banner-detik

makeup

Biar Lebih Semangat, Yuk Pakai Makeup Meskipun #DiRumahAja!

seo-img-article

makeup WFH - Arum (3)

Bingung mau pakai makeup apa saat WFH? Ini dia makeup yang biasa saya lakukan saat bekerja di rumah.

Salah satu cara untuk membangun mood bekerja di rumah ketika work from home atau WFH, adalah dengan tetap berpenampilan rapi, seperti kalau kita mau ke kantor. Tentunya nggak harus seekstra kalau kita benar-benar berangkat ke kantor ya. Tapi paling tidak kita harus mandi, memakai baju yang presentable, merapikan rambut, dan memakai sedikit makeup. Karena saya memang suka makeup, jadi ritual memakai makeup setiap hari walau #DiRumahAja, bisa bikin saya lebih happy dan bersemangat. Selain itu, sedikit makeup juga perlu supaya nggak malu-maluin kalau tiba-tiba kita harus video conference.

Baca juga: Ritual Kecantikan Agar Lebih Semangat Bekerja

Nah, ini dia tips makeup dari saya yang selama 5 tahun belakangan ini sudah melakukan WFH!

1. Nggak perlu pakai foundation

Gunakan saat-saat WFH ini untuk membuat kulitmu bernafas lega, tanpa tertutup foundation atau base makeup yang berat. Jadi setelah skincare lengkap, pakai sedikit concealer di undereye area bila perlu, lalu set dengan bedak tabur tipis-tipis. Atau kalau mau, nggak usah pakai bedak juga. Tapi kalau nggak tahan dengan lengketnya skincare yang sudah dipakai, bisa pakai setting powder tipis-tipis.

Nggak pakai base makeup dalam waktu yang lama bener-bener akan memberikan perbaikan ke kulit lho! Saya dulu juga pernah ada kalanya harus ke kantor dan pakai foundation/ BB Cream setiap hari. Setelah tidak ngantor, saya jadi jarang pakai foundation. Dan saya perhatikan, kulit saya memang jauh lebih sehat, nggak kusam, dan bebas dari masalah.

Tenang saja, foundation nggak akan terlalu terlihat kok saat video conference. Nggak mungkin kan kita pakai kamera profesional yang bisa memperlihatkan semua imperfection kulit kita? Yang penting tetap pakai sedikit makeup dekoratif seperti lipstik, agar wajah terlihat segar.

Baca juga: Siap WFH, Jangan lupa Siapkan Hal Ini Sebelum Video Conference!

 tips undereye concealer cracking - Arum (8)

2. Pilih produk-produk yang ringan dan nyaman di kulit

Walau nggak pakai foundation, tapi tetap pakai makeup dekoratif agar wajah lebih fresh dan look kita terlihat profesional. Nah, sebaiknya pilih produk-produk yang rasanya ringan dan nyaman di kulit. Misalnya alih-alih menggunakan matte lip cream, lebih baik pilih moisturizing lipstick atau tinted lip balm, yang lebih nyaman dan lebih menyehatkan bibir. Atau daripada pakai bedak dengan ekstra coverage, lebih baik pilih translucent powder yang ringan di kulit. Lalu pertimbangkan juga untuk memilih produk-produk yang mudah dihapus dan nggak waterproof, karena biasanya lebih bersahabat dengan kulit.

3. Merapikan alis dan lipstik itu wajib!

Dua produk tersebut adalah produk wajib yang harus dipakai, kalau nggak mau wajah terlihat aneh dan pucat seperti orang sakit. Kalau kamu punya tipe mata yang sayu, bisa juga menambahkan sedikit eyeliner atau eyeshadow, agar mata terlihat lebih terbuka dan nggak seperti orang mengantuk.

 lipstick maybelline vs loreal (5)

4. Bebaskan rambut dari catokan

Siapa yang setiap ngantor harus mencatok rambut? Pasti banyak kan? Nah, kalau kerja di rumah, saatnya membebaskan rambut dari panasnya alat catok, agar rambut lebih sehat dan nggak kering. Yang penting, sisir rambut dengan rapi saja agar nggak terlihat berantakan dan mengganggu mood bekerja. Bila waktunya video conference, kita bisa mengikatnya dengan gaya poni tail atau mencepol rapi rambut kita.

Baca juga: 4 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Rambut Rusak Secara Permanen

Nah, itu dia ritual makeup dan hair do sederhana yang biasa saya lakukan sehari-hari saat bekerja di rumah. Tapi kalau kamu lebih bahagia ketika memakai full makeup, juga nggak apa-apa. Lakukan saja apa yang membuatmu nyaman berada di rumah selama social distancing ini! Semoga pekerjaanmu bisa terselesaikan dengan baik dan mood juga selalu terjaga ya!

Foto: Dok. Female Daily/Arum.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment