Trik Makeup Untuk Ilusi Kulit Lebih Cerah

IMG_4365

Bagaimana cara mendapatkan kulit wajah yang terlihat lebih cerah dengan menggunakan makeup?

Kulit terlihat lebih cerah, bisa didapatkan dengan menggunakan makeup lho! Cerah di sini maksudnya bukan kulit yang secara drastis terlihat lebih putih ya. Tapi terlihat sedikit lebih terang dan nggak kusam. Dan tentu caranya bukan dengan menggunakan foundation yang lebih terang dari warna asli kulit kita, karena itu malah akan bikin kulit terlihat abu-abu dan kusam.

Baca juga: Bagaimana Cara Brightening Skincare Mencerahkan Kulit?

Berikut adalah trik yang bisa dilakukan, untuk mendapatkan ilusi kulit lebih cerah dengan menggunakan makeup:

1. Pakai tone-up cream

Tone-up cream adalah produk krim yang fungsinya menaikkan sedikit tone warna kulit secara instant dalam sekali pemakaian. Jadi efek cerah yang dihasilkan akan hilang saat kita membersihkan kulit. Tone-up cream ini menghasilkan efek kulit lebih cerah, tapi tetap natural seperti tidak memakai makeup apapun.

Hasil pemakaian tone-up cream adalah kulit terlihat sedikit lebih cerah, warna kulit lebih merata, dan glowing. Hasil dari tone-up cream tentu sangat berbeda dengan kalau kita pakai foundation dengan warna yang lebih terang dari kulit kita. Tone-up cream ini tidak punya coverage seperti foundation, jadi hasilnya akan natural dan tampak sangat menyatu dengan kulit wajah.

Tone-up cream ini bisa dipakai tanpa foundation, ataupun ditimpa foundation setelahnya. Bila mau ditimpa foundation, pilih foundation dengan coverage yang nggak terlalu full ya. Atau lebih bagus lagi, pilih tinted moisturizer atau CC Cream saja.

Baca juga: Tone Up Cream Wajah dan Badan Dengan Hasil Natural

2. Highlight dengan concealer warna terang

Pakai concealer dengan warna satu tingkat lebih terang dari warna kulit dan foundation kita, untuk meng-highlight area center of the face. Area yang perlu di-highlight ini biasanya adalah bawah mata, tulang hidung, dahi, dan dagu. Lalu setelahnya, jangan lupa di-blend agar menyatu dengan keseluruhan makeup kita, dan nggak terlihat aneh.

Selain memberikan ilusi lebih cerah, cara ini juga memberikan dimensi untuk wajah kita. Jadi wajah kita terlihat lebih hidup, nggak flat banget. Oh iya, untuk tehnik ini, sebaiknya pilih concealer dengan coverage yang full agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga: Sederet Skincare dengan Kandungan Citrus untuk Mencerahkan Kulit

3. Bold Lipstick dengan cool undertone

015535925974fc7193df6e01630cdd23cdbeb660e1

Bold lipstik yang cool tone, juga bisa memberikan ilusi kulit terlihat lebih cerah. Warnanya yang kontras dengan kulit, akan membuat kulit terlihat lebih bersih dan terang. Selain warna kulit, warna gigi juga terlihat lebih putih lho, dengan lipstik warna ini.

Warna favorit saya untuk bold lipstik dengan undertone cool ini adalah warna blue based red. Tapi kalau nggak suka warna merah, masih banyak kok pilihan warna cooltone lainnya. Contohnya warna wine atau warna ungu dengan bias merah yang gelap.

Baca juga: 3 Cara Supaya Lipstik Warna Bold Lebih Rapi

4. Jangan berlebihan menggunakan bronzer

Bronzer bisa membantu memberikan dimensi pada wajah kita, namun juga membuat warna kulit lebih hangat dan sedikit gelap. Kalau ingin ilusi kulit lebih cerah, saran saya sih, coba skip bronzer dulu dalam makeup routine kali ini. atau kalau tetap mau menggunakan bronzer, pilih bronzer yang warnanya tidak terlalu warm, dan gunakan sedikit saja di perimeter luar wajah.

 

Trik makeup ilusi kulit lebih cerah ini bisa kamu tiru kalau kamu sedang merasa kulitmu lebih kusam dari biasanya, misalnya saat kamu sepulang liburan dari pantai. Selamat mencoba ya!