makeup

Cara Simpel Bikin Makeup Lebih Tahan Lama di Kulit Kering

seo-img-article

3 CARA SIMPEL BIKIN MAKEUP TAHAN LAMA DI KULIT KERING

Percaya nggak sih kalau cara agar makeup tahan lama sebenarnya bisa dengan beberapa trik simpel? Setelah melewati trial and error, kali ini saya mau share tentang cara simple agar makeup tahan lama. Simak yuk!

 

Makeup yang tahan lama nggak selalu harus menggunakan produk-produk high-end atau menggunakan teknik pro ala MUA. Untuk kita yang makeup hanya sesekali dan melakukannya sendiri, bisa kok mendapatkan hasil makeup tahan lama dengan cara sederhana. Setelah nyobain beberapa cara, tiga cara ini menurut saya cukup membuat makeup lebih tahan lama.

1. Gunakan sheet mask

SHEET MASK TEA TREE DAN GREEN TEA

Beberapa saat sebelum mulai makeup, saya menyarankan untuk temen-temen nyobain menggunakan sheet mask. Sheet mask umumnya kaya essence dengan efek melembapkan kulit yang intens. Nah, efek lembab tersebut membuat kulit kita jadi lebih plump. Efeknya, saat kita mengaplikasikan makeup, produk-produk makeup yang kita pakai akan menempel lebih sempurna. 

Saya menggunakan cara ini juga sesaat sebelum makeup acara akad dan resepsi setahun silam. Ternyata benar-benar efektif membuat makeup di kulit wajah saya stay in place dari jam 9 pagi hingga 9 malam. Nggak ada geser atau cracking. Rupanya cara ini juga disarankan oleh MUA Alyssa Hawadi lho. So, kamu bisa banget mencoba cara ini karena cukup praktis. Tapi, pastikan kamu nggak lagi terburu-buru ya, karena kamu harus mendiamkan sheet mask sekitar 15 menit sebelum mulai pakai makeup.

Baca juga: 5 Produk untuk Atasi Kulit Kering Saat Musim Dingin

2. Aplikasikan hydrating toner dengan teknik layering

mamonde rose water toner

Ingat dengan teknik skincare ala Korea yang identik dengan layering? Nah, teknik ini bisa diaplikasikan sebelum makeup lho. Bila kamu kehabisan sheet mask atau butuh waktu lebih cepat, maka mengaplikasikan hydrating toner di kulit wajah 3 sampai 5 layer dalam satu waktu bisa jadi penggantinya. Pasalnya kulit akan meningkat kelembabannya dan kulit yang lembab akan membuat makeup menempel sempurna. Cara ini juga saya coba berulang kali dan bisa dibilang selalu berhasil. Untuk hasil yang maksimal, tinggal tutup rangkaian makeup di wajah kita dengan setting spray!

Baca juga: Pertolongan Pertama untuk Kulit Kering

3. Gunakan priming water untuk kulit kering

Studio-Tropik-2

Ada beberapa jenis face primer yang bisa dipakai sebelum ber-makeup. Namun untuk kondisi kulit kering seperti saya, memilih primer yang water-based sepertinya menjadi pilihan paling tepat. Teksturnya yang cair membuat priming water jauh lebih mudah diserap kulit. Instantly kelembaban kulit juga meningkat karenanya. Nah, menggunakan priming water seperti Studio Tropik cukup efektif membuat makeup di wajah tahan lama dan menempel dengan natural. Apalagi kalau setelah rangkaian makeup selesai kita aplikasikan ditutup dengan menyemprotkan setting spray. Makeup tak hanya menempel lebih lama, tetapi hasilnya juga nggak cakey tentunya. 

Baca juga: Rangkaian Bioderma untuk Kulit Kering


Nah, tiga cara simpel di atas bisa kamu buktikan sendiri lho. Apalagi akhir tahun begini biasanya banyak undangan resepsi hingga acara year end party yang bisa sekalian jadi ajang menguji cara-cara di atas apakah membuat makeup lebih tahan lama atau tidak. Terutama di kulit kering yang rawan cracking hingga makeup mudah cakey. Selamat mencoba ya!

 

 Foto: Dok. Female Daily, Dok. Erny Kurnia.

ernykurnia14

ernykurnia14

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment