banner-detik

beautypedia

Terkenal Ampuh untuk Pengobatan, Tumbuhan Kumis Kucing juga Bagus untuk Kulit!

seo-img-article

Nggak hanya bagus untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi, tumbuhan kumis kucing ternyata juga punya manfaat untuk kulit, lho!

Orthosiphon aristatus atau yang dikenal juga dengan tumbuhan kumis kucing ini sudah sangat populer di dunia pengobatan herbal atau tradisional. Itu karena tumbuhan ini punya manfaat untuk menurunkan kadar gula darah, mencegah tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Tanaman ini juga hanya tumbuh di daerah tropis dan memiliki suhu hangat, salah satunya Indonesia. Menariknya, kumis kucing juga nggak hanya bisa untuk kesehatan tubuh, tapi juga bisa untuk kulit. Penasaran, apa saja manfaatnya untuk kulit?

Baca juga: Cengkih, Tanaman Asal Maluku Utara yang Bagus untuk Merawat Kulit!

Manfaatnya untuk kulit

Siapa di sini yang baru tahu kalau kumis kucing punya manfaat untuk kulit? Yes, tumbuhan yang punya nama latin Orthosiphon aristatus ini biasanya diambil ekstraknya untuk diolah sebagai skincare untuk kulit. Menurut penelitian International Journal of Cosmetic Science, ingredient kumis kucing ini cocok untuk orang Asia dengan tipe kulit berminyak. Itu karena tumbuhan ini bisa bantu mengurangi produksi sebum di kulit.

Selain itu, kumis kucing bisa mengurangi tampilan pori-pori, meratakan dan mencerahkan warna kulit, serta punya sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Plus, kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya juga bagus untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Menarik banget, kan?

Baca juga: Batimung, Ritual Pernikahan Adat Banjar yang Bikin Pengantin Tampil Cantik!

Produk lokal yang mengandung kumis kucing

manfaat kumis kucing

Sebenarnya, belum banyak produk lokal yang mengandung Orthosiphon aristatus. Namun, ada salah satu brand lokal yang punya produk skincare dengan kumis kucing sebagai ingredient-nya. Produk tersebut adalah Djamujamu Balancing Day Cream. Di dalamnya terdapat tumbuhan kumis kucing dan centella asiatica, sehingga bisa mengontrol produksi sebum, menutrisi kulit, serta melembapkan kulit tanpa terasa greasy.

Baca juga: Beautypedia: Buah Merah, Rahasia Awet Muda Perempuan Papua

Yes, itu dia manfaat ingredient kumis kucing untuk kulit. Jadi, nggak hanya bisa dijadikan obat untuk kesehatan tubuh, tumbuhan kumis kucing pun dapat menjadi ingredient skincare. Kalau kamu sendiri, tertarik untuk mencobanya, nggak? Comment, ya!

 

Image: iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment