banner-detik

made in indonesia

Pilih The Ordinary Niacinamide + Zinc atau Somethinc Niacinamide & Moisture Beet?

seo-img-article

The ordinary somethinc

Dua serum Niacinamide super hits dari The Ordinary dan Somethinc. Apa bedanya? Pilih yang mana ya?

Niacinamide this, Niacinamide that. Pasti sudah sering banget dengar kan tentang betapa bagusnya efek Niacinamide buat kulit. Sebenarnya vitamin B3 sudah sering banget muncul dalam produk skincare sejak dulu. Namun berkat The Ordinary yang booming di tahun 2016, kata ‘Niacinamide’ jadi lebih familiar bahkan bagi yang bukan skincare enthusiasts sekali pun. Saat pertama rilis, saya ikutan langsung mencoba berbagai produk The Ordinary, termasuk Niacinamide 10% + Zinc 1%. First impression saya saat itu nggak ada yang spesial, tapi banyak banget orang yang suka.

Baca juga: The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 10% Review

Nah, sampai tahun ini semakin banyak brand skincare, termasuk brand lokal, yang juga menjadikan Niacinamide sebagai star ingredient-nya. Juli tahun lalu, saya cobain serum Niacinamide dari brand lokal, yaitu Somethinc Niacinamide & Beet Moisture Serum. Hasilnya? Saya suka banget! Memang kelihatan ada improvement pada kulit saya, seperti kemerahan yang berkurang, jerawat lebih jarang muncul (re: bukan menyembuhkan jerawat, ya), dan produksi sebum yang lebih terkontrol. Saya sudah pernah tulis review lengkapnya di sini. Sayangnya, karena saat itu kemasannya lumayan mungil, hanya 20 ml, serum ini jadi cepat banget habis.

Flash forward, bulan Oktober tahun lalu saya literally nyasar di Gangnam dan malah menemukan store Deciem Seoul. Di situ saya memutuskan untuk kasih kesempatan kedua buat The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% karena kok sudah berjalan empat tahun setelah rilis pun serum ini masih jadi holy grail banyak orang. So I must be missing out on something good, right? Ditambah lagi harga produk The Ordinary di Seoul jauh lebih murah dari pada di online shop lokal. Saya semakin merasa  got nothing to lose’ dan bawa pulang sebotol serum.

 the ordinary

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Benar saja, percobaan kedua saya sama The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini sukses! Saya merasakan efek positif yang sama kayak saat pakai Somethinc Niacinamide & Moisture Beet Serum. Mungkin yang saya beli empat tahun lalu bad batch kali ya.

Buat yang belum coba keduanya, tentunya punya pertanyaan “terus bedanya apa sih?” “lebih bagus yang mana?”. Okay, ask and you shall receive. Saya akan kasih breakdown dari kedua produk super hits ini. Simak terus, ya!

Ingredients

Perbedaan yang cukup signifikan dari kedua serum ini sebenarnya ada di ingridient list-nya. Dari namanya saja sudah terlihat, meski sama-sama berbasis Niacinamide 10%, kombinasi ingredient selanjutnya berbeda. The Ordinary menggabungkan Niacinamide 10% dengan Zinc PCA 1%, sedangkan Somethinc memilih Beet exctract. Itu baru yang kelihatan dari namanya, now let’s dive deeper into the complete ingredient list.

Ingredients (dari website The Ordinary)

Aqua (Water), Niacinamide, Pentylene Glycol, Zinc PCA, Dimethyl Isosorbide, Tamarindus Indica Seed Gum, Xanthan gum, Isoceteth-20, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.

Ingredients (dari website Somethinc)

Aqua, Allantoin, edta, Niacinamide, hydroxyethylcellulose, glycerin, butylene glycol, fructooligosaccharides, Beta Vulgaris Toot Extract(beet) , Phenoxyethanol.
Dari kedua list ini bisa terlihat kan kalau kandungan yang sama sebenarnya hanya Niacinamide. Skin conditioning agents dan solvents dalam kedua serum ini berbeda dan ini bisa mempengaruhi tekstur dan feel dari serumnya. Selain itu, dilihat dari munculnya ‘supporting acts’ yang berbeda (re: Zinc PCA dan Beet extract), bisa dibilang fokus dari The Ordinary lebih ke arah sebum control dan Somethinc lebih moisturizing. Meskipun memang nggak seekstrim mattifying dan glowing ya.
 Somethinc1

Tekstur Somethinc Niacinamide & Moisture Beet Serum

Tekstur dan Feel

Okay, seperti tadi saya bilang, in theory tekstur dari kedua serum ini nggak akan sama persis. Tapi seberapa berbeda sih? Jujur kalau nggak benar-benar diperhatikan untuk sengaja dicari perbedaannya, memang nggak terlalu signifikan. Keduanya sama-sama cairan bening khas serum. Hanya saja Somethinc memang sedikiiiiiit lebih runny, while The Ordinary is a liiiiiitle bit more viscous. 

Tekstur boleh mirip banget, tapi feel yang diberikan menurut saya justru lebih terasa perbedaannya. Somethinc lebih cepat menyerap ke kulit sampai nggak terasa ada residunya sama sekali. Seperti air. Di sisi lain, The Ordinary yang sedikit lebih viscous butuh waktu lebih untuk benar-benar terasa ‘hilang’ dari permukaan kulit. But still, dua-duanya terasa sama nyamannya di kulit wajah saya.

Until…. I put makeup on top of it. Nggak hanya sekali dua kali, tapi saya perhatikan berkali-kali kalau pakai Somethinc di bawah makeup, complexion saya jadi pilling. Masalah pilling ini sebenarnya memang umum terjadi sama produk-produk Niacinamide. Tapi ini nggak membuat saya jadi nggak suka sama Somethinc karena ada solusinya: nggak usah pakai di bawah makeup. Di sisi lain, pilling nggak pernah terjadi selama saya sudah pakai The Ordinary sampai habis.

Baca juga: Review Somethinc Copy Paste Breathable Cushion

Hasilnya gimana?

Di wajah saya, kedua serum ini work really well. Hasil yang paling kelihatan adalah kemerahan di wajah saya berkurang dan PIH juga memudar. In the long run, setelah pakai secara rutin setiap hari, kulit saya juga jadi lebih nggak rentan muncul jerawat. Di luar itu, nggak ada perbedaan yang signifikan.

Jadi pilih yang mana?

Dua-duanya sama bagusnya, mau pilih yang mana pun menurut saya sama saja kalau berdasarkan pengalaman pribadi. Saran saya, beli The Ordinary kalau kamu lagi liburan ke Korea atau nitip teman/keluarga yang berlibur ke sana saja karena harganya memang semurah itu (KRW 5700 atau sekitar Rp.70.000 untuk size 30ml). Kalau kamu di Indonesia, Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum patut dicoba!

Kamu sudah coba keduanya juga? Hasilnya seperti saya yang suka dua-duanya atau justru punya experience berbeda?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment