3 Kesalahan Menggunakan Beauty Sponge

Ada tiga kesalahan yang masih sering dilakukan, yang bikin penggunaan beauty sponge hasilnya kurang maksimal. Baca yuk, jangan-jangan kita masih melakukan salah satunya nih!

Siapa sih yang nggak kenal Beauty Blender? Beauty Blender adalah brand kosmetik pertama yang mengeluarkan egg sponge atau beauty sponge berbentuk telur. Sekarang sih beauty sponge bisa kita temukan di banyak brand, dengan berbagai macam kualitas dan range harga.

Baca juga: Spons Makeup Drugstore Belum Bisa Saingi Beauty Blender?

Kalau di saya, beauty sponge ini sudah jadi must have item yang nggak boleh ketinggalan deh. Saya mendingan nggak pakai foundation kalau nggak ada beauty sponge. Dengan memakai beauty sponge, nge-blend liquid foundation jadi lebih cepat, mudah, serta hasilnya lebih rata dan natural. Saya yakin kok, banyak beauty enthusiast yang juga sudah “ketergantungan” sama sponge berbentuk telur ini :D.

Tapi menggunakan beauty sponge ini ada caranya lho, supaya hasilnya bisa maksimal. Dan ternyata, masih banyak yang nggak tahu kalau beberapa cara mereka pakai beauty sponge itu salah. Nah, berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan beauty sponge!

 3 kesalahan pakai beauty sponge (2)

1. Menggunakan Dalam Keadaan Kering

Beauty Sponge memang harus digunakan dalam keadaan lembap. Kenapa? Karena yang pertama, beauty sponge kering itu pori-porinya besar dan akan sangat banyak menyerap produk bertekstur cair yang kita gunakan. Jadinya boros foundation deh! Yang kedua, beauty sponge kering itu susah digunakan untuk membaurkan foundation. Saya pernah mencobanya, dan memang foundation saya susah sekali merata. Hasilnya malah blentang-blentong dan nggak flawless. Lalu yang terakhir, beauty sponge kering punya permukaan yang kasar dan kesat, jadi lebih beresiko menyakiti atau mengiritasi kulit.

Jadi sebelum menggunakan beauty sponge,basahi dengan air dulu sampai mengembang, lalu diperas. Baru setelah itu, dalam keadaan lembap, beauty sponge bisa digunakan untuk membaurkan makeup di wajah kita.

 

2. Pick Up Foundation Dengan Menggunakan Beauty Sponge

Jangan langsung menuang foundation ke atas beauty sponge, dan kemudian membaurkannya ke wajah. Sebaiknya sih, tuang dulu produk yang akan di pakai pada punggung tangan atau mixing palette. Setelahnya, dengan menggunakan kuas atau jari tangan, letakkan produk pada beberapa titik di wajah, lalu baurkan dengan menggunakan beauty sponge.

Kalau langsung dituang ke beauty sponge, selain produk akan banyak terserap, produk nggak akan terdistribusi secara merata ke seluruh bagian wajah. Jadi tebal tipisnya pemakaian foundation, kemungkinan besar tidak sama antara sisi satu dengan yang lain.

Baca juga: DIY Mixing Palette Dengan Keping DVD Bekas

 

 mencuci-cponge-makeup-tips-1

3. Menggunakan Beauty Sponge Berkali-kali Tanpa Dicuci

Beauty sponge ini pada umumnya kita gunakan untuk membaurkan produk-produk dengan tekstur liquidy atau creamy. Pemakaian beauty sponge juga harus dalam keadaan lembap. Dan kita semua tahu, alat yang lembap begitu adalah sarang segala bakteri dan mudah sekali mengikat debu. Kita nggak mau kan, segala kotoran tersebut transfer ke wajah kita saat menggunakan beauty sponge? Bukannya cantik, malah muka kita berisiko terkena jerawat, gatal-gatal, dan penyakit kulit lainnya.

Makanya, selalu cuci beauty sponge-mu setelah digunakan. Sekali pakai, langsung dicuci. Ini berlaku juga sih untuk foundation brush dan alat-alat lain yang digunakan untuk membaurkan produk dengan tekstur yang basah.

Dari tiga kesalahan tersebut, mana nih yang pernah kamu lakukan? Saya yang pertama dan kedua :D.