Pertolongan Pertama untuk Kulit Wajah Kering

erny kurnia-moisturize my skin

Bukan hanya kurang minum yang membuat kondisi kulit berubah jadi kering. Namun, kurang tidur hingga perjalanan ke luar kota dalam waktu berdekatan juga bisa menjadi penyebabnya. Setidaknya hal itu yang menyebabkan kulit wajah saya berubah jadi kering hingga mengelupas! 

 

Awal bulan November ini saya tidak melewatkan Surabaya X Beauty yang digelar di Tunjungan Plaza 3, Surabaya. Surabaya memang kota yang istimewa dengan cuaca panasnya. Alhasil kulit saya bereaksi! Kulit saya yang basicly jenisnya normal to oily berubah menjadi normal to dry! Jujur, kondisi kulit yang kering ini membuat saya merasa tidak nyaman. Bruntusan perlahan muncul, disusul dengan kulit sekitar bibir yang mengelupas dan terasa gatal!

Sebelum semakin parah, saya pun langsung kembali ke rangkaian skincare andalan yang menjadi pertolongan pertama untuk kulit wajah kering. Mungkin beberapa produk rangkaian skincare berikut ini bisa kamu tiru untuk menyelamatkan kulit kering. Atau setidaknya kamu bisa mencari produk dengan ingredients penting yang serupa agar kulit kembali lembap dan terjaga kesehatannya. Nah, ini dia rangkaian skincare yang saya maksud: 

Sheet Mask dengan Kandungan Kolagen, Madu, atau Hydrating Agent Lainnya

MEDIHEAL COLLAGEN IMPACT ESSENTIAL MASK EX - KULIT WAJAH KERING

Saat kondisi kulit wajah benar-benar kering, saya langsung menjadikan sheet mask sebagai salah satu skincare wajib. Namun, ada yang perlu diperhatikan yaitu, pemilihan kandungan sheet mask yang digunakan. Saya menyarankan untuk memilih sheet mask dengan kandungan kolagen, madu, atau hydrating agent lainnya yang fokus untuk menghidrasi kulit. Umumnya sheet mask dengan kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit lebih intens. 

Sheet mask bisa digunakan setiap hari saat kulit benar-benar kering. Essence-nya yang rich akan signifikan melembapkan kulit dan menyempurnakan proses melembapkan kulit. Dari sekian banyak sheet mask yang tersedia di pasaran, andalan saya adalah sheet mask dari Mediheal Collagen karena essence-nya sangat intens untuk melembapkan kulit saya yang kering sampai kasar! 

Hydrating Toner is a Must! 

Hadalabo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid - KULIT WAJAH KERING

Kulit yang kering rasanya jauh membaik setelah menggunakan hydrating toner. Hydrating toner dengan kandungan utama Hyaluronic Acid sangat saya rekomendasikan untuk mengatasi kulit kering. Sejauh ini, hydrating toner paling bagus untuk melembapkan kulit yang pernah saya coba adalah Hadalabo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid. Hydrating toner ini memang memiliki tekstur yang lebih pekat dari kebanyakan hydrating toner di pasaran. Tapi justru karena teksturnya itu saya merasa hydrating toner ini sangat signifikan dalam melembapkan kulit.

Saat kondisi kulit kering, saya menggunakan hydrating toner sesaat setelah double cleansing. Selanjutnya, bisa menggunakan serum atau cream sesuai kebutuhan. 

Hindari Facial Wash yang Mengandung SLS

CLINELLE WHITEN UP CLEANSER - KULIT WAJAH KERING

Tidak semua kulit alergi dengan kandungan SLS pada facial wash. Namun umumnya, kulit yang kering akan semakin parah bila menggunakan facial wash yang mengandung SLS. Oleh karena itu, mengganti facial wash yang non-SLS bisa menjadi langkah kecil untuk mengembalikan kelembapan kulit. Walaupun mungkin kamu akan kurang puas karena mencuci wajah jadi tanpa busa lagi! 

Ngomong-ngomong facial wash yang tidak mengandung SLS dan bisa diandalkan saat kulit kering, saya ada rekomendasi yaitu Clinelle Whiten up Brightening Cleanser. Cleanser yang satu ini sangat gentle di kulit kering saya sehingga cukup efektif membantu menjaga kelembapan kulit sekalipun setelah proses cleansing. Kamu bisa coba juga supaya kulitmu bersih tapi tetap terhidrasi setelahnya.

 

Selain tiga rangkaian skincare tersebut, bisa banget lho menggunakan night or day cream andalanmu untuk memastikan kulit terjaga kelembapannya. Dan, bisa juga menambahkan sleeping mask untuk treatment di malam hari agar fungsi melembapkan pada rangkaian skincare menjadi lebih maksimal hasilnya. Feel free to share this article if you feel it helps!