Podcast Meditasi Supaya Kamu nggak Stres di Rumah

meditation-apps-story-1574283265

Podcast meditasi bisa jadi cara supaya kalian lebih bahagia di rumah.

Sekarang sudah mulai memasuki minggu ke-2 atau bahkan ke-3 buat kita WFH dan diam #dirumahaja. Sudah mulai bosan? Ada yang jadi berantem mulu sama orang di rumah? Atau jangan-jangan kamu udah mulai stress dan overwhelmed khususnya dengan banyak berita negatif tentang pandemic Covid-19 ini?

Jujur, kalau saya sendiri sih sudah mulai mati gaya banget. Bisa sampai guling-gulingan di karpet saking bosennya. Sampai akhirnya kemarin video call sama sahabat saya semenjak SD, dan dia cerita soal efek meditasi yang akhir-akhir ini selalu dia lakukan di rumah selama karantina ini berlangsung. Menurutnya, meditasi yang rutin dilakukan itu memang bisa mengurangi rasa cemas, dan bikin kita jadi lebih bahagia. Well.. setelah disadari, ternyata memang berdiam diri di rumah, walaupun hitungannya WFH, bisa menimbulkan kecemasan yang berlebih pada sebagian orang dan nggak baik juga buat kondisi mentalnya.

Baca juga: Barang yang Harus Dibawa Kalau Belum Bisa WFH

Saya saja yang hitungannya nggak gampang cemas, kayaknya sudah mulai terpengaruh sama kondisi ini. Selain memang menjadikan olahraga sebagai salah satu kegiatan yang bisa membuat diri sendiri jadi lebih waras, akhirnya saya mencoba mendegarkan beberapa podcast meditasi yang teman saya rekomendasikan. Well, bukan cuma podcast sih, tapi karena sekarang kita harus melakukan karantina di rumah, akhirnya banyak wellness guru yang juga membuat live Instagram di akun mereka untuk meditasi bareng.

Supaya kalian bisa terhindar dari kecemasan berlebih, saya rasa beberapa podcast meditasi berikut bisa membantu membuat kalian lebih bahagia dan tenang di rumah.

Pishi Yoga

meditasi

Aprishi Allita, atau yang lebih akrab dikenal dengan Pishi ini sebenarnya sudah cukup lama mengajar yoga dan meditasi di Jakarta. Mulai dari private teaching, hingga mengajar di Sana Studio. Pishi sendiri juga sudah mempelajari yoga semenjak tahun 2013 dan merasa kalau yoga memang bisa membawa kebahagiaan dan positivity di kehidupannya. Banyak teman-teman saya yang ikutan kelasnya, bilang kalau cara mengajar Pishi itu sangat mudah untuk dipahami. Yoga yang diajarkan oleh Pishi itu bermacam-macam sih, mulai dari Vinyasa Flow, Acroyogam Hatha, Ashtanga, Yin Yoga, Restorative dan Power Yoga.

Baca juga: 10 Serial Netflix Buat Social Distancing

Nah, selain mengajar yoga, Pishi juga melatih banyak orang untuk meditasi. Baru-baru ini, Pishi membuat podcast bersama Irene Roba, dengan seorang penikmat meditasi sekaligus muridnya. Podcast ini juga menurut saya sangat mudah untuk dipahami dan bisa membantu membuat kita lebih mengenal diri sendiri, sekaligus membuat tenang hati dan pikiran.

Selain ada podcast yang bisa kalian dengarkan di Spotify, Pishi juga akhir-akhir ini lagi sering melakukan live Instagram untuk meditasi bareng. Kalau kemarin sempat dilakukan di Instagram pribadinya @pishiyoga, hari ini (25 Maret 2020) meditasi bersamanya akan dilakukan di Instagram @plataranresorts jam 20.00 WIB. Jangan sampai kelewatan ya!

Adjie Santosoputro

meditasi

Pertama kali saya tahu Adjie itu pas ada sebuah event beauty yang menggabungkan antara kualitas tidur dengan formula produknya. Di event tersebut, Adjie mengajak seluruh peserta untuk belajar bernapas dengan lebih baik. Buat saya, itu adalah salah satu workshop favorit dan benar-benar life changing rasanya.

Salah satu mindfulness guru di Indonesia ini memang sering banget posting di Instagram soal aktualisasi diri, self-healing, acceptance, hingga belajar bagaimana supaya kita bisa lebih bahagia. Adjie sendiri juga punya sebuah komunitas bernama Ruang Napas, yang memang mengajak orang-orang untuk belajar hidup sehat mental, sehat batin, bahagia, sembuh dari luka batin dan trauma. Selain itu, Adjie juga mengajar di sebuah holistic clinic bernama Jeda Wellness.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Murah & Bagus

Nah, untuk membantu teman-teman lebih happy saat karantina ataupun WFH, Adjie melakukan live Instagram semenjak tanggal 23 Maret kemarin untuk mengajak kita semua hening sejenak. Pada tanggal 24 Maret kemarin Adjie sempat memberikan beberapa latihan hening sejenak yang sepertinya akan ada kelanjutannya lagi nih di hari-hari ke depan.

Meditation Oasis

Podcast meditasi ini memang menggunakan Bahasa Inggris. Tapi menurut saya kata-katanya mudah juga kok untuk kita pahami. Bukan kata-kata sulit yang malah bikin meditasi kita jadi nggak fokus. Podcast meditasi yang dibuat oleh Mary Maddux, MS, HTP dan Richard Maddux ini menghadirkan teknik meditasi yang sudah mereka pelajari puluhan tahun lamanya. Mary sendiri bahkan tidak hanya mengajarkan meditasi secara private, tapi juga menjadi counsellor and healing arts practitioner. Selain itu, Richard yang memang sudah terlatih buat membuat musik, menjadikan keahliannya sebagai sebuah keunggulan untuk menciptakan musik-musik meditasi, relaksasi dan juga healing music.

Di website podcast mereka, ada banyak banget tema yang bisa kalian pilih. Mulai dari belajar pernapasan, hingga teknik Autogenic Relaxation yang bisa membantu kita untuk tidur lebih dalam. Musik-musiknya juga bisa kalian dengarkan di Spotify, kalau memang kalian sudah terbiasa melakukan meditasi sendiri di rumah.

 

Untangle

podcast meditasi

Podcast meditasi ini beragam isi dan pengajarnya. Kalian bisa memilih topik mana yang paling menarik untuk kalian dengarkan. Podcast ini menggunakan Bahasa Inggris yang gampang dicerna juga kok. Topiknya juga banyak yang menarik untuk kita eksplor, mulai dari gimana caranya untuk tetap tenang, cara melatih otak supaya meningkatkan produski happy chemicals, dan masih banyak lagi.

Untuk podcast-nya sendiri bisa kalian dengarkan di Soundcloud. Tapi kalau kalian buka website-nya, ada beragam kursus yang bisa kalian ikuti dan beberapa podcast berbayar yang memang sudah dikurasi terlebih dahulu.

 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi podcast meditasi yang saya bisa share ke kalian. Kalau kalian sendiri punya channel favorit lainnya yang bisa yang dengarkan nggak?

 

Let’s stay positive during this time, people!