Serum Vitamin C Bikin Kulit Kering? Ini Cara Mengatasinya

Pernah ngalamin kulit kering ketika menggunakan serum vitamin C? Yuk, cari tahu cara menggunakan serum vitamin C tanpa bikin kulit kering.

Vitamin C sudah terbukti sebagai kandungan yang mampu membantu mencerahkan kulit wajah dari hyper pigmentasi, flek hitam atau pun bekas jerawat. Selain itu vitamin C juga memiliki anti-oksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas pada kulit.Vitamin C juga dikenal sebagai produk anti-aging untuk mengatasi permasalahan garis halus pada wajah, karena dapat merangsang produksi kolagen pada kulit.

Serum Vitamin C

Di balik keunggulan vitamin C, kandungan ini juga terkenal bikin kulit kering. Kenapa bikin kulit kering? Karena vitamin C khusus dalam bentuk serum diformulasikan acidic/asam, di mana pH balance-nya ada di bawah pH 4.5. Sedangkan kulit yang normal itu memiliki pH balance di angka 4.5-5.5. Sehingga penggunaan skincare pada pH yang terlalu acidic bisa menyebabkan reaksi seperti kulit menjadi kering atau iritasi.

Lalu, apakah penggunaan serum vitamin C harus dihindari? Tentunya nggak perlu dihindari, karena banyak cara menggunakan serum vitamin C yang aman untuk kulit dan nggak bikin kulit kering, diantaranya:

Kenalkan Kulit dengan Vitamin C

Kalau baru pertama kali kamu menggunakan vitamin C pada wajah, lalukan test patch terlebih dahulu. Kalau dari test patch aman, langkah selanjutnya yang bisa kamu lalukan adalah menggunakan vitamin C maksimal dua kali dalam seminggu. Penggunaan vitamin C bisa dilakukan pagi-malam, teritama pagi hari karena vitamin C kaya akan anti-oksidan, yang bisa melindungi kulit dari efek buruk matahari. Kalau kamu menggunakan vitamin C di pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setelahnya.

Hydrate and Moisturise

Karena pH level pada vitamin C itu rendah dan sifatnya asam, maka sebaiknya sebelum menggunakan serum vitamin C, gunakan toner dan essence yang gunanya menghidrasi kulit. Cari kandungan toner dan essence yang kaya akan HA di dalamnya agar kadar air kulit tetap terjaga . Fungsinya untuk meminimalisir iritasi ketika pH kulit berubah karenavitamin C. Setelah menggunakan serum vitamin C, jangan lupa menggunakan pelembab kembali. Kalau dari menggunakan hydrating toner, essence dan pelembab lalu kulit masih terasa kering, coba next time tambahkan face oil di tahap terakhir. Atau pilih serum vitamin C untuk kulit sensitif dengan sumber MAP dan SAP.