ic-fd

Yuk, Gabung dengan Atta Halilintar & Rachel Vennya Galang Dana Buat COVID-19!

editors note
author

arindakristie・18 Mar 2020

detail-thumb

galang dana buat covid-19

Buat kalian yang ingin membantu teman-teman dan tenaga medis Indonesia yang sedang menjadi garda depan untuk melawan COVID-19, ini waktunya melakukan tindakan nyata.

Setelah dari kemarin kita diminta untuk melakukan social distancing dan juga mempersiapkan diri untuk kerja dari rumah, saya rasa sekarang sudah mulai waktunya kita untuk membantu satu sama lain dengan cara galang dana buat COVID-19 ini. Saya yakin, masih banyak banget orang baik di dunia ini yang mau membantu satu sama lain. Tapi, karena keterbatasan yang bisa kita lakukan, banyak orang jadi kebingungan mencari cara untuk membantu teman-teman yang kesulitan.

galang dana buat covid-19

Nah, karena membagi-bagikan bahan kebutuhan pokok dan alat-alat medis secara langsung akan menjadi sulit untuk dilakukan, salah satu cara yang paling memungkinkan adalah kita menyumbang uang melalui platform donasi terpercaya. Salah satu platform yang terpercaya adalah Kitabisa.com. Kalau kita buka website-nya, terlihat memang sudah cukup banyak orang yang menginisiasi galang dana buat COVID-19 ini.

Baca juga: Cara Olahraga Selama Social Distancing

Beberapa di antaranya adalah Rachel Vennya, Atta Halilintar, hingga Afgan. Ada juga beberapa ogranisasi yang sudah terverifikasi di Kitabisa.com sebagai pilihan kalau kalian mau ikut galang dana buat COVID-19 ini. Kalian bisa memilih organisasi seperti Aksi Cepat Tanggap, Kawal COVID-19, hingga Dompet Dhuafa yang sudah memiliki marking checklist warna biru pada profilnya. Jadi nggak perlu takut dananya disalahgunakan. Soal berapa banyak yang bisa kita sumbangkan, rasanya hal itu kembali lagi kepada diri dan kemampuan masing-masing. Bantuan sekecil apapun akan menjadi berharga banget di waktu seperti ini.

Bantu Lindungi Tenaga Medis Kita

Dok. detik.com

Dok. detik.com

Salah satu alasan mereka melakukan penggalangan dana ini adalah untuk membantu lindungi tenaga medis Indonesia, yang notabene memang jadi garda depan dalam mengatasi wabah COVID-19 ini. Ada sebuah berita yang cukup membuat saya terenyuh adalah, cerita soal dr. Handoko, seorang dokter paru yang bekerja luar biasa untuk membantu menangani kasus corona ini. Pria berusia 80 tahun ini nggak berhenti menangani pasien corona, bahkan sampai dini hari tanpa lelah. Dari berita yang saya baca, ternyata hari ini dr. Handoko jatuh sakit karena dedikasinya yang tinggi untuk membantu merawat pasien. Padahal, seperti yang kita ketahui, kalau virus ini tuh akan lebih rentan menyerang orang dengan usia lanjut. Saya juga yakin, pasti banyak tenaga medis selain dr. Handoko yang bekerja tanpa lelah untuk membantu pasien corona, dan butuh bantuan kita.

Baca juga: Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Sesuai Aturan BPOM

Tenaga medis Indonesia memang harus lebih siap menghadapi pasien corona yang sejauh ini terus bertambah. Bahkan sampai saat ini, diberitakan sudah ada 172 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Jadi, salah satu cara kita membantu para tenaga medis ini adalah dengan menggalang dana, supaya teman-teman yang memiliki inisiatif dari penggalangan dana ini bisa menyalurkannya dengan baik. Kalau saya baca dari akun Instagram Rachel Vennya, hasil penggalangan ini akan disalurkan pada rumah sakit yang membutuhkan dengan mendistribusikan alat-alat medis untuk mereka.

Yuk, daripada kita terus-terusan melakukan kritik terhadap berbagai pihak, dan juga panic buying, nggak ada salahnya loh kita melakukan tindakan nyata dan membantu orang yang membutuhkan, sehingga kita bisa sama-sama melawan penyebaran COVID-19 ini.

 

Stay safe, people.