Tips Skincare 2 Menit untuk Bikin Kulit Glowing (With Audio)

memencet-jerawat-female-daily-1

Gimana kalau skincare ritual kita dibuat lebih simple? 

Tips Skincare 2 Menit untuk Bikin Kulit Glowing - audio version

Reginabraham

Ada banyak orang yang mengira kalau skincare harus berisi deretan step-step yang ribet dan butuh waktu yang lama, bahkan bisa sampai 10-11 steps sekaligus. Padahal, ada saatnya skincare step yang lebih simple dan relevan bisa memberikan impact yang lebih besar buat kulit kamu, serta membantu kamu mengirit waktu. Oleh karena itu, beberapa hari ini saya coba menerapkan 1-2 minutes skincare rule untuk saya lakukan di pagi dan malam hari.

Baca juga: Masker Madu untuk Bikin Kulit Glowing Maksimal

Teknik 2-minute-skincare ini dicetuskan oleh Victoria Tsai, founder dari Tatcha sekaligus skincare enthusiast yang mendalami Japanese Beauty Rituals yang biasanya lebih simpel dan praktis.  Setelah saya cobain, ternyata hasilnya sesuai yang saya harapkan! Nah, buat kamu yang penasaran, berikut adalah 2-minutes-skincare rule yang bisa kamu coba di rumah biar kulit glowing jadi milik kamu!

Step One – Purify (20 detik)

cleansing balm under 200k - Arum (2)

Gunakan step pertama skincare routine kamu untuk membersihkan, atau menghapus makeup yang telah kamu pakai seharian. Kamu bisa gunakan cleansing oil, cleansing balm, atau first cleanser jenis apapun yang kamu sukai. Jangan lupa bilas setelahnya. Lakukan step ini selama 20 detik, wajah kamu sudah siap untuk masuk ke step selanjutnya.

Baca juga: 5 Serum Korea Ini Bisa Bikin Kulit Glowing Lho!

Step Two – Polish (20 detik)

cuci muka

Gunakan 20 detik selanjutnya untuk menggunakan second cleanser. Gunakan creamy foam, atau facial cleanser, letakkan di telapak tangan, kemudian aplikasikan di wajah dengan gerakan tangan memutar atau circular motion. Remember to do it gently! Kalau sudah selesai, bilas, kemudian gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan wajahmu.

Baca juga: Skincare Minimarket yang Bisa Bikin Kulit Glowing dan Kenyal!

 Step Three – Plump (7 detik)

skincare di rumah aja - Arum (13) - Copy

Setelah wajah kamu sudah bersih, it’s time to put some essence! Aplikasikan essence atau serum pilihan kamu ke wajah yang kering, kemudian tekan seluruh bagian wajahmu secara perlahan untuk membiarkannya menyerap seutuhnya. Kehangatan dari telapak tanganmu juga akan membantu essence maupun serum menyerap lebih baik.

Step Four – Nourish (20 detik)

pelembap

Baca juga: Rekomendasi Face Oil untuk Kulit Berminyak

Step keempat dan step terakhir, adalah 20 detik untuk mengaplikasikan cream atau oil secara merata. Kalau kamu lagi feeling extra dan lagi ingin pamper yourself lebih lama, kamu bisa tambahkan 30 detik untuk massage wajah dan leher kamu supaya peredaran darah kamu lebih lancar dan kamu jadi merasa lebih relax. And voila! Skincare routine kamu sudah selesai!

Kalau kamu perhatikan dengan lebih saksama, berarti ada 4 rutinitas skincare yang sebetulnya krusial untuk kulit kita – yaitu first cleanser, second cleanser, essence/serum, dan yang terakhir moisturizing cream/oil. Sisanya optional. Total waktu yang diperlukan untuk melakukan semua skincare routine di atas hanya sekitar 67-97 detik. Well, bukan berarti setiap kali kamu melakukan skincare harus pakai timer ya! Tapi itu berarti, hanya butuh sekitar 1-2 menit di pagi dan malam hari untuk membuat kulit glowing.

Baca juga: Toner Bebas Alkohol untuk Si Kulit Sensitif

2-minutes-skincare rule ini ditetapkan oleh Victoria Tsai setelah mempelajari rahasia ritual kecantikan para Geisha di Jepang. Ritual kecantikan yang dilakukan semua serba simple, natural, tapi mampu membuat para geisha terlihat stunning. Itu sebabnya, Victoria mempercayai kalau there’s beauty in simplicity. Nggak harus menerapkan skincare yang ribet kalau mau punya wajah glowing kok!

Gimana menurut kalian? Mau coba 2-minute-skincare rule seperti ini supaya kulit glowing? Atau kalian lebih suka stick dengan 10-steps-skincare? Komen di bawah ya!

 

Foto: Dok. Female Daily.