banner-detik

skin care

5 Rekomendasi Skincare untuk Mengurangi Bruntusan

seo-img-article

MENGURANGI BRUNTUSAN 2Kulitmu kasar, bertekstur, kering dan bruntusan? Mungkin, kamu nggak cocok dengan salah satu ingredients skincare yang sedang kamu pakai, kulitnya sensitif setelah treatment di klinik, atau kurang eksfoliasi. Yuk, simak sederet skincare untuk membantu mengurangi bruntusan!

Benar bahwa salah satu faktor penyebab kulit bruntusan adalah kurang eksfoliasi, sehingga tekstur kulit jadi nggak halus dan sel-sel kulit mati nggak terbarui. Tapi, sesuai pengalaman saya, kalau saat masih bruntusan kamu langsung melakukan eksfoliasi, kulit bisa jadi sangat kering dan “ketarik”, apalagi kalau kamu eksfooliasinya memakai facial scrub yang harsh. Jadi, lebih baik redakan dulu bruntusannya, kemudian setelah kulit lebih adem dan halus, kamu baru deh melakukan eksfoliasi dengan chemical exfoliator (serum atau toner AHA BHA) 2 kali dalam seminggu.

Inilah beberapa rekomendasi skincare yang bisa membantu mengurangi bruntusan pada kulitmu dan mengembalikan lagi kelembapannya!

1. Bioderma Atoderm Creme

BIODERMA ATODERM CREME - MENGURANGI BRUNTUSAN - 550

Ini produk yang sangat direkomendasikan untuk kamu pemilik kulit normal cenderung kering, kering, sensitif, atau kombinasi cenderung kering. Ketika bruntusan menyerang, kamu bisa gunakan Bioderma Atoderm Creme ini tipis-tipis di wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Sangat lembut, creamy, melembapkan, membantu kulit memproduksi Hyaluronic acid, mempertahankan kesehatan lipid. Bisa dipakai di tubuh dan wajah, untuk dewasa maupun untuk anak-anak yang berusia di atas 9 bulan.

Baca juga: 5 Skincare yang Bisa Mengatasi Sunburn

2. Jeju Saengmuljawon Hue & Mam Plant Extracts Baby Soothing Gel

HUE & MAM PLANT EXTRACTS BABY SOOTHING GEL - MENGURANGI BRUNTUSAN

Produk asal Korea ini sebenarnya untuk bayi, tapi bisa juga dipakai oleh kamu yang kulitnya sensitif! Pemakaian teratur akan membantu mengurangi gatal dan bruntusan. Teksturnya gel yang terasa sejuk saat diaplikasikan di kulit. Sangat melembapkan, tapi nggak lengket. Kandungan utamanya adalah ekstrak Humulus Japonicus dan Golden Mandarin Peel yang kaya antioksidan dan berperan sebagai anti-inflamasi juga. Aromanya seperti aroma produk bayi pada umumnya yang menyenangkan, tapi nggak terlalu strong. Kamu bisa membeli produk ini di ilotte.com.

Baca juga: Manfaat Aloe Vera Kini Hadir di Vaseline Repairing Jelly Aloe

3. Cebelia Baume L.C.E

CEBELIA BAUME L.C.E - MENGURANGI BRUNTUSAN

Produknya kecil mungil dan pricey, tapi works like a charm! Mengurangi bruntusan dan kemerahan di kulit dengan cepat, membantu mengurangi kulit yang gatal juga. Nggak lengket dan nggak greasy, bisa dipakai di wajah maupun tubuh sebelum mengaplikasikan pelembap. Produk asal Prancis ini banyak dijual di klinik-klinik kecantikan terpercaya, karena bagus untuk membantu memperbaiki kulit yang sedang sensitif dan bisa mengurangi bengkak akibat treatment kecantikan, misalnya laser, bahkan operasi plastik.

Baca juga: 5 Moisturizer di Bawah 300 Ribu untuk Mengatasi Kulit Sangat Kering

4. Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque

KIEHL'S CALENDULA & ALOE SOOTHING HYDRATION MASQUE - MENGURANGI BRUNTUSAN

Teksturnya gel ringan yang dingin di kulit, dengan kandungan kelopak bunga Calendula dan Aloe Vera yang memang terkenal ampuh menenangkan kulit. Masker ini bisa mengurangi bruntusan hanya dengan 15 menit pemakaian saja, kulit pun jadi lebih segar dan kelihatan bercahaya sehat. Ini adalah produk wash-off mask favorit saya. Saya juga suka banget dengan produk-produk Kiehl’s Calendula lainnya!

Baca juga: 5 Masker yang Ampuh untuk Membantu Mengurangi Komedo

5. Sensatia Botanicals Aloe & Cucumber Face Mist

SENSATIA BOTANICALS ALOE & CUCUMBER FACIAL MIST - MENGURANGI BRUNTUSAN

Face mist adalah salah satu produk favorit saya kalau kulit lagi kering atau sensitif. Nah, produk ini adalah face mist lokal yang saya suka, karena kandungan lidah buaya dan biji mentimun di dalamnya terasa sangat menyegarkan dan bisa melembapkan kulit secara instan. Bisa mengurangi bruntusan dan menenangkan kulit yang iritasi. Makeup pun jadi lebih glowing dan kelihatan natural setelah pakai ini.

 Baca juga: Gimana Cara Mengatasi Kulit Tubuh Sensitif?

MENGURANGI BRUNTUSAN

Itulah beberapa produk yang saya sarankan buat kamu yang ingin mengurangi bruntusan. Saat kulit bruntusan, hindari layering skincare terlalu banyak, mencuci wajah dengan air hangat, dan menggunakan active ingredients dengan konsentrasi yang terlalu tinggi, untuk menghindari reaksi yang semakin buruk. Redakan dulu dengan produk-produk di atas, dan jangan lupa tetap aplikasikan sunscreen tiap pagi. Sebaiknya, jangan gunakan makaeup terlalu tebal juga. Setelah kulitmu aman, kembali lembap, nggak gatal-gatal atau kemerahan, kamu bisa kembali lagi ke produk-produk skincare favorit yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selamat mencoba!

 

Foto: Freepik.com, Courtesy of brands.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment