banner-detik

skin care

7 Kandungan Skincare yang Diperlukan untuk Mengatasi Kulit Kering

seo-img-article

 

Sudah pakai macam-macam produk, tapi kulit tetap kering? Bisa jadi, produk yang kamu gunakan memang bukan skincare yang cocok untuk kulit kering. Pastikan kandungan dalam skincare untuk melembapkan kulit kering ini ada di dalam produk yang kamu gunakan!

Kulit kering memang merupakan masalah genetik dan merupakan jenis kulit yang hampir nggak bisa diubah. Berbeda dengan kulit dehidrasi yang merupakan kondisi sementara dan bisa diatasi dengan kebiasaan baik. Walaupun tipe kulit kamu nggak bisa diubah, bukan berarti kulit kering bisa dibiarkan begitu saja. Membiarkan kulit kering semakin parah justru berpotensi merusak skin barrier, dan mengundang berbagai masalah kulit lainnya.

Kulit kering nggak bisa dirawat dengan sembarang produk. Pastikan produk-produk yang kamu gunakan sekarang dapat merawat kulit keringmu secara efektif. Lalu, produk seperti apa sih, yang cocok untuk merawat kulit kering?

Coba cek face wash, toner, serum dan/atau moisturizer kamu sekarang, apakah mengandung salah satu atau lebih dari ingredients di bawah ini?

Baca juga: Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kering yang Bisa Dibeli di Supermarket

1. Hyaluronic Acid

BAHAN AKTIF SKINCARE - HYALURONIC ACID

Hyaluronic Acid (HA) sudah bagai superstar ingredients yang digunakan di berbagai produk skincare. HA merupakan jenis humectant yang dapat menarik kandungan air di udara dan mengikatnya di permukaan kulit. HA memang sudah terkenal efektivitasnya dalam memberikan hidrasi dan cocok untuk semua jenis kulit.

Umumnya ada dua jenis Hyaluronic Acid yang digunakan pada skincare. Bisa berupa Hydrolized Hyaluronic Acid atau Sodium Hyaluronate. Jadi, jangan bingung kalau kamu nggak menemukan “Hyaluronic Acid” di list ingredients skincare-mu.

Saat ini, sudah sangat banyak produk dengan kandungan HA yang bisa kamu coba. Misalnya saja L’Oreal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum atau produk lokal Somethinc HYALuronic B5 Serum.

2. Polyglutamic Acid

TIPS PAKAI MASKER UNTUK KULIT KERING 2

Ingredient satu ini masih saudaraan sama Hyaluronic Acid. Sama-sama bisa melembapkan kulit, but even better, soalnya selain melembapkan, Polyglutamic Acid (PGA) juga dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit. Molekul PGA yang lebih besar dibanding HA, sehingga PGA dapat mencegah terjadinya Transepidermal Water Loss (TEWL). Cari tahu lebih banyak tentang Polyglutamic Acid di artikel berikut ini. Nah, beberapa produk dengan kandungan PGA yang bisa kamu coba, diantaranya seperti Lacoco Hydrating Divine Essence dan The Inkey List Polyglutamic Acid.

3. Vitamin E

THE BODY SHOP VITAMIN E MOISTURE CREAM - MOISTURIZER UNTUK IBU HAMIL

Kamu pasti sering menemukan produk perawatan kulit yang mengandung Vitamin E. Terlebih lagi pada produk-produk pelembap, baik wajah ataupun body lotion. Vitamin E memang sangat bermanfaat untuk kulit, apa lagi dalam melembapkan kulit kering. Selain tu, Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk kulitmu. 

Pada ingredients list, kamu bisa menemukan Vitamin E dengan nama “Tocopherol” atau “Tocopheryl Acetate”. Produk dengan kandungan Vitamin E yang layak kamu coba adalah Vitamin E Hydrating Toner dari The Body Shop, dan masih banyak produk dalam rangkaian Vitamin E-nya mereka.

4. Peptide

SKINCARE LOKAL DENGAN KANDUNGAN PEPTIDE - THE BATH BOX PEPTIDE PROBIOTIC

Peptide adalah asam amino rantai pendek yang membentuk protein seperti kolagen dan keratin pada tubuh. Kandungan Peptide dalam skincare terbukti dapat melembapkan serta punya manfaat anti-aging. Kandungan Peptide membuat kulit keringmu jadi lembap dan plump seharian.

Pada ingredients list, kamu bisa temukan kata-kata berakhiran “Peptide” atau berawalan “Palmitoyl”. Misalnya saja, Palmitoyl Tripeptide, Copper Tripeptide, atau MatrixylTM. Cobain deh rangkaian Peptaronic dari SNP yang mengandung beberapa jenis Peptide dalam produknya.

5. Ceramide

SKINCARE DENGAN KANDUNGAN CERAMIDE - MARIO BADESCU AHA & CERAMIDE MOISTURIZER

Ceramide juga merupakan salah satu ingredient yang diperlukan oleh kulit kering. Pada dasarnya, Ceramide terdapat dikulit kita secara natural, tapi dapat hilang akibat berbagai faktor. Ceramide pada skincare dapat melembapkan kulit dengan cara mempertahankan kadar air di kulitmu, sehingga skin barrier tetap terjaga. Ceramide dalam skincare pun ada banyak jenisnya, seperti Ceramide Np, CeramideAp, dan Ceramide EoP. Cek 8 Skincare dengan Kandungan Ceramide ini untuk rekomendasi skincare dengan kandungan Ceramide. 

6. Honey Extract

MASKER DENGAN KANDUNGAN MADU 3

Madu yang manis dan menyehakan ini ternyata juga merupakan super ingredients yang punya segudang manfaat untuk kulit. Madu bersifat antibakteri, menenangkan dan melembapkan kulit. Makanya, selain dapat melembapkan kulit yang kering, ekstrak madu dalam skincare juga baik untuk kulit yang acne-prone. Salah satu skincare dengan kandungan honey extract yang kini lagi jadi favorit banyak skincare enthusiast adalah Propolis Synergi Toner dari COSRX, atau kamu bisa cek 7 masker dengan kandungan madu yang bisa bikin kulit glowing dan kenyal.

7. Betaine

TIPS PAKAI MASKER UNTUK KULIT KERING 3

Humectant lainnya yang juga sebaiknya ada dalam ingredient list di skincare-mu adalah Betaine. Zat yang berasal dari tanaman sugar beet ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mencegah penuaan dini. Betain juga mencegah hilangnya kelembapan dari kulit, serta memberikan efek silky-smooth skin. Manfaatnya ini bikin Betaine banyak digunakan dalam produk skincare maupun haircare. Betaine juga safe untuk kulit sensitif, sekalipun kulit bayi dan anak-anak. Manfaat Betaine dalam skincare salah satunya bisa kamu temukan dalam Luxcrime Venus Serum Essence.

Nah, setelah mengetahui ingredients apa saja yang bakalan beneficial untuk kulit keringmu, sudah nggak ada alasan lagi untuk beli skincare yang nggak tepat. Kalau kamu mau eksplor lebih dalam, masih banyak lho ingredients lainnya yang juga baik untuk menghidrasi kulit kering!

 

Foto: Freepik.com, Mario Badescu, The Body Shop, The Bath Box.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment