banner-detik

made in indonesia

Illipe Butter, Bahan Asal Kalimantan yang Melembapkan dan Menutrisi Kulit!

seo-img-article
Disebut-sebut sebagai “shea butter”-nya Indonesia, illipe butter adalah bahan kosmetik yang punya banyak manfaat bagi kulit!

Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang illipe butter karena menggunakan produk beauty yang mengandung bahan satu ini? Illipe butter, yang juga dikenal mentega tengkawang, adalah lemak alami yang berasal dari kacang pohon tengkawang yang berasal dari wilayah Kalimantan.

Jadi, buah tengkawang yang dikeringkan, kemudian ditumbuk dan diperas untuk bisa menghasilkan mentega tengkawang. Illipe butter bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari makanan dan pengobatan herbal, pembuatan lilin, sabun, margarin, kosmetik, hingga minyak pelumas.

Yuk, kenalan lebih dekat dengan bahan asli Indonesia ini!

Bentuk dan tekstur

Illipe butter berbentuk padat pada suhu kamar dan berwarna putih pucat hingga kekuningan. Teksturnya keras, mirip dengan cocoa butter, tetapi meleleh saat kontak dengan kulit, mirip dengan shea butter yang berasal dari kacang shea asal Afrika. Titik lebur mentega ini lebih tinggi daripada cocoa butter, sehingga cocok digunakan di iklim yang lebih hangat.

Baca juga: Ini 5 Makeup Lokal Baru yang Bisa Bikin Riasan Lebih Tahan Lama di Cuaca Panas!

Kandungan nutrisi

Illipe butter kaya akan asam oleat, palmitat, dan stearat. Mentega satu ini juga mengandung vitamin dan antioksidan esensial, yang baik untuk menutrisi kulit maupun tubuh.

Manfaatnya bagi kulit dan kecantikan

Skincare: Illipe butter sangat melembapkan dan melembutkan kulit, sehingga ideal untuk digunakan dalam lotion, krim, dan balm. Mentega ini akan membantu mengembalikan elastisitas kulit dan memberikan hidrasi jangka panjang.

Perawatan rambut: Bisa digunakan dalam conditioner dan perawatan rambut lainnya untuk menutrisi dan memperbaiki rambut kering dan rusak.

Makeup: Karena titik leburnya yang tinggi, illipe butter sering digunakan dalam formulasi lip balm, lipstik, dan produk makeup lainnya untuk meningkatkan tekstur dan stabilitas.

Healing properties: Memiliki kemampuan untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit, produk yang mengandung mentega tengkawang ini bisa membantu mengatasi kondisi kulit seperti eczema (eksim), psoriasis, dan dermatitis.

Baca juga:Atasi Tanda Penuaan, 6 Moisturizer Lokal Ini Bisa Bikin Kulit Lebih Plumpy!

Wow, ternyata banyak sekali ya manfaat dari illipe butter? Nggak heran kalau sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan ingredient tersebut sebagai salah satu kandungan andalan mereka. Pelopornya adalah Sariayu Lite Lip Cream dan Sariayu Eyeshadow dari seri Sariayu Color Trend 2019 yang rilis beberapa tahun silam.

Belakangan ini, From This Island juga meluncurkan Illipe Plumping Lip Butter yang langsung sold out dalam sekejap. Avoskin juga merilis lip balm bernama Your Skin Bae Hybrid Elixir Super Slick Tinted Melting Balm SPF 20, yang hadir dalam 2 warna, Ruby dan Rana. Keduanya hadir dalam dua nuansa merah yang cantik, memadukan khasiat illipe butter asal Kalimantan dan moringa oil asal Madura. Menarik banget, ya? Kamu bisa membelinya mulai tanggal 25 Agustus 2024!

Brand asal Amerika yang terinspirasi dari jamu dan tumbuhan Indonesia, Juara Skincare, juga menggunakan khasiat illipe butter dalam produk-produk mereka, seperti Coconut Illipe Hand & Nail Balm dan Candlenut Body Creme. Kedua produk tersebut sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit tubuh kering, karena sangat rich dan mampu melembutkan kulit.

Serunya lagi, mentega tengkawang adalah kandungan kosmetik yang sustainable. Pemanenan kacang illipe adalah praktik yang berkelanjutan yang mendukung konservasi hutan hujan Kalimantan. Pohon-pohon tidak dirusak selama proses pemanenan, dan praktik ini turut memberikan pendapatan bagi komunitas lokal. Banyak pemasok mentega ini yang mematuhi praktik perdagangan yang adil, yang memastikan bahwa komunitas lokal yang terlibat dalam pemanenan dan pemrosesan mendapatkan kompensasi yang adil.

Female Daily jadi nggak sabar untuk memantau lebih banyak lagi pemanfaatan illipe butter di di industri kecantikan lokal! Sifat uniknya membuat bahan satu ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk beragam produk yang melembapkan, sekaligus juga mendukung komunitas di wilayah Kalimantan. Sudahkah kamu memiliki produk dengan kandungan satu ini?

 

Image: Dok. Sariayu, From This Island, Avoskin, Insight Professional.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment