banner-detik

fitnfab

Studio Olahraga Tutup? Ini Cara Olahraga di Rumah Selama Social-Distancing

seo-img-article

#FitnFab- Olahraga Barre ala Ballerina untuk Membentuk Tubuh 2

Studio olahraga favoritmu tutup selama dua minggu? Bukan jadi alasan untuk nggak olahraga. Cek Youtube channel ini biar bisa tetap olahraga di rumah selama social-distancing!

Sejak diberlakukannya anjuran untuk melakukan social-distancing demi mencegah penyebaran coronavirus (COVID-19), ada beberapa hal dari rutinitas kita yang harus di-adjust. Mulai dari work from home (WFH) sampai menjauhi tempat ramai in general. Intinya memang harus #DiRumahAja selama dua minggu ini. Selain banyak tempat wisata yang tutup, studio olahraga dan gym pun juga sama.

I love being physically active dan olahraga di studio/gym jadi suatu rutinitas yang selalu saya nantikan setiap harinya. Sebagai orang yang rutin olahraga 4-6 kali dalam seminggu dan untuk dua minggu ke depan nggak bisa dulu karena studio-studio favorit saya tutup sementara, I don’t feel like myself LOL. Meski pun begitu, saat ini menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga juga tetap penting. Semakin penting malah. Plus it also keeps you sane. 

studio olahraga tutup

Hari ini juga saya dapat kabar kalau beberapa studio olahraga di Jakarta, seperti Sana Studio dan Trainstation mengadakan home workout via IG live di pagi hari jam 8, supaya semua orang tetap bisa berolahraga di rumah. Jadi, nggak punya treadmill atau elliptical di rumah? Nggak jadi alasan. Kamu juga bisa intip empat channel Youtube berikut untuk olahraga di rumah!

Baca juga: Ini Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kerja dari Rumah

yoga adriene

Yoga with Adriene

Selama WFH, penting banget buat stretching! Terlebih kalau kamu nggak pakai kursi kerja yang ergonomic di rumah. Salah satu channel favorit saya untuk stretching-based workout adalah Yoga with Adriene. Saya sudah mengikuti ‘kelas yoga’ Adriene sejak enam tahun lalu. Pilihan durasi, jenis, dan level yoga yang diberikan beragam. Yang jadi favorit saya adalah banyak video yang fokus ke masalah tubuh tertentu (misalnya lower back pain), ada juga yang disesuaikan dengan profesi, sampai full body workout pun juga ada. Suara Adriene yang soothing dan penjelasannya yang thorough juga membuat video-video-nya cocok untuk pemula sekali pun. All you have to do is get on the mat.

sbz

POPSUGAR Fitness

Alasan utama saya lebih pilih olahraga di studio adalah untuk mengikuti kelas Strong by Zumba. Nope, it’s not a Zumba class at all! HIIT total-body  workout, dengan durasi satu jam. Gerakannya sendiri mengikuti musik, ‘menu’nya selalu updated, dan nggak ada kelas online-nya. Tapi nggak perlu khawatir. Kalau kamu juga suka banget SBZ kayak saya, bisa cek POPSUGAR Fitness. Di sini kamu bisa merasakan kelas SBZ selama 30 menit tanpa perlu datang ke studio. Memang hanya setengah durasi sebenarnya sih, but it’s better than nothing, right? Selain itu, banyak juga pilihan full-body workout lainnya di sini, seperti tabata, barre, dan masih banyak lagi. Cocok buat yang gampang bosan dan ingin cross-training!

pamreif

Pamela Reif

Mau full-body workout, tapi yang nggak perlu mengikuti irama musik kayak SBZ? Bisa main ke channel Pamela Reif. Pamela punya macam-macam video full-body workout, mulai dari yang beginner sampai level yang lebih advance. Kamu nggak perlu takut bosan karena Pamela biasanya memainkan musik Top 40 di video-nya. Atau kamu juga bisa bisa mengikuti gerakan workout-nya saja sambil dengerin playlist musik

mylee

MYLEE Dance

Buat yang suka dance workout seperti Zumba atau cardio hip-hop, head over to MYLEE Dance! Nggak perlu punya advanced dance skills kok untuk mengikuti koreografi MYLEE. Videonya mirror mode, jadi kamu tinggal ikutin aja gerakannya. Musik yang dipakai juga beragam, mulai dari Top 40, musik latin yang sering ada di kelas Zumba, sampai K-Pop. Karena kamu sendirian di rumah, nggak usah takut ada yang judge. Just move to the music!

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Social Distancing

Honorable mentions! Selain cardio dan HIIT workout, biasanya saya juga ikut kelas dance di beberapa studio olahraga. Bagi saya, dance adalah 2-in-1 workout. Cardio + brain workout juga karena melatih fokus. Kalau kamu juga suka dance, especially K-Pop, kamu bisa coba tutorial dari Lisa Rhee dan Ellen & Brian. Mereka biasanya upload dance tutorial nggak lama dari music video aslinya rilis. Buat yang mau belajar details, Ellen & Brian akan ajarin step by step koreografinya. Tapi biasanya hanya part tertentu saja, misalnya chorus. Nah, kalau kamu sudah biasa dance dan mau belajar koreografi satu lagu full, Lisa Rhee is the way to go.

ellenbrian

Punya workout channel favorit lainnya? Share di bawah ya!

Stay at home and stay healthy, everyone! 🙂

Slow Down

Please wait a moment to post another comment