Beautypedia: Niacinamide, Kunci Kulit Sehat Bebas Jerawat

0413-allure-woman-lotion_at

Jika kulit Anda cenderung berjerawat tetapi juga tergolong kering, Anda pasti sering dilanda dilema dalam memilih perawatan kulit yang tepat. Pelembap yang terlalu rich malah akan memicu kelenjar minyak untuk berproduksi, tapi jika kulit nggak diberi ‘minum,’ proses penuaan pun akan berjalan lebih cepat. Yuk, kita coba berkenalan dengan ‘niacinamide,’ bahan yang bisa melembabkan kulit tanpa memicu kelenjar minyak berproduksi secara abnormal, tetapi juga dapat meredakan peradangan akibat jerawat.

Juga dikenal sebagai vitamin B3 dan nicotinic acid, niacinamide adalah bahan yang dapat mendorong komunikasi antar sel sehingga memberikan banyak manfaat untuk kulit yang mulai menua. Jika kulit terlindungi dari sinar matahari (baca: dilapisi tabir surya), niacinamide dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menebalkan‘tembok pertahanan kulit.’ Penggunaan niacinamide secara topikal atau dioleskan, dapat meningkatkan produksi ceramide, yaitu lapisan lemak yang melindungi kulit dari bakteri dan mempertahankan kelembabannya. Seperti kolesterol (not the bad one) dan asam lemak, ceramide ‘membangun’ dinding yang mencegah hilangnya ‘air’ dari kulit. Singkat kata, menambah produksi ceramide yang berkurang seiring bertambahnya umur atau akibat penggunaan produk yang ‘keras,’ artinya sama saja menjaga kulit tetap kenyal dan lembab. Bahkan teori yang sama dapat diaplikasikan untuk perawatan rambut, sehingga niacinamide pun kerap ditemui dalam berbagai produk perawatan dan penataan rambut.

Nah, soal urusannya dengan jerawat, niacinamide memiliki reputasi bagus dalam berbagai jurnal penelitian sebagai bahan yang meredakan peradangan yang terjadi pada kulit, mengurangi produksi sebum, sekaligus memudarkan hiperpigmentasi pada kulit. Jadi, tak hanya mengurangi kemerahan pada jerawat, niacinamide juga membantu memulihkan kondisi kulit pasca jerawat seperti memudarkan acne scar, mencerahkan, serta meratakan warna kulit!

Nggak heran, niacinamide menjadi andalan berbagai lini skincare dalam beberapa produk unggulannya, seperti rangkaian Olay Regenerist, Pond’s White Beauty, Dr. Jart Renewalist BB Beauty Balm, dan rangkaian Paula’s Choice RESIST.

Bagaimana, apakah ada yang memang sudah ‘akrab’ dengan niacinamide? Coba di-share, yuk, kisah suksesnya dengan saya :)