

Foto: Dok. Female Daily/Arum.

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment