banner-detik

beauty school

Tahapan Skincare untuk Remaja dan Produk Rekomendasinya

seo-img-article

 

skincare-routine-remaja-1

Kamu masih remaja, ingin mulai merawat kulit, tapi masih bingung harus mulai dari mana? Well, kamu sudah ada di tempat yang tepat. Simak tahapan dan rekomendasi produk untuk remaja yang baru ingin memulai journey di dunia skincare ini!

Katanya sih, puberty hits like a train. Memang, masa puber atau masa remaja ini jadi saat-saat paling emas buat kamu yang mau merubah penampilan. Nggak cuma soal fashion, kamu juga mulai aware dengan kondisi kulit dan takut jerawatan. Gimana enggak, di masa-masa ini mulai ada sosok yang jadi “crush” kan? Hehe.

Nah, kalau kamu baru saja ingin mulai menggunakan skincare, wajar kok kalau masih bingung soal tahapan dan produk yang harus dipakai. Bahkan, masih banyak orang dewasa yang belum paham tentang basic dan pentingnya skincare. Don’t hesitate, skincare itu mudah, kok. Nah, kali ini saya akan menceritakan soal beberapa tahapan skincare untuk remaja yang bisa jadi panduan kamu.

Double cleansing is a must!

cara-double-cleansing-produk-1

Malas cuci muka artinya kamu membuka peluang buat jerawat mampir di kulitmu. Apa lagi buat kamu remaja aktif yang banyak kegiatan. Debu, kotoran, sebum atau minyak di kulit, sisa skincare dan makeup sekecil loose powder pun, kalau dibiarkan bisa bikin pori-pori tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat dan komedo. Makanya menurut saya, double cleansing ini jadi salah satu tahapan skincare untuk remaja yang harus dipraktikkan sejak dini.

Pentingnya Tetap Double Cleansing Walau #DiRumahAja

Makanya, remaja harus tahu langkah membersihkan kulit yang benar, yaitu dengan cara double cleansing. Langkah pertama ialah membersihkan kulit dengan first cleanser seperti micellar water, atau cleansing oil kalau memang kulit kalian  lebih peka dengan gesekkan kapas yang ditimbulkan saat menggunakan micellar water, dan cleansing balm buat kamu yang punya kulit kering. Nggak perlu khawatir sama harganya yang terlalu mahal, karena sekarang sudah cukup banyak brand lokal yang mengeluarkan cleansing oil ataupun balm dengan harga sangat terjangkau. Kalian bisa cek juga nih rekomendasi cleansing balm di bawah 200 ribu yang kemarin sempat ditulis Andien.

Produk yang bisa kamu coba: Garnier Micellar Cleansing WaterNivea MicellAIR Skin Breathe, Pond’s Vitamin Micellar Water, Fanbo All in One Deep Cleansing Balm.

THE BODY SHOP TEA TREE CLEARING CLEANSER

Langkah kedua adalah menggunakan second cleanser atau face wash yang disesuaikan dengan jenis kulitmu. Jika kamu punya tipe kulit oily dan acne-prone, kamu bisa gunakan face wash dengan kandungan anti-acne atau anti-bakteri seperti salicylic acid dan tea tree. Nah, kalau kamu punya kulit kering, pakailah face wash yang gentle dan mengandung bahan-bahan yang melembapkan seperti hyaluronic acid, aloe vera, atau facial wash yang tidak mengandung/minim busa.

Produk yang bisa kamu coba: untuk kulit oily dan acne-prone, cobain Pond’s Acne Solution AntiAcne Facial FoamHimalaya Purifying Neem Face Wash, atau The Body Shop Tea Tree Clearing Facial Wash.  Buat kulit kering, cobain Hada Labo Gokujyun Face Wash, Cetaphil Gentle Skin Cleanser, atau Clean & Clear Foaming Face Wash.

 

Hydrate!

Pakai Pelembap Bikin-4

Perlu diingat, cuci muka sampai terasa kesat bukan pertanda kalau kulit kamu bersih sempurna. Malah, membiarkan kulit kering dan kesat setelah cuci muka malah bikin kulitmu dehidrasi. Makanya, setelah membersihkan kulit, tahap selanjutnya adalah menghidrasi kulitmu.

Kamu bisa gunakan hydrating toner, tapi tahap ini optional alias boleh kok untuk di-skip. Namun hydrating toner ini bakalan membantu banget untuk melembapkan dan menyegarkan kulit setelah cuci muka.

