banner-detik

sponsored post

Punya Kulit Tubuh Sensitif? Apa yang Harus Dilakukan?

seo-img-article

DOVE SENSITIVE BODY WASH - KULIT TUBUH SENSITIF

Nggak cuma kulit wajah saja lho yang sensitif, kulit tubuh juga bisa sensitif dan terasa nggak nyaman karena kering. Gimana cara mengatasinya?

 

Sebenarnya sama saja seperti merawat kulit wajah yang sensitif, kamu harus memperlakukan kulit tubuhmu lebih lembut supaya tetap lembap dan nggak gampang bereaksi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit tubuh yang sensitif!

1. Tidak boleh mandi dengan air terlalu panas

MANDI AIR DINGIN - KULIT TUBUH SENSITIF

Mandi dengan air hangat memang bikin rileks, tapi tahukah kamu kalau mandi dengan air hangat juga bisa bikin kulit kering? Jadi, buat kamu yang punya kulit tubuh sensitif, kamu sebaiknya mandi dengan air suhu biasa saja, atau tidak terlalu panas. Sebaiknya, kamu juga nggak menggosok kulit pakai shower puff, loofah, sponge mandi, atau shower brush saat mandi, biar kulit nggak gampang kemerahan dan iritasi. Setelah mandi, segera gunakan pelembap tubuh yang bisa mengunci kelembapan kulit ya!

2. Gunakan sabun mandi yang mild

DOVE SENSITIVE SKIN BODY WASH 2 - KULIT TUBUH SENSITIF

Sabun mandi yang gentle dengan adalah produk yang tepat untuk mengatasi kulit tubuh sensitif.  Saya merekomendasikan Dove Sensitive Skin Body Wash karena formulanya ultra-mild, clinically tested, dan hypoallergenic. Teknologi Moisture Renew Blend di dalamnya mampu membantu memperbarui kelembapan kulit. Bahkan setelah habis mandi, kulit tetap terasa lembut dan nggak kering. Body wash ini juga sulfate-free, paraben-free, dan aman untuk microbiome, lapisan pelindung kulit manusia.

DOVE SENSITIVE SKIN BODY WASH 3 - KULIT TUBUH SENSITIF

Baca juga: Atasi Ketiak Menggelap dengan Dove Ultimate Repair

3. Menjaga kulit selalu lembap

JAGA KELEMBAPAN TUBUH - KULIT TUBUH SENSITIF

Biasanya, kulit kering dan sensitif nggak bisa pakai body lotion yang ringan dan cepat meresap. Sebaliknya, pastikan pelembapmu punya tekstur yang rich dan kemampuan melembapkan yang tahan lama. Kamu bisa pakai body cream, body butter, body oil, atau body lotion yang creamy (nggak terlalu cair). Kandungan yang baik adalah shea butter, jojoba oil, oat, atau aloe vera, karena bisa membantu menghidrasi kulit dengan baik sekaligus menenangkan kulit.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Vitamin E untuk Kulit Normal Cenderung Kering

4. Tidak eksfoliasi dengan produk yang kasar

BODY SCRUB - KULIT TUBUH SENSITIF

Dalam memilih produk eksfoliasi, hindari yang scrub-nya terlalu kasar. Kamu bisa pilih lulur yang teksturnya cair atau creamy, atau body polish yang lebih lembut. Cukup gunakan 2 kali dalam seminggu, jangan sampai over-exfoliating, karena bukannya jadi cerah dan mulus, tapi bisa bikin kulit makin kering, perih, atau iritasi.

5. Selalu menggunakan pakaian bersih dan nyaman

Portrait of asian woman in a blank white T-shirt on blue backgro

Kulit tubuh sensitif pasti mudah merasa nggak nyaman dengan kain yang kasar atau kaku, apalagi saat musim panas. Jadi, pilih bahan pakaian yang lembut dan menyerap keringat dengan baik. Perhatikan juga bagian jahitan dalam dan label pakaian, karena bisa bikin kulit terasa gatal. Kamu sebaiknya menggunting label pakaian dan selalu mencuci bersih pakaian yang baru dibeli sebelum dipakai.

Baca juga: Yuk, Coba 5 Skincare Matcha yang Kaya Antioksidan Ini!

6. Lindungi kulit dari matahari setiap hari

PAKAI SUNSCREEN - KULIT TUBUH SENSITIF

Jangan lupa, matahari bisa berefek buruk bagi kulit lho! Apalagi kalau kulitmu sensitif. Jadi, pastikan untuk melindungi tubuh dari sinar UV, terutama kalau beraktivitas di luar ruangan. Aplikasikan sunblock secara merata pada tangan dan kaki sebelum kamu ke luar rumah ya!

 

Nah, itulah trik melindungi kulit tubuh sensitif yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Semoga kulitmu selalu sehat, lembap, dan lembut ya! Kalau kamu punya cara lainnya, share di kolom komentar ya!

 

Foto: Dok. Female Daily/Poppy Septia, Dove, Freepik.com.




Slow Down

Please wait a moment to post another comment