Tips Sponge Makeup Awet dan Bebas Jamur

Merawat sponge makeup selalu dianggap sulit, entah itu cepat sobek atau jamuran. Berikut beberapa tips menjaga agar makeup sponge lebih awet!

Dare I say a beauty sponge in the shape of an egg is the best innovation in beauty tools? Coba, siapa di sini yang nggak merasakan nyamannya menggunakan beauty sponge untuk mengaplikasikan foundation? Buat saya, selain benda yang satu ini lebih enak dipakai untuk blending foundation, beauty sponge adalah tools makeup yang paling enak dibawa-bawa untuk traveling, karena mudah untuk dicuci dan nggak perlu takut kotor atau menjadi sarang bakteri.

batle-drugstore-egg-sponge

Lihat Juga: Rekomendasi Beauty Sponge Lokal

Namun, di balik kenyamanan dan kemudahannya membawa beauty sponge, ada juga kekurangannya. Yang paling banyak dikomplain dari beauty sponge adalah mudah jamuran, cepat sobek dan staining foundation yang nggak bisa hilang. Nah, untuk kamu yang memiliki permasalahan tersebut, saya punya jawabannya.

Baca Juga: Beauty Sponge Terfavorit di FD Apps

Menghilangkan staining dengan merebus beauty sponge

Might be sounds weird, but it does work! Tahun lalu sempat viral tutorial merebus atau memanaskan beauty sponge kedalam microwave (5 detik). Terkesan aneh, tapi saya penasaran untuk mencobanya. Ternyata teknik aneh ini ampuh banget untuk menghilangkan stain cream blush, foundation dan contour cream dari sponge kalian. Saya sering banget melakukan ini dan hasilnya, semua sponge makeup yang saya miliki selalu terlihat seperti baru. Plusnya, dengan cara ini, mencuci beauty sponge lebih cepat ketimbang hanya menggunakan sabun cair atau batang saja. Karena proses mencuci lebih mudah dan nggak perlu memeras beauty sponge keras-keras, jadinya kamu akan meminimalisir terjadinya sobek pada beauty sponge.

Wrap it with tissue

Sering membawa beauty sponge untuk traveling dalam kondisi basah? Nah, supaya nggak jamuran saat dimasukan ke dalam makeup pouch, baiknya kamu wrap dulu beauty sponge dengan menggunakan tissue minimal tiga lapis. Pastikan ya, beauty sponge yang kamu wrap dengan tissue ini kondisinya bukan basah total seperti baru dicuci, tapi basah yang damp saja. Dengan cara ini akan mengurangi terjadinya proses timbulnya jamur atau bakteri pada sponge.

Itu tadi dua cara saya merawat beauty sponge yang saya miliki, so far sih, dengan cara ini beauty sponge yang saya miliki bisa saya gunakan hingga enam bulan tanpa rusak atau pun sobek. Selamat mencoba!