banner-detik

beauty school

Kenali Kebutuhan Kulit Lebih Baik, ini Cara Bikin Skincare Journal

seo-img-article

 

Berawal dari suka belanja stationary, jadi muncul ide pingin punya jurnal khusus skincare yang bisa saya tulis setiap hari, persis kayak nulis diary. Ternyata manfaatnya banyak sekali!

 

Apa itu skincare journaling?

Dalam skincare journal, kita mencatat segala sesuatu yang terjadi pada kulit. Mulai dari skincare routine yang sedang kita jalani saat ini, permasalahan kulit yang sering terjadi, produk apa saja yang dipakai, sampai pola makan dan siklus hormonal. Namanya juga journaling, jadi kayak nulis diary tapi versi skincare. Seru, kan?

Baca juga: Sudah Benar Belum Ya? Ini 5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu tentang Pakai Parfum!

Teknik bikin skincare journal ini sebenarnya simpel saja kok, yaitu menuangkan kondisi dan perubahan kulit dari hari ke hari, supaya kita bisa mengevaluasi dari catatan tersebut untuk memberikan perawatan yang paling sesuai.

Skincare Journal Female Daily

Manfaat skincare journaling

Saya juga nggak nyangka ternyata menulis jurnal ini membantu saya menemukan jalan keluar dari persoalan kulit yang tadinya saya pikir udah buntu! Contoh: dengan punya jadwal trial routine seperti foto di atas, saya jadi tahu kalau eksfoliasi berlebihan sangat berpengaruh kepada skin barrier.

Manfaat lainnya:

Mengamati reaksi sebuah produk yang sedang dicoba

Tracking masa pakai dan kadaluwarsa produk skincare serta makeup

Bahkan kalau jeli, jadi tahu produk atau bahan apa yang tidak cocok dengan kulit

Produk wishlistbeauty quotes, and many more!

Tapi yang perlu saya highlightskincare journaling bukan sekadar tentang produk, tapi bagaimana proses ini bikin makin dekat dengan diri sendiri. Proses menulisnya yang sering menyadarkan kalau saya sayang banget sama diri saya dan mau yang terbaik dalam merawat diri. Juga bagaimana caranya agar usaha saya nggak sia-sia dan berguna untuk orang lain.

Skincare Journal Female Daily

How to start skincare journaling?

Pssst, kalau di artikel saya tentang ini ada ilustrasi dari skincare journal saya, sekarang saya mau kasih bocoran lain yang bisa kamu jadikan bahan atau template untuk memulai skincare journaling. Di antaranya kamu bisa coba bikin jadwal trial routine, skincare remedy, ingredient notes, dan first impression. 

 

Skincare Journal Female Daily

Selain itu, bisa banget juga kamu kembangin jurnalnya sendiri, dan nggak harus sempurna kok. Tapi yang penting kamu merasa nyaman dan nggak terbebani dalam menjalankannya. Karena proses mengenal kulit memang nggak instan. So, take your time!

Baca juga: Lagi Trending, Benarkah Glowing Kit The Originote Ampuh Bikin Kulit Cerah? Ini Kata FD Members!

 

Prefer pakai aplikasi? #lesswaste

Go ahead! Boleh banget kalau kamu lebih nyaman mengetik di smartphone, makin keren kalau bisa sync dengan kalender dan aplikasi lain. Beberapa waktu lalu saya pernah lihat skincare app yang bisa membantu mengontrol produk apa saja yang sedang dipakai, sampai pengingat jadwal mingguan eksfoliasi, lho. Canggih, ya?

Ada yang tertarik coba skincare journaling?

 

Images: Dok. Pribadi

Slow Down

Please wait a moment to post another comment