ic-fd

Merawat Kulit Sekaligus Berkontribusi Terhadap Pelestarian Hutan, BASE x Female Daily Hadirkan Illipe & Apricot Brightening Body Scrub

bath n body
author

annedean・2 days ago

detail-thumb

Konsisten peduli akan isu sustainability, BASE gandeng Female Daily untuk body scrub terbaru dengan kandungan illipe butter.

Saat ini, beauty enthusiasts sudah semakin kritis dalam memilih produk kecantikan. Nggak hanya baik untuk merawat diri, ada value lebih juga yang dicari, misalnya aspek sustainability yang nyata dijalankan. Berangkat dari sini, BASE berkolaborasi dengan Female Daily memperkenalkan produk terbaru mereka, Illipe & Apricot Brightening Body Scrub. Dalam proses pembuatannya, BASE juga bekerja sama dengan Forestwise, perusahaan yang bergerak di bidang pelestarian hutan.

Ratih Permata Sari, Co-Founder dan Chief Product Officer dari BASE mengungkapkan “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan tren di Indonesia, namun juga memperhatikan pemilihan bahan baku yang sustainably sourced seperti illipe butter. Makanya, kami senang sekali bisa bekerjasama dengan Female Daily dan Forestwise yang sama-sama berkeinginan untuk berkontribusi dalam melestarikan lingkungan.”

Baca juga: Goodbye, Strawberry Legs! Ini Tips Atasi Bintik Hitam dan Kulit Kasar Pada Kaki

Bawa campaign ‘Beauty in Balance: Rethinking Beauty, Restoring Nature’

BASE menggandeng Female Daily sebagai partner untuk menghadirkan Illipe & Apricot Brightening Body Scrub dengan kampanye bertajuk ‘Beauty in Balance’. Kampanye ini sekaligus bertujuan untuk menekankan kembali pentingnya memilih produk yang baik untuk kesehatan kulit, sekaligus turut berkontribusi dalam merestorasi alam.

Hal ini sangat in-line juga dengan campaign #FDSustainabeauty yang sudah konsisten Female Daily jalankan sejak tahun 2022. Sebagai bentuk tanggung jawab pada pelestarian alam dari beauty waste yang kita hasilkan, Female Daily sebagai platform kecantikan terbesar di Indonesia menyediakan fasilitas pengumpulan beauty waste di setiap titik FD X Beauty. Pengunjung FD X Beauty bisa membawa empties untuk dipilah dan dibawa ke partner waste management di setiap kota. Selain #FDSustainabeauty booth, FD juga punya beberapa upcoming sustainability projects.

Baca juga: Pakai Pembalut Kain? Lakukan 5 Hal ini Agar Tetap Higienis

Mengapa Illipe Butter?

Pembicaraan antara BASE dengan Forestwise yang berpusat di Kalimantan tentang penggunaan illipe butter telah berlangsung sejak Oktober 2022 dan bukan tanpa alasan. Illipe butter diperoleh dari pohon Shorea Stenoptera, atau pohon Tengkawang yang dianggap sakral oleh masyarakat Dayak dan terancam punah akibat deforestasi. Penggunaan illipe butter adalah salah satu jalan untuk melindungi pohon Shorea Stenoptera dan mencegah deforestasi lebih jauh.

Dirk-Jan Oudshoorn, Co-Founder dan CEO dari Forestwise turut menjabarkan proses kerja yang telah dijalani oleh timnya dalam proses sourcing bahan illipe butter secara ethical dan tidak merusak ekosistem di sekitarnya. “Untuk mengumpulkan buah Tengkawang, petani hanya mengambil yang jatuh ke tanah dan tidak lebih dari 80%, sehingga memastikan pohon Tengkawang tetap tumbuh subur dan tetap ada regenerasi. Kemudian buah Tengkawang yang dikumpulkan akan dicuci di sungai hutan, dijemur, sebelum kemudian diproses secara cold-pressed untuk memperoleh ekstrak yang murni. Tidak ada bahan chemical yang digunakan selama proses pengolahan illipe butter ini.” jelas Dirk-Jan.

Dalam proses pengolahan illipe butter, Forestwise menggandeng lebih dari 700 masyarakat adat Dayak yang tersebar di 27 desa, serta turut mensejahterakan lebih dari 740 keluarga lokal di Kalimantan. “Kami juga telah mencatat adanya peningkatan pemasukan tahunan sebesar 18% bagi para pekerja Tengkawang yang secara khusus membantu ekstraksi illipe butter.” ungkapnya.

Illipe & Apricot Brightening Body Scrub

Body scrub vegan dan organik ini diformulasikan dengan 6x brightening agent yang bisa membantu menjaga kulit agar tetap cerah dan halus. Experience saat menggunakannya pun menyenangkan karena scrub yang digunakan dibuat dari apricot seed powder yang biodegradable. Selain nggak perih di kulit, scrub ini juga dapat lebih mudah terurai secara alami.

Berkat illipe butter yang menjadi hero ingredient, ditambah dengan almond seed oil, setelah pemakaian rutin, scrub ini dapat membantu melembapkan kulit kering, melembutkan, serta menjaga kekenyalan. Lebih dari kandungannya yang ramah lingkungan, kemasan tube dari Illipe & Apricot Brightening Body Scrub terbuat dari bahan tebu yang dapat didaur ulang.

Tentunya body scrub ini juga cruelty-free, dan bebas dari alkohol, SLS, phtalates, paraben, dan pewarna buatan. BASE juga mengungkapkan bahwa Illipe & Apricot Brightening Body Scrub sudah ECOCERT Certified.

Kamu bisa turut berkontribusi!

Dengan membeli Illipe & Apricot Brightening Body Scrub, kamu bisa turut berkontribusi dalam pelestarian hutan Kalimantan. Penggunaan illipe dapat membantu mengurangi deforestasi, mendukung 740+ keluarga di Kalimantan, dan meningkatkan pendapatan tahunan pekerja Tengkawang hingga 18%.

Baca juga: Tencel, Bahan Sheet Mask yang Lebih Ramah Lingkungan

Ingin mencobanya? BASE X Female Daily Illipe & Apricot Brightening Body Scrub sudah bisa kamu dapatkan di Female Daily Studio dengan harga Rp135.000 untuk ukuran 100 gram.

Let’s take care of our skin and mother earth together!

Images: dok. Female Daily, BASE