Hal yang Harus Diketahui Tentang Manfaat Vitamin C | FD Little Notes

Untuk membantu menjaga kulit tetap terawat dan sehat, aplikasi skincare dengan ingredients yang sesuai dengan kebutuhan kulit pastinya jadi hal yang wajib dilakukan. Salah satu ingredients powerful yang banyak digunakan dalam skincare adalah Vitamin C. Nah, di artikel FD Little Notes kali ini, saya bakal merangkum beragam hal soal vitamin C yang perlu kalian ketahui.

vitamin-c-glow-boosting-moisturiser_l

 

Manfaat Vitamin C

Kalau bahas ingredients yang satu ini, masih suka banyak banget pertanyaan yang keluar dari banyak orang. Mulai dari aman atau tidak buat kulit berjerawat, sampai do’s and don’ts layering produk menggunakan Vitamin C. Memang sih, ingredients yang terkenal dengan nama ascorbic acid (L-Ascorbic Acid) ini punya cukup banyak manfaat dan juga bisa dibilang memiliki banyak banget riset ilmiahnya. Nah, supaya menyegarkan kembali ingatan kita tentang super power ingredients ini, sekarang kita bisa mengawalinya dengan apa saja manfaat Vitamin C buat kulit kita.

Bantu Mencerahkan Wajah & Samarkan Bintik Hitam

Ini adalah salah satu hal yang paling populer saat kita bicara soal manfaat vitamin C untuk kulit. Hal ini disebabkan karena, salah satu kemampuan utama dari Vitamin C adalah untuk membantu meningkatkan fungsi kulit untuk menyembuhkan diri sendiri. Jadi, saat ada produksi melanin berlebih pada kulit, Vitamin C bisa bantu menyamarkan area gelap pada kulit kita dengan baik. Selain itu, Vitamin C juga bekerja sebagai antiinflamasi untuk kulit kita, sehingga bisa membantu mengatasi permasalahan jerawat, sehingga meminimalisir bekas jerawat yang menghitam pada kulit.

Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang kalian sudah tahu, Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi. Nah, antioksidan memiliki fungsi yang sangat penting di saat tubuh dan kulit membutuhkan penetralisir radikal bebas yang ada di sekeliling kita. Vitamin C akan melepaskan elektron yang bisa bantu menetralisir radikal bebas, sehingga oxidative stress yang bisa menyebabkan sun damage pada kulit kita menjadi dengan lebih mudah diminimalisir.

Manfaat Anti-Aging

Karena punya kemampuan buat meningkatkan kemampuan kulit menyembuhkan diri, serta mengandung antioksidan tinggi, maka secara otomatis Vitamin C ini adalah ingredients yang tepat juga buat bantu mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Dengan bisa bantu merangsang perbaikan sel kulit, tanda penuaan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV akan lebih mudah diatasi. Selain itu, Vitamin C juga bisa membantu merangsang produksi kolagen, sehingga regenerasi sel kulit yang baru bisa terjadi dengan lebih baik dan membantu bikin kulit kita terus terasa kenyal, lembap dan lebih bercahaya.

Skincare-Vitamin-C

Beragam Jenis Vitamin C

Setelah kalian membaca kemampuan dasar dari Vitamin C, ternyata ada banyak juga jenis-jenisnya yang bisa kamu cari tahu di video tentang manfaat Vitamin C di dalam skincare. Karena di video tersebut, Affi mentioned beberapa jenis Vitamin C di luar ascorbic acid supaya kalian aware dan bisa cek apakah produk yang kalian pakai terdapat Vitamin C nya atau tidak. Oh ya, kalau ascorbic acid seringkali disebut sebagai jenis Vitamin C yang paling potent tapi kurang stabil, maka Dr. Kevin Maharis bercerita kalau dia menciptakan serum Vitamin C yang dibuat dari jenis yang lebih stabil, yaitu ethyl ascorbic acid. Pilihannya juga ada 2, Maharis Vitamin C Serum dan Votre Peau Vitamin C Serum, yang perbedaan keduanya bisa kalian baca lebih detail di sini. Ada juga jenis lainnya yang nggak kalah stabil, namanya Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP) yang merupakan turunan Vitamin C dan sifatnya water soluble. MAP ini bisa bekerja dengan lebih aktif dalam konsentrasi yang rendah.

Nah, walaupun vitamin C punya bergam bentuk, tapi ada satu kesamaan yang dimiliki, yaitu akan menjadi berkurang kestabilannya dan teroksidasi saat kena kontak dengan udara. Maka dari itu, ada baiknya benar-benar memerhatikan cara penyimpanan produk dengan vitamin C dengan lebih baik. Selain itu, packaging yang tidak tembus cahaya, serta menggunakan aplikator yang tidak gampang membuat vitamin C terekspos udara (spray, pump, etc) juga tentunya bisa membantu mempertahankan kestabilan vitamin C yang kalian gunakan.

Pemakaian Vitamin C

Masih banyak orang yang sering nanya ke saya soal pemakaian vitamin C. Kalau kulit kamu berjerawat, coba deh cek pembahasan vitamin c dan jerawat, serta hal yang menyebabkan jerawat muncul saat pakai vitamin C. Atau, ada juga ketakutan kulit bakal kering kalau pakai vitamin C? Nah, Ochell sempat bahas soal cara mengatasi kekeringan kalau pakai vitamin C beberapa waktu lalu. Lalu, buat kamu yang punya kulit sensitif, ada bebrapa trik juga dari Netta soal memilih serum vitamin C yang bagus buat kulit sensitif. Nah, kamu juga bisa baca lebih banyak soal hal yang perlu diketahui sebelum coba skincare dengan vitamin C di sini.

serum-vitamin-c-bagus-murah

Produk Rekomendasi

Nah, skincare dengan kandungan vitamin C itu sebenarnya nggak cuma berbentuk serum. Ada beberapa jenis skincare lainnya yang bisa diformulasikan dengan menggunakan vitamin C, seperti yang sempat dibahas oleh Affi dan beberapa rekomendasi serum yang bisa kalian cek. Kalau kamu lagi cari-cari produk dengan kandungan vitamin C, coba cek rekomendasi produk yang diberikan oleh member FD di sini. Ada juga yang sempat dibahas lebih dalam oleh tim editorial, seperti misalnya Biossance Squalane + Vitamin C Rose Oil, Votre Peau, The Body ShopCOSRX yang dipercaya cukup ampuh buat bantu menghilangkan bekas-bekas jerawat, Probio C-Spray, Vitamin C Glossier Super Serum. Masih merasa produk-produk tersebut di luar budget kamu? Coba deh cek produk drugstore berikut, yang bisa bantu pudarkan bekas jerawat tanpa bikin kantong jebol! Oh ya, Amal juga sempat kasih tahu 3 rekomendasi serum vitamin C yang memang cocok sama tipe kulitnya.

Kalau kalian punya rekomendasi skincare dengan kandungan Vitamin C lainnya yang bisa kita coba, langsung mention aja di kolom komen, ya. Siapa tahu bisa bantu teman-teman yang lain buat mendapatkan solusi dari permasalahan kulitnya yang serupa sama kamu!