5 Trik Merawat Kulit yang Kena Sunburn

Bulan Juli biasanya jadi waktu yang tepat buat menikmati liburan musim panas. Tapi, kebanyakan berjemur di pantai biasanya bikin kulit jadi terbakar karena matahari (sunburn). Gimana cara mengatasinya?

Yaayy! Siapa sih yang nggak senang menyambut summer holiday? Kamu mungkin mengidamkan kulit tanned yang seksi seperti Emily Ratajkowski, Beyonce, Rihanna, atau Jameela Jamil, tapi bukan berarti kamu harus berjemur sepanjang waktu di tepi pantai sebebas-bebasnya atau tanpa perlindungan apapun. Karena bisa bikin sunburn!

SUNBURN 2

Sunburn itu bikin perih dan nggak nyaman, lho! Jadi selain rajin pakai sunscreen dengan kadar SPF tinggi (harus lebih tinggi dibanding sunscreen yang kamu pakai sehari-hari, misalnya SPF 50, dan re-apply setiap 2 jam sekali), kamu juga harus paham trik mengatasinya kalau sunburn menyerang. Ini yang bisa kamu lakukan:

1. Aplikasikan Aloe Vera Gel

Spoonful of aloe vera el cut in cube.

Aloe vera gel yang sudah semakin mudah kamu temukan di mana-mana adalah sesuatu yang menyenangkan, karena kamu jadi nggak perlu membubuhkan langsung gel lidah buaya asli yang baunya sangat, sangat nggak enak. Yuck.

Makanya, saat ke pantai, aloe vera gel harus selalu dibawa. Kamu juga bisa membawa aloe vera spray, aloe vera sheet mask dan skincare lainnya dengan kandungan aloe vera. Aloe vera bersifat anti-inflamasi yang akan meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit, serta menenangkan kulit yang stres. Jadi, membawa aloe vera gel  ke pantai itu wajib, sepaket dengan sunscreen.

Baca juga: 5 Pembersih Wajah dengan Kandungan Aloe Vera

2. Minum Air Putih yang Banyak

Hot Young Woman

Sangat penting untuk menghidrasi kulit dan membantu perbaikan skin barrier secepat mungkin, jadi kamu harus minum air putih yang banyak. Mungkin bantuan dari air putih ini nggak akan langsung “terlihat” karena sifatnya melembapkan dari dalam, tapi percayalah bahwa kondisi kulit yang kering akan membuat sunburn-mu terasa makin perih.

Baca juga: Alternatif Pelembap di Musim Panas

3. Minum Obat Anti-Inflamasi

Kamu bisa mengharapkan bantuan pil yang akan meredakan sunburn dari dalam, yaitu ibuprofen. Ibuprofen dijual dengan banyak merk dagang, misalnya Advil, Nuprin, Motrin, dan Brufen. Ini adalah analgesik (pengurang rasa nyeri) dan antipiretik (penurun panas). Secara umum, ibuprofen biasanya digunakan untuk meredakan demam, sakit otot, nyeri haid, atau rasa sakit sehabis operasi. Minum ibuprofen bisa membantu mengurangi inflamasi yang terjadi pada kulitmu saat terkena sunburn.

4. Jangan Mengelupas Kulit

Sama seperti jerawat, sebaiknya tahan tanganmu untuk nggak mengutak-atik kulit yang kena sunburn, karena bisa memperparah kondisinya. Kalau kamu mengelupas kulit yang belum saatnya terkelupas sendiri, kulitmu akan terasa lebih sakit dan perih, bekasnya pun lebih susah hilang.

5. Asupan Antioksidan

Saat kulit yang merah seperti kepiting rebus atau bahkan menghitam sudah mulai mereda, kamu bisa rawat kulitmu dengan skincare yang kaya antioksidan, misalnya memakai serum atau moisturizer yang mengandung vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit yang rusak akibat radikal bebas atau paparan sinar matahari berlebihan. Memakai serum vitamin C sebelum sunscreen akan memberi proteksi lebih pada kulitmu.

Selain memakai vitamin C secara topikal, kamu juga sebaiknya makan atau minum minuman yang kaya vitamin C misalnya jus jeruk, jus kiwi, jus apel, atau ngemil strawberry.

Baca juga: Yummy! 5 Resep Smoothie yang Bikin Kulit Glowing

Tahukah kamu?

Selain 5 cara di atas, ada beberapa trik juga yang bisa kamu lakukan untuk menghindari sunburn:

1. Jangan pakai body butter saat ke pantai. Sama saja seperti butter di dapur, yang akan meleleh saat terkena panas, body butter juga akan “meleleh” di tubuhmu dan membuat kulitmu lebih mudah terpanggang matahari. Jadi, saat liburan musim panas, pakai pelembap tubuh atau yang ringan saja ya, misalnya bertekstur gel. Jadi, saat pagi-sore kamu bisa aplikasikan suncreen, saat malam hari kamu bisa aplikasikan body gel.

2. Lycopene adalah kandungan yang juga hebat dalam melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Lycopene bisa ditemukan pada makanan yang berwarna oranye atau merah, misalnya semangka, tomat, grapefruit, pink guava, pepaya, dan paprika merah. Makanya buah semangka identik dengan musim panas, bukan cuma karena warnanya yang vibrant, tapi nutrisinya bermanfaat buat mengatasi sunburn! Kamu juga bisa mengonsumsi lycopene dalam bentuk vitamin yang dijual di drugstore.

WATERMELON - SUMMER TIME

Selamat liburan dan selamat mencoba!

 

Image: Freepik.com