Kulit Kering vs Dehidrasi, Bagaimana Cara Membedakannya?

Kulit Meradang Redakan dengan Cara Ini- female daily

Masih bingung membedakan kulit kering dan kulit dehidrasi? Ini penjelasannya.

Beda permasalahan kulit, berbeda juga cara mengatasinya. Namun ada dua hal yang masih sering membuat bingung, yaitu kulit kering dan kulit dehidrasi.Kondisinya memang mirip, namun perawatan yang nggak tepat bisa membuat masalah kulit ini nggak kunjung selesai. Makanya penting banget nih untuk diluruskan, sebenarnya bagamaina sih cara membedakan kulit kering vs kulit yang dehidrasi?

Kulit kering bersifat genetik

Kulit kering masuk ke dalam skin type yang merupakan kondisi permanen yang sudah kita bawa dari lahir. Pemilik kulit kering memiliki lapisan minyak yang lebih sedikit dibanding kulit normal. Ini membuat kulit jadi mudah kehilangan kelembapan. Selain memang sudah bawaan sejak lahir, tipe kulit kering juga bisa dialami saat usia memasuki late 30s atau 40 tahun. Di usia ini, produksi minyak di kulit memang berkurang. Makanya kulit kita jadi rentan kehilangan elastisitas dan kerutan jadi mudah muncul.

Seperti apa sih tanda-tanda kita punya kelit kering? Rasanya wajah seperti kaku dan ketarik. Nggak jarang juga saking keringnya, kulit jadi terasa gatal dan muncul kemerahan. Saat digores dengan kuku, akan keluar garis warna putih. Karena kondisi kulit ini sifatnya permanen, kita nggak bisa benar-benar mengubahnya jadi normal. Namun dengan pakai skincare yang tepat dan melembapkan, kulit bisa terasa lebih nyaman.

Dehidrasi bisa disebabkan oleh lifestyle

Berbeda sama kulit kering yang sifatnya permanen, dehidrasi adalah kondisi yang terjadi sementara saja. Ini disebabkan oleh kurangnya kadar air di kulit. Pemilik kulit berminyak bisa mengalami dehidrasi? Of course. Kondisi kulit dehidrasi bisa terjadi di semua jenis kulit, bahkan yang normal dan berminyak sekali pun. Yang jenis kulitnya kering juga bisa mengalami dehidrasi.

Biasanya dehidrasi terjadi karena faktor eksternal, seperti sering terpapar AC, kurang tidur, banyak mengonsumsi alkohol dan diet yang nggak sehat, serta paparan sinar matahari. Saat kulit dehidrasi, skin barrier akan terganggu dan melemah. Akibatnya banyak masalah kulit lainnya yang juga bisa ikut muncul. Kulit jadi terlihat kusam karena nggak bisa memantulkan cahaya, rentan iritasi, berjerawat, dan muncul dry patches. Seringnya, saat kulit dehidrasi, makeup juga jadi susah nempel. Lebih complicated lagi, ketika kulit dehidrasi, produksi minyak juga bisa jadi lebih banyak dari biasanya. Ini adalah defense mechanism alami dari kulit kita untuk menggantikan kadar air yang kurang.

Lalu bagaimana cara mengatasi kulit yang dehidrasi?

  1. Minum air yang cukup setiap hari, umumnya dua liter. Nggak cuma kulit kita, organ tubuh lainnya juga butuh asupan air yang cukup lho.
  2. Tidur yang cukup. Saat tidur, tubuh kita mengeluarkan hormon vasopressin yang bisa mengontrol keseimbangan kadar air. Kalau kurang tidur (di bawah enam jam), produksi hormon ini jadi nggak maksimal dan menyebabkan tubuh, termasuk kulit, mudah kehilangan cairan.
  3. Konsumsi makanan yang tinggi kadar air, hindari konsumsi gula berlebih. Dengan banyak makan buah dan sayur, kult kita juga dapat ekstra asupan air, mineral, dan vitamin.
  4. Olahraga rutin untuk menjaga kesehatan in general. Namun, saat berolahraga kita biasa mengeluarkan banyak keringat. Jadi jangan lupa untuk tetap banyak minum, ya.
  5. Pakai skincare hydrating yang bisa menarik kadar air ke kulit. Sebelum pakai produk skincare yang sifatnya mengunci kelembapan, penting banget untuk mulai dengan produk yang bisa menarik kadar air ke kulit untuk mengisi kekosongan cairan di skin barrier. Salah satu kandungannya adalah Avalanche Rose Oil, yang selain bisa melembapkan juga tinggi akan antioksidan supaya skin barrier tetap sehat.

hydra rose all

Wardah kini menghadirkan inovasi baru, yaitu Wardah Hydra Rose yang mengandung kombinasi water dan oil untuk mengunci dan menghidrasi kulit selama 72 jam dan mengandung Avalanche Rose Oil dari Eropa. 72 Hours Hydrating Active di dalamnya merupakan ingredients yang serupa dengan NMF (Natural Moisturizing Factor) sehingga bisa menahan kelembapan di kulit selama dan mencegah dehidrasi, serta meningkatkan kandungan NMF dalam kulit. Dalam rangkaian ini ada lima produk yang bisa kamu coba, yaitu Gel to Foam Cleanser, Petal Infused Toner, Micro Gel Serum, Dewy Aqua Day Gel, serta Moisture Rich Night Gel. Buat coba produknya, jangan lupa untuk ikut Pre-Ordernya di Lazada, ya.