Cara Merawat Beauty Sponge

Begini cara perawatan beauty sponge,

agar bisa digunakan secara maksimal selama 6 bulan!

Beauty sponge saat ini sudah menjadi must-have makeup tools bagi sebagian besar pengguna makeup. Sudah jarang banget kan yang pakai kuas untuk membaurkan foundation? Bahkan saya sering lihat lho, MUA yang membaurkan foundation di muka klien langsung menggunakan spons.

 cara merawat sponge (3) - Copy

Beauty sponge memang nggak seawet kuas makeup. Foundation brush bisa kita simpan selama mungkin, selama masih bisa digunakan dan belum rusak. Sementara beauty sponge punya masa pakainya hanya selama enam bulan saja, sehingga setelah itu harus diganti dengan yang baru. Tapi kalau memang sudah sangat nyaman menggunakan beauty sponge, beli enam bulan sekali pun kita pasti rela! :D.

Tapi sadar nggak sih, kadang umur beauty sponge kita nggak sampai enam bulan. Ada yang karena sobek, atau penampilannya sudah terlalu kotor, atau bahkan berjamur, jadi akhirnya beauty sponge harus dibuang sebelum lewat enam bulan. Sayang sekali kan? Nah, untuk menghindari kejadian tersebut, saya akan memberikan beberapa tips merawat beauty sponge agar awet.

1. Langsung cuci setelah digunakan

Semakin lama kotoran foundation, concealer, cream blush, dan makeup-makeup lain didiamkan di sponge kita, akan semakin susah pula dihilangkan. Hasilnya, permukaan beauty sponge kita jadi dipenuhi stain dari produk-produk makeup yang kita gunakan. Hiii.. kotor banget! Mau menggunakannya lagi di wajah pun rasanya nggak tega.

Makanya, setiap habis pakai, saya selalu mengusahakan mencucinya sampai bersih dan menjemurnya. Nggak perlu menunggu waktunya akan dipakai lagi, dan nggak usah menumpuk spons yang kotor untuk dicuci berbarengan.

Baca juga: 3 Kesalahan Menggunakan Beauty Sponge

  cara merawat sponge (1)

2. Cuci dengan lembut

Permukaan beauty sponge itu lembut dan bisa berlubang bila terkena sesuatu yang kasar. Jadi jangan sebisa mungkin jangan mencucinya dengan cleansing palette, dan usahakan juga jangan menggunakan kuku tajam saat mencuci. Penggunaan air hangat saat mencuci spons, juga membantu menghilangkan noda-noda makeup dengan lebih cepat, dibandingkan dengan air dingin lho! Jadi kita nggak perlu berlama-lama meremas-remas beauty sponge kita.

Oh iya, Ochell juga pernah menuliskan tentang cara mengilangkan stain pada beauty sponge dengan cara merebusnya. Mungkin bisa dicoba bila kamu punya beauty sponge yang sudah terlanjur punya stain yang membandel.

Baca juga: Mencuci Sponge Makeup Dengan Sabun Batang

3. Jemur sampai benar-benar kering

Setelah di cuci, jemur beauty sponge kita sampai kering sempurna. Jangan pernah menyimpan beauty sponge di tempat tertutup dalam keadaan masih lembap, karena akan mengakibatkan beauty sponge jadi berbau dan berjamur.

Beauty sponge ini menurut saya adalah salah satu makeup tools yang keringnya lama. Kalau cuaca sedang cerah, biasanya cuma butuh waktu satu hari agar beauty sponge kembali kering. Tapi bila cuaca mendung dan hujan, bisa sampai dua hari agar semua kelembapan di dalam sponge habis tak bersisa. Makanya penting banget untuk punya satu lagi beauty sponge cadangan, untuk dipakai bila yang satunya sedang dijemur.

 cara merawat sponge (2) - Copy

4. Simpan di tempat tertutup namun berventilasi

Saya nggak suka menyimpan alat maupun produk makeup apapun dalam ruangan terbuka, karena saya khawatir makeup saya akan berdebu. Jadi saya menyimpan semua makeup saya, termasuk beauty sponge, di dalam laci penyimpanan makeup. Namun pastikan juga lacinya tidak terlalu rapat dan masih ada udara yang keluar masuk, agar beauty sponge kita tidak berjamur.

Baca juga: Tips Menyimpan dan Merawat koleksi Makeup

 

Selamat mencoba ;).