banner-detik

skin care

4 Serum Lokal yang Merupakan Dupe The Ordinary

seo-img-article

The ordinary somethinc

Belakangan ini, saya perhatikan, beberapa skincare enthusiast mengeluhkan harga produk-produk The Ordinary di sebuah market place yang mendadak melambung signifikan. Begitu saya cek langsung, ternyata benar dong, salah satu produk The Ordinary favorit saya, Azelaic Acid Suspension 10% harganya meningkat tajam.

Dari yang biasanya masih bisa didapat dengan harga kisaran Rp200.000-an di beberapa online shop langganan saya, sekarang susah banget nyari produk yang sama dengan harga dibawah Rp300.000,-. Bukan cuma The Ordinary Azelaic Acid saja, produk-produk The Ordinary lainnya juga mengalami kenaikan harga di beberapa pelapak market place, lho. Nggak terkecuali produk andalan  The Ordinary yang satu ini: Niacinamide 10% + Zinc 2%. Akhirnya, banyak orang yang berusaha mencari dupe The Ordinary dari produk lokal.

Kalau serum Niacinamide-nya The Ordinary ini udah jadi produk skincare holy grail dalam mencerahkan, melembapkan, serta membantu mengatasi jerawat dan bekasnya, pasti rasanya jadi mikir dua kali buat repurchase saat harganya sudah semakin tinggi. Walaupun sebenarnya kamu masih bisa saja menemukan beberapa online shop yang menjual produk-produk The Ordinary dengan harga miring, tetap saja, pasti kamu mikir dua kali karena ragu dengan orisinalitas produknya. 

Baca juga: Beautypedia: Niacinamide, Kunci Kulit Sehat Bebas Jerawat

Kayaknya, ini saat yang tepat buat nyobain serum Niacinamide dari brand-brand lokal yang bisa dibilang adalah dupe The Ordinary ini. Produk-produk berikut dijamin nggak kalah oke dari Niacinamide-nya TO kok. Harga? Lebih terjangkau. Asli? Pastinya. Ditambah lagi, ini waktu yang paling tepat buat beralih ke produk lokal sebagai bentuk support terhadap local business.

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Somethinc Niacinamide

Saya yakin, pasti udah banyak yang tahu dengan serum Niacinamide dari Somethinc ini. Banyak yang bilang serum ini versi lokalnya The Ordinary. Sama-sama mengandung 10% Niacinamide, bedanya, nggak ada kandungan Zinc yang puny manfaat dalam penyembuhan jerawat. But Niacinamide itself can treat acne. So, bukan cuma nge-treat kulit berjerawat dan bekas jerawatnya, serum ini juga diperkaya dengan ekstrak beet root, si tanaman superfood yang dapat bantu melembapkan kulit. Soal harga, jangan ditanya. Cukup Rp115.000,- untuk kemasan 20 ml. Nggak cukup? Tersedia juga dalam kemasan 40 ml dengan harga Rp199.000,- kok!

Mau tahu lebih lanjut tentang  Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum ini? Baca Review komplitnya disini.

Baca juga: Pilih The Ordinary Niacinamide + Zinc atau Somethinc Niacinamide & Moisture Beet?

Whitelab Brightening Face Serum Niacinamide 10% + Collagen

KULIT CERAH MERATA - WHITELAB 4

Baik dari kandungan 10% Niacinamide-nya, maupun dari bentuk kemasannya, serum ini memang terlihat mirip banget dengan serum Niacinamide dari The Ordinary. Tapi, brand skincare lokal ini kayaknya berani nantangin The Ordinary. Terbukti dari tagline-nya yang berani: “Not Your Ordinary Skincare”. Yang menjadi diferensiasi dari serum Niacinamide produksi lokal ini adalah kandungannya yang diperkaya Collagen dan Hyaluronic Acid. Serum ini dibanderol seharga Rp75.000,- aja buat 20 ml! Dengan harganya yang sangat affordable ini, kamu bisa langsung nyetok persediaan serum Niacinamide buat setahun, deh. Kalau mau baca review lebih detailnya, Poppy pernah bikin tulisan yang bahas rangkaian Whitelab ini secara lengkap.

The Aubree Niacinamide Skin Booster

The Aubree Niacinamide Skin Booster

Satu lagi brand indie yang menarik perhatian skincare enthusiast Indonesia karena harganya yang sangat sangat terjangkau. Produk skincare dari The Aubree ini semuanya terjangkau banget. Termasuk serum  The Aubree Niacinamide Skin Booster mengandung 10% Niacinamide. Diperkaya dengan Vitamin B5 (Panthenol) 1%, membuat fungsinya kurang lebih mirip dengan Niacin (Vitamin B3) sebagai acne-healing dan wound-healing properties sekaligus melembapkan. Harganya bahkan nggak sampai 100K! Tepatnya produk ini bisa kamu beli dengan harga Rp99.000,- untuk 30 ml.

Lihat juga: Niacinamide Boleh Kah Dipakai Bareng Retinol? | Skincare 101

ERTO’S Niacinamide Plus Serum

ERTO’S Niacinamide Plus Serum

ERTO’S baru-baru ini launching dua produk serum terbaru, yakni Retinol Serum dan Niacinamide Plus Serum. Selain Niacinamide yang memang jadi ingredient utamanya, ingredient pelengkap yang jadi highlight dari serum ERTO’S ini adalah, Aloe Vera dan yang cukup unik adalah Tamarind Seed Extract, alias biji asam jawa yang fungsinya bisa membantu meratakan tekstur kulit. Harga dari serum Niacinamide Plus ini adalah Rp120.000,- untuk 20 ml.

Ada beragam serum Niacinamide produksi brand lokal yang bisa dicoba sebagai pengganti serum Niacinamide dari The Ordinary. Kalau diperhatikan dari ingredients-nya, keempat serum Niacinamide lokal ini punya kadar Niacinamide yang nggak pelit, bahkan sama potent-nya dengan The Ordinary, yakni 10%, yang merupakan kadar idealnya bagi Niacinamide untuk bekerja optimal di kulit.

Walaupun serupa, tapi tetap nggak sama. Brand-brand lokal ini nggak sekadar copy-paste produknya The Ordinary. Keempat serum Niacinamide ini punya diferensiasi dan keunikan masing-masing dalam hal formulasi. 

Bingung mau coba yang mana? Intip dulu review masing-masing produk di FD Review buat tahu pendapat mereka yang sudah nyobain produk-produk ini. Mana tahu, bakal kecantol sama salah satu serum ini. Atau malah emat-empatnya?

 

Foto: Dok. Female Daily, Dok. Instagram Erto’s, The Aubree, Somethinc.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment