banner-detik

beauty school

Goodbye, Strawberry Legs! Ini Tips Atasi Bintik Hitam dan Kulit Kasar Pada Kaki

seo-img-article

Bintik hitam atau strawberry legs pada kaki suka bikin nggak percaya diri. Yuk, ikuti tips yang akan membantu kulit kaki jadi lebih mulus!

Memiliki kaki mulus adalah idaman semua perempuan. Namun kenyataannya, mendapatkan kaki mulus itu banyak rintangannya, tapi tenang saja karena ini adalah hal yang sangat wajar! Salah satu kondisi kulit kaki yang sering dijumpai adalah strawberry legs. Kalau kalian belum familiar dengan strawberry legs, sebutan ini mengacu pada bintik-bintik hitam atau kemerahan pada kaki yang menyerupai biji stroberi.

Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti faktor kondisi kulit sampai kesalahan mencukur bulu kaki. Dilansir dari Byrdie, menurut dermatolog Blair Murphy-Rose, kondisi ini identik dengan terbentuknya komedo atau blackhead di wajah kita. Pori-pori yang terbuka dapat tersumbat karena adanya keratin, minyak, atau bakteri yang menggumpal, teroksidasi, dan akhirnya menggelap saat terkena udara. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar menghindari hal ini terjadi. Tips berikut ini bisa kalian coba untuk bantu atasi strawberry legs!

Baca juga: 3 Cara Efektif Menghilangkan Double Chin!

Eksfoliasi kulit secara rutin

Hal yang wajib kamu lakukan untuk mencegah adanya bintik hitam-hitam ini adalah rajin eksfoliasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, strawberry legs ini muncul akibat pori-pori yang tersumbat. Oleh karena itu salah satu kuncinya adalah ekfoliasi! Eksfoliasi ini bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu dengan physical exfoliation dan chemical exfoliation. Tapi ada juga teknik dry-brushing yang bisa kamu lakukan!

Physical exfoliation

Kamu bisa mengeksfoliasi kulit kaki kamu dengan scrub kaki atau tubuh yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan memakai scrub ini, sel kulit mati yang ada pada lapisan kulit teratas bisa akan terangkat. Namun tak hanya itu, dengan physical exfoliation ini kamu juga akan meminimalisir potensi adanya ingrown hair, alias rambut yang terhalang pertumbuhannya karena kulit sudah menutup.

Chemical exfoliation

Tak hanya dengan physical exfoliation, namun melalui chemical exfoliation kamu juga akan mencegah adanya strawberry legs. Tidak hanya bekerja baik untuk mengeksfoliasi kulit wajah, namun produk-produk yang mengandung kandungan eksfoliator seperti Glycolic Acid atau Salyclic Acid juga akan berkontribusi dalam mengurangi potensi strawberry legs. Seperti saat dipakai pada muka, chemical exfoliation ini tinggal kamu lakukan setelah mencuci bersih kaki kamu. Kamu bisa usapkan ke area-area yang rentan bermasalah, dan setelahnya jangan lupa diberi pelembab yang menghidrasi. Skincare jangan fokus ke muka saja, namun area-area tubuh juga butuh perawatan yang sama!

Dry-brushing

Untuk membantu proses ekfoliasi, satu cara tambahan yang bisa kamu lakukan adalah teknik dry brushing. Satu atau dua hari sebelum kamu akan mencukur, kamu bisa ‘sikat’ kaki kamu menggunakan sikat kering yang lembut dengan gerakan berputar sebelum kamu mandi. Setelah itu kamu tinggal rendam kaki dengan air hangat selama 5-10 menit. Ini akan membantu mengeluarkan kotoran dan melonggarkan sel kulit mati yang terperangkap dalam pori-pori.

Mencukur secara tepat

Siapa yang disini rajin cukur bulu kaki? Nah, kalau kamu termasuk rajin mencukur, kamu harus pastikan bahwa teknik kamu mencukur itu dilakukan secara benar. Karena ternyata, salah satu faktor terbesar munculnya strawberry legs adalah karena teknik mencukur yang salah! Pertama, kamu harus memakai alat cukur yang tajam. Kalau kamu pakai alat cukur yang sudah tidak tajam, bulu-bulu kaki kamu tidak akan terangkat secara sempurna. So, pastikan ya bahwa alat cukur yang dipakai masih tajam dan rajin-rajin ganti alat cukur. Selain itu, penggunaan shaving cream atau krim cukur juga penting. Menggunakan shaving cream ini akan melindungi kulit dari kasarnya alat cukur. Pastikan juga bahwa kamu mencukur searah dengan arah tumbuhnya rambut dan jangan mencukur satu area secara berlebihan!

Gunakan pelembap

Setelah sudah dicukur ataupun eksfoliasi, menggunakan pelembap pada kaki adalah hal yang tak kalah penting. Kulit yang rajin dieksfoliasi pastinya bebas dari kotoran, namun pasti lebih rentan mengalami iritasi dan malah membuat tampilan strawberry legs semakin jelas. Oleh karena itu, moisturize to the rescue! Menggunakan pelembap dengan rutin akan mencegah kulit menjadi terlalu kering, mencegah iritasi, dan pada akhirnya bisa mencegah terbentuknya strawberry legs.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terbentuknya strawberry legs, agar kulit bebas bintik hitam dan makin mulus. Tentu proses-proses ini harus dilakukan secara rutin ya, agar hasil lebih maksimal. Plus, kalau kamu tidak suka dengan mencukur, kamu bisa coba beralih dengan waxing. Waxing akan mencabut bulu atau rambut kaki sampai ke akarnya, dan bisa jadi alternatif lain untuk mencegah strawberry legs. 

 

Image : Freepik.com, Cosmpolitan, Laura Findlay/Getty Image

Slow Down

Please wait a moment to post another comment