banner-detik

skin care

Alasan Mengapa Harus Tetap Skincare-an Walau #DiRumahAja

seo-img-article

skincare di rumah aja - Arum (14) - Copy

Saat-saat social distancing ini, justru bagus banget kalau kita gunakan untuk rajin pakai skincare.

Selama social distancing dan nggak kemana-mana, pasti banyak kan yang males skincare-an? Jangankan pakai skincare, mungkin ada juga yang malas mandi pagi, karena toh nggak kemana-mana dan nggak ketemu dengan orang lain. Tapi sebenarnya, justru saat-saat #DiRumahAja ini, sebaiknya kita manfaatkan untuk semakin rajin merawat tubuh dan kulit.

Baca juga: Social Distancing Bikin Mati Gaya? Coba 4 Perawatan Kecantikan Ini di Rumah

Ini dia alasannya:

Kulit Tetap Butuh Nutrisi

Skincare itu berbeda dengan makeup. Makeup memang fungsinya hanya riasan yang menempel di permukaan kulit dan  mempercantik saat itu saja. Kalau dihapus, makeup akan hilang. Tapi kalau skincare, fungsinya adalah untuk perawatan yang sifatnya jangka panjang. Jadi walau mggak keluar rumah sekalipun, kita tetap harus merawat kulit kita. Makeup sih boleh banget di-skip. Tapi kalau skincare, sebaiknya tetap dipakai.

Yang paling menggoda untuk di-skip biasanya adalah sunscreen dan double cleansing. Untuk sunscreen, alasannya ya karena kita di rumah saja dan nggak terkena sinar matahari. Padahal, walau selalu di dalam rumah, tetap saja sinar matahari masuk melalui jendela dan ventilasi. Dan lagi, kita disarankan untuk berjemur setiap hari selama satu jam, agar tubuh lebih sehat dan untuk menghalau virus. Jadi, sunscreen tetaplah sangat penting untuk dipakai.

Lalu di sore hari, tetap lakukan double cleansing, dengan first cleanser dan second cleanser. Jangan skip first cleanser karena kita merasa kulit wajah kita bersih karena nggak kemana-mana dan nggak pakai makeup. Karena siang hari, kita kan tetap pakai skincare lengkap dan sunscreen. Dan semuanya itu nggak cukup kalau dibersihkan hanya dengan sabun muka saja. Tetap butuh oil based cleanser atau first cleanser, agar pembersihan muka lebih tuntas.

kerja di rumah (2) - Copy

Bikin Semangat Kerja/ Belajar

Ingat ya, kita di rumah aja, bukan dalam rangka liburan. Tapi untuk social distancing dan kita tetap harus kerja atau belajar dari rumah (WFH/ SFH). Nggak mandi, muka bare face tanpa skincare, dan penampilan yang berantakan, jelas bukan sesuatu yang tepat untuk memulai hari. Kalau mandi dan pakai skincare saja kita malas, biasanya sih kita bakalan malas-malasan juga seharian, dan nggak bisa kerja/ belajar dengan efektif dari rumah.

Jadi, setidaknya mandi, pakai skincare, dan pakai baju yang rapi, bisa membantu untuk mengondisikan mood kita ke suasana kerja ataupun belajar di rumah. Walau di rumah aja, penampilan yang rapi dengan kulit yang sehat, akan membuat kita lebih produktif.

Baca juga: Ritual Kecantikan Agar Lebih Semangat Bekerja

 

Kulit Dalam Kondisi Optimal Menerima Skincare

Saat ini, kulit kita cenderung lebih bersih karena tidak terlalu terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. Di tambah lagi, pasti makanan yang kita konsumsi juga lebih sehat dan jarang begadang. Dalam kondisi ini, pastinya kulit akan bisa menerima nutrisi dari skincare yang kita pakai, dengan lebih baik.

Kita harus optimis kalau kondisi social distancing ini bisa segera berakhir. Dan saat kita sudah bisa beraktifitas bebas dan bertemu dengan orang lain, kita bisa keluar rumah dalam keadaan glowing maksimal ;).

Baca juga: Inilah 5 Efek Baik Social Distancing Untuk Kulit

skincare cuaca panas - arum (3)

Ritual Skincare Bisa Untuk Relaksasi

Skincare rutin adalah sebuah kegiatan me time harian yang selalu saya nikmati. Rasanya rileks sekali, bisa mencium aroma produk-produk skincare yang saya punya, lalu mengoleskan satu-persatu sesuai dengan kebutuhan kulit saya saat itu. Apalagi kalau saat skincare, ditemani dengan musik dan lilin aromatherapy yang menenangkan.

Ritual ini bisa menjadi “obat” stres di tengan deadline kerja/ tugas sekolah saat WFH, dan di tengah kebosanan karena belum bisa keluar rumah.

 

Jangan malas lagi pakai skincare, walau sedang #DiRumahAja, ya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment