Memperkenalkan Skincare ke Cowok, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Memperkenalkan Skincare ke Cowok, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Merawat kesehatan kulit dengan skincare juga penting untuk cowok. Nah, buat yang ingin memperkenalkan skincare ke cowok, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

The year is 2019 and some people still think using skincare is ‘girly’, cue eye roll. Selain dari pihak cowok, nggak bisa dipungkiri kalau cewek-cewek juga suka menanggap cowok yang pakai skincare itu not manly enough. Padahal kulit merupakan bagian anatomi tubuh manusia, baik cowok maupun cewek, yang perlu dirawat. Tujuan merawat kulit bukanlah agar terlihat cantik, namun agar tetap sehat. Saya pernah lihat sebuah tweet yang sempat viral tentang seorang cowok yang meledek cowok lainnya karena dia pakai sunscreen. Imagine thinking you’re ‘stronger’ than the sun… 

Untungnya cowok-cowok yang menyadari pentingnya merawat kesehatan kulit dengan skincare juga nggak kalah banyak. HR Female Daily, Kak Bani, sudah pernah membahas produk-produk skincare favoritnya. Di FD App pun mulai banyak member cowok yang juga suka sharing tentang skincare.

Nah, kalau kamu ingin memperkenalkan skincare ke cowok namun masih bingung harus mulai dari mana, coba tiga tips mudah ini, ya.

Baca juga: Kenapa Cowok Gampang Jerawatan di Dagu?

Mulai dari yang basic

Mau itu kakak cowok, pacar, suami, atau bahkan ayah kamu, ada satu hal yang perlu diingat: mereka belum tentu mau mempelajari skincare beserta ingredients-nya lebih dalam. Jadi mulailah dari yang basic saja, nggak perlu langsung mengenalkan produk dengan active ingredients, seperti chemical exfoliant, retinoid serum, dan teman-temannya. Step skincare routine paling mendasar yang jadi kuncian adalah cleanse-moisturize-protectBerangkat dari sini kamu bisa pilih gentle cleanser, “basic” moisturizer, dan pastinya sunscreen. 

Saran saya sih lebih baik hindari produk yang ‘khusus cowok’ karena biasanya lebih harsh (seringnya mengandung menthol atau berbentuk scrub) dan kandungan fragrance-nya tinggi. In my case, ayah saya ikutan suka pakai Hada Labo Tamagohada Facial Wash yang memang biasa saya pakai juga. Menurutnya face wash ini nyaman dipakai karena no-fragrance dan setelahnya nggak membuat wajah terasa ketarik. Nah, dari ketiga kategori ini, yang sifatnya paling ‘cocok-cocokan’ pastinya sunscreen karena seringnya membuat wajah terlihat berminyak dan rasanya lengket. Tapi nggak perlu khawatir karena kamu bisa contek rekomendasi sunscreen nggak lengket buat cowok dari Kak Arinda.

fd dudes

Jangan langsung memberikan banyak produk

Belakangan ini ada tren memberikan skincare ‘care package’ buat pacar atau suami. Tujuannya memang bagus sih, menunjukan kalau kamu care akan kesehatan kulit pasanganmu, as the name implies. Namun, memberikan seabrek produk skincare sekaligus bisa overwhelming. Lagi pula, kunci mengenalkan produk baru ke kulit kita adalah dengan perlahan dan sesedikit mungkin dalam waktu yang bersamaan. Start simple, start slow. ‘Aturan’ ini sebenarnya berlaku untuk siapapun yang mencoba produk baru. Kalau pasangan kamu mencoba berbagai macam produk skincare sekaligus dalam waktu yang berbarengan, akan sulit untuk menilai produk mana yang bekerja dengan baik dan yang memberikan reaksi negatif.

Dengan memperkenalkan produk sedikit demi sedikit, akan lebih mudah juga membangun komitmen untuk memakai skincare dengan rutin. Taking care of your skin should be a part of your lifestyle, after all.

Baca juga: Cara Melakukan Skincare Patch Test 

‘Skincare Journaling’

Skincare journaling yang saya maksud di sini bukan yang serius banget dan super detail kok. Kalau mau sampai bikin yang lengkap seperti skincare journal-nya Kak Anya memang lebih bagus. But let’s face it, nggak semua orang bisa berkomitmen untuk bikin jurnal mendetil seperti ini. Di sini yang terpenting adalah keeping track of how your skin reacts to the products sesimpel “hari ini kulitku nggak terasa kering setelah cuci muka” dan sebagainya.

Semoga tiga tips ini bisa bermanfaat ya untuk cowok-cowok yang ingin mulai merawat kesehatan kulit dengan pakai skincare!