3 Compact Powder Lokal yang Bikin Flawless | Weekend Review

Kalau kamu tipe yang nggak bisa pakai cushion karena kulitmu oily, it’s okay! Compact powder bisa selalu kamu jadikan produk wajibmu biar tampilan tetap matte, segar, dan flawless seharian. Ini adalah 3 compact powder lokal yang jadi favorit saya.

Cushion foundation is not for everyone. Setuju? Bagi saya yang kulitnya kombinasi, saya masih berani eksplor berbagai look. Kadang saat kulit terasa lebih kering, saya aplikasikan cushion biar hasilnya dewy dan glowing ala cewek-cewek Korea. Saat kulit terasa lebih oily, sedang ada jerawat, atau cuaca sedang sangat terik, biasanya saya pakai compact powder biar kulit tampil lebih matte. Jadi kalau kamu punya kuit berminyak atau sangat berminyak, kamu jelas bisa mengandalkan compact powder. Nggak apa-apa nggak ikut tren glassy skin, yang penting kulitmu terasa nyaman seharian.

Baca juga: Produk Ampuh Buat Bikin Makeup Lebih Glowing

Compact powder memang punya kemampuan menyerap minyak berlebih, hasilnya matte dan flawless, tanpa perlu repot pakai foundation. Biasanya kemasannya sudah disertai cermin dan spons atau brush.  Nggak repot dibawa ke mana-mana dan mudah dipakai untuk touch-up. Hampir semua brand punya produk satu ini. Bingung karena terlalu banyak pilihan? Coba deh 3 compact powder lokal yang saya suka ini! Semuanya punya harga di bawah Rp 200.000, lho!

1. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation, Rp 188.000.

MAKE OVER POWERSTAY MATTE POWDER FOUNDATION

Brand lokal ini memang punya banyak produk berkualitas, salah satunya adalah compact powder ini. Teksturnya sangat halus, coverage-nya unggul dan tahan lama. Bikin kulit matte tapi nggak terlihat flat dan dull, atau terasa kering. Saya biasanya pakai produk ini langsung setelah sunscreen.

Baca juga: 4 Produk yang Bagus untuk Complexion Kulit Kombinasi

Kemasannya hitam, doff, dan simpel, mengingatkan pada kemasan M.A.C Studio Fix Foundation Powder.  Dilengkapi dengan separator sehingga spons dan bedak ada di “ruangan” terpisah, jadi lebih higienis. Saya nggak pernah coba Make Over Perfect Two Way Cake, compact powder yang sudah dipunyai brand ini sebelum seri Power Stay muncul, sehingga saya nggak bisa membandingkan. Tapi keduanya sama-sama banyak yang review bagus.

Repurchase? Yes! Saya sudah dua kali pakai dan selalu pilih no. C21 (Pink Ivory) yang menurut saya sangat pas di skin tone saya. Jadi, ke depannya dengan senang hati saya akan beli lagi warna yang sama.

2. Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation, Rp 110.000.

WARDAH INSTAPERFECT MATTE FIT POWDER FOUNDATION

Saya punya yang warna Beige, tapi ternyata ini agak sedikit lebih gelap dari yang saya kira. Jadi, next time mungkin saya akan coba warna lain.

Formula compact powder ini sangat mirip dengan Make Over Powerstay Matte Powder Foundation. Sama-sama halus, mampu menutupi ketidaksempurnaan pada kulit, hasilnya matte, dan awet. Nggak mengejutkan sih, karena Wardah Instaperfect dan Make Over berada dalam satu grup yang sama, jadi wajar saja kalau punya kemiripan.

Bentuk kemasannya pun sangat mirip, bulat dan ukurannya. Hanya bedanya, warnanya rose gold, lebih feminin, dan sangat glossy, bahkan bagian depannya bisa untuk bercermin. Harganya pun lebih murah. Buat kamu yang girly dan suka kemasan makeup atau skincare berwarna pink, ini bisa jadi pilihan.

3. Rossa Beauty Two Way Cake, Rp 149.500.

ROSSA TWO WAY CAKE

Kamu tahu dong kalau para artis sedang berlomba-lomba bikin makeup? Penyanyi Rossa adalah salah satunya. Nggak cuma punya lipstik, Rossa juga punya Two Way Cake yang ternyata cukup menarik.

Kemasannya berwarna hitam, glossy, sekilas mirip bentuk cushion. Di bagian depan nggak ada tulisannya sama sekali, hanya logo Rossa Beauty yang berbentuk bunga mawar. Ukurannya 14 g, sedikit lebih banyak dibanding kedua produk di atas yang 12 g dan 13 g.

Baca juga: 3 Skincare dengan Kandungan Mawar Paling Favorit

Teksturnya halus, tapi menurut saya cenderung creamy, sehingga harus pakai pelan-pelan di satu area wajah terlebih dahulu, baru dibubuhkan di area selanjutnya. Nggak bisa asal tepuk-tepuk dan buru-buru, biar hasilnya lebih merata.

Saya punya yang warna Beige. Surprisingly, undertone-nya lebih pink dibanding kuning. Warna ini bikin kulit saya lebih segar dan cerah. Sayangnya, pilihan shade-nya kurang banyak, hanya ada Beige dan Natural, jadi nggak banyak opsi untuk kulit Indonesia yang beragam banget.

Setelah pakai selama 4 jam, baru terlihat minyak di T-zone, padahal biasanya 2 jam saja sudah muncul kilap di area itu. Dengan kata lain, compact powder ini punya efek matte yang tahan lama. Bikin complexion jadi flawless, dan nggak luntur meski dipakai wudhu. Bahkan setelah kena air malah punya efek “lebih nempel” dan natural.

 

 

Kalau kamu, pernah nggak coba tiga produk di atas? Mana yang jadi favoritmu? Semoga rekomendasinya berguna buat kamu yang sedang cari compact powder dari brand lokal ya!