Produk yang bisa kamu coba: Emina Double The Moist Face Toner, dan The Bath Box Infused Essential Rose Hydrating Toner.

PENTINGNYA MERAWAT KULIT SEJAK REMAJA 3

Namun, tahap yang nggak boleh kamu lewatkan adalah mengaplikasikan pelembap atau moisturizer. Moisturizer penting untuk menjaga kelembapan di kulitmu biar nggak menguap dan hilang. Apa lagi jika kamu berada di ruangan ber-AC seharian atau semalaman, yang berpotensi bikin kulit dehidrasi. Yes, termasuk untuk kamu yang kulitnya berminyak. Kulit berminyak bukan berarti nggak butuh moisturizer, lho. 

Produk yang bisa kamu coba: untuk kulit kering, cobain moisturizer dengan tekstur yang creamy. seperti Nivea Soft Mix Me, atau Sukin Facial Moisturizer. Kalau jenis kulit oily dan acne-prone, cobain moisturizer dengan tekstur gel yang ringan dan nyaman dipakai seperti Simple Water Boost Hydrating Gel Cream, atau Rose All Day Aloe-HA Aloe Vera Gel.

Lalu apa sih bedanya day cream dan night cream? Sebenarnya keduanya sama-sama merupakan moisturizer. Namun biasanya day cream sudah include SPF atau UV protection buat melindungi kulit dari sinar matahari, sedangkan night cream biasanya teksturnya lebih thick dan lembap dibanding day cream. Jadi, kalau kamu ingin punya satu produk moisturizer yang bisa dipakai pagi dan malam, tinggal cari moisturizer yang tidak ber-SPF. Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan sunscreen terpisah di siang hari.

Protect Every. Single. Day.

cara pakai sunscreen 2

Menggunakan sunscreen juga nggak kalah wajib dengan tahapan skincare remaja lainnya. Pastinya kamu nggak mau kan kalau sampai kulitmu kusam bahkan sampai memerah karena terbakar sinar matahari, apa lagi kalau kulit sampai jadi belang. Kalau kamu menggunakan hijab, biasanya akan ada bekas warna kulit yang tidak rata karena sebagian tertutup hijab dan sebagian lagi terpapar sinar matahari. Nah, pakai sunscreen adalah kunci!

rekomendasi sunscreen

Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 PA++ hingga SPF 50 PA+++. Dan yang terpenting: reapply sunscreen mu dalam 2 hingga 3 jam sekali.

Produk yang bisa kamu coba: Emina Sun Protection SPF 30 PA+++, Skin Aqua UV Moisture Milk, dan Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++.

Miscellaneous

Tips Memilih Lip Produk Emina untuk Remaja - EMINA CREAMATTE - EMINA OH SO KISSABLE TINTED LIP BALM-2

Produk skincare lainnya yang nggak kalah penting buat kamu punya adalah lip balm. Lip balm berfungsi agar bibir tetap lembap dan sekaligus menjaga bibir biar nggak pecah-pecah. Kamu bisa pakai tinted lip balm agar bibir lembap sekaligus lebih cerah dan berwarna secara natural. Cocok banget untuk dipakai sekolah biar penampilanmu nggak terlihat pucat.

Buttered-

Produk yang bisa kamu coba: Lip Ice Sheer Color, Emina Oh So Kissable Tinted Balm Stick, Buttered Lip Balm atau Nivea Fruity Shine Lip Balm.

Sesekali, manjakan kulitmu dengan face mask. Kamu bisa coba berbagai jenis face mask yang ada. Misalnya clay mask untuk kulit oily dan acne-prone, sleeping mask atau sheet mask untuk melembapkan dan mencerahkan kulit.

Note this

perawatan-20bibir-20untuk-20remaja-20-20fd-20girls-2e75-640x360-00015

Remaja pakai skincare bukan berarti kecentilan, ya. Merawat kulit bahkan sudah harus dilakukan sejak dini biar nggak terlambat. Jadi, jangan mundur untuk memulai skincare hanya karena ada komentar negatif tentang skincare-mu.

Skincare juga sebenarnya nggak rumit. Bahkan cukup simple. Nggak perlu tahapan yang panjang dan produk-produk mahal. Yang paling penting adalah mengenali tipe kulitmu sendiri, apakah oily atau dry, agar menemukan produk yang cocok. Ingat, nggak semua rekomendasi dari orang lain bakalan cocok di kamu, because every skin is unique.

Selamat mencoba tahapan skincare rutin untuk remaja yang anti-ribet ini!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